Proposal akuntansi keuangan

Bookeeping , Tax submitting in this digital era?

2024.04.17 09:15 WetBlanket93 Bookeeping , Tax submitting in this digital era?

Halo semuanya,
Saya ingin membuka diskusi tentang jasa laporan keuangan dan perpajakan. Di era digital ini, dengan semakin banyaknya aplikasi dan software akuntansi yang mudah digunakan, apakah masih banyak individu dan bisnis yang membutuhkan jasa ini?
Bagi yang pernah menggunakan jasa laporan keuangan dan perpajakan, bolehkah dibagikan pengalamannya? Apa yang membuat Anda memilih menggunakan jasa tersebut? Apakah Anda merasa terbantu dan puas dengan hasilnya?
Bagi yang belum pernah menggunakan jasa ini, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya di masa depan? Alasannya apa?
Pertanyaan saya:

Catatan: Saya bukan bermaksud mempromosikan jasa ini, tapi ingin mencari tahu apakah masih banyak yang membutuhkannya dan di mana kalian berusahan mencarinya?
submitted by WetBlanket93 to finansial [link] [comments]


2024.04.06 02:27 flag9801 Jadi Dosen apakah emang begini

Jadi Dosen apakah emang begini
Sumber
Tugas
"Bu Mutia, dipanggil ke ruangan Pak Dekan." "Ada apa ya Mbak Admin?" "Ada yang mau diobrolin katanya." "Jam berapa mbak?" "Jam 1, habis makan siang."
"Ada apa Pak Dekan?" "Bu Mutia kan udah 5 tahun jadi dosen di sini kan ya?" "Iya Pak." "Udah Lektor juga kan ya? Tapi ijazah masih S2 ya?" "Iya Pak." "Biar karir Bu Mutia lancar, kami minta untuk Tugas Belajar S3." "Wah, kalau nggak gimana Pak? Saya lagi banyak pengeluaran." "Nanti karir Bu Mutia stuck di situ." "Oh gitu, oke Pak."
"Mbak Admin, kalau saya mau daftar S3 di univ sini aja, syaratnya apa aja?" "Kok gak ke luar negeri aja Bu?" "Anak saya baru masuk kuliah, di jurusan sebelah, adiknya mau masuk SMA." "Wah udah gede." "Iya, saya dulu nikah muda dan punya anak cepet." "Oh gitu, saya cek dulu ya syarat-syaratnya Bu, nanti saya hubungi."
"Bu Mutia, syaratnya ini Bu: Ijazah sama Transkrip S1 dan S2, Hasil tes TPA, Hasil tes TOEFL, sama Proposal Penelitian." "Tes TPA sama TOEFL saya udah kadaluarsa, harus tes lagi?" "Iya Bu. Oh ya, nanti juga ada tes lagi dari jurusan." "Bentar, saya ngajar di jurusan Farmasi ini, punya beberapa paper di jurnal internasional di bidang ini juga, masih harus dites kemampuannya?" "Iya Bu, memang aturannya begitu." "..."
"Mbak Admin, ini saya udah dapat tes TPA dan TOEFL saya, ada reimburse-nya?" "Gak ada Bu." "Hah? Kok gitu, bukannya ini saya melaksanakan tugas secara profesional? Kok jadi uang saya pribadi yang keluar?" "Memang aturannya begitu Bu." "Uang pendaftaran ke universitas juga nggak ada reimburse-nya?" "Gak ada Bu." "..."
"Pak Dekan, saya kan udah urus pendaftaran S3 ke sini, untuk biaya UKT per semesternya gimana?" "Sekitar 15 juta per semester Bu." "Wah, saya gak kuat harus bayar segitu." "Bu Mutia cari beasiswa aja, ada LPDP atau BPI." "Bentar, ini saya kan melaksanakan tugas secara profesional kan Pak? Atas perintah Fakultas?" "Iya Bu." "Tapi saya disuruh cari pendanaan sendiri? Antara bayar sendiri atau beasiswa cari sendiri?" "Iya Bu. Memang begitu. Saya dulu juga begitu." "..."
"Prof. Harjo, bisa jadi promotor S3 saya?" "Bisa Bu Mutia, tapi saya lagi minim funding beberapa semester ke depan. Hampir semua guru besar di fakultas kita lagi susah Bu." "Oh gitu Prof, kalau tanpa funding, gimana?" "Bu Mutia harus biayain penelitian sendiri." "Maksudnya?" "Beli mencit, reagen, bahan kimia, sama alat-alatnya secara mandiri Bu." "Bentar, jadi selain harus bayar UKT, saya juga harus bayar penelitiannya?" "Iya Bu." "Kan ini saya bertugas secara profesional kan Prof? Ada surat dari Fakultas loh saya disuruh Tugas Belajar, kok pakai uang pribadi?" "Saya dulu juga gitu Bu. Memang begitu." "..."
"Bu Mutia, ini ada surat dari lembaga beasiswa yang di-apply kemarin." "Oh iya Mbak Admin, sudah ada pengumumannya?" "Iya Bu, ini ada suratnya dari LPDP sama BPI. Dibuka aja Bu." "..." "Kenapa Bu, kok sedih?" "Dua-duanya nggak keterima Mbak, padahal saya juga PNS Dosen." "Waduh, jadi gimana Bu?" "Terpaksa bayar UKT pakai uang pribadi." "..."
"Mbak Keuangan Fakultas, ini kok gaji saya tinggal gaji pokok PNS doang? Ini gaji pokoknya mana di bawah UMK pula." "Bentar saya cek ya Bu Mutia." "Tolong ya mbak, itu semua tunjangan sama serdos jadi ilang semua, saya lagi perlu biayain anak-anak saya." "Bu Mutia mulai tugas belajar semester ini?" "Iya Mbak." "Oh pantes, memang gitu aturannya Bu, selama tugas belajar yang diberikan hanya gaji pokok PNS." "Hah, kok gitu? Saya kan mengerjakan tugas ini atas perintah Fakultas?" "Memang aturannya begitu Bu." "..."
"Halo Pak TU Kampus jurusan sebelah? Ini kok anak saya dapat UKT maksimum?" "Iya Bu, kan Ibu PNS." "Gak bisa daftar KIPK gitu?" "PNS gak bisa Bu. Pejabat dikbud bilang gitu kemarin." "Tapi gaji saya tinggal gaji pokok doang karena Tugas Belajar. Jadi di bawah UMK." "Wah, saya gak bisa bantu Bu. Memang aturannya begitu." "..."
"Prof. Harjo, Alhamdulillah ini paper penelitian kita accepted di jurnal Q1." "Alhamdulillah. Ya udah, urus administrasinya ya." "Saya harus bayar APC Prof." "Berapa?" "USD 3000 Prof. Open Access berbayar. Kalau gak gitu, nunggu review aja bisa 1.5 tahun." "Waduh, hibah penelitian kita cuma sanggup bayar 10% dari itu." "Sisanya gimana?" "Kamu bayar sendiri." "Hah?" "Memang begitu. Saya dulu juga gitu" "..."
"Prof. Harjo, biar saya lulus, saya butuh berapa paper jurnal Q1?" "Perlu empat Bu Mutia. Baru satu yang kemarin kan ya?" "Iya Prof." "Berarti yang tiga lagi sama kaya kemarin lagi? Biaya penelitian dan APC jurnal dari saya semua?" "Iya, terpaksa begitu, kita lagi krisis funding." "..."
"Selamat ya Bu Mutia, sudah berhasil defense." "Terima kasih atas bimbingannya selama ini Prof. Harjo." "Saya minta maaf gak bisa bantu banyak ya Bu Mutia." "..."
"Pak Dekan, saya mau resign." "Hah, kan baru lulus S3 Bu?" "Saya dapat offer di LN Pak, saya kelilit utang ratusan juta karena biayain penelitian, APC jurnal, kuliah anak pertama saya, sama sekolah adiknya." "Gak bisa Bu, kalau tugas belajar ada perjanjian harus mengabdi 2n+1." "Maksudnya?" "Kan Bu Mutia kemarin Tugas Belajar 4 tahun, berarti harus tetap di sini selama 9 tahun ke depan." "Hah?"
submitted by flag9801 to indonesia [link] [comments]


2024.04.05 07:46 Sarah_laili 📊💼 Software Akuntansi VS Konsultan Keuangan: Mana yang Lebih Penting? Temukan Jawabannya di Sini! 🤔💡

Dalam mengelola keuangan bisnis, seringkali kita dihadapkan pada pilihan antara menggunakan software akuntansi atau jasa konsultan keuangan. Namun, mana yang sebenarnya lebih penting? Berikut beberapa pertimbangan yang dapat membantu Anda memutuskan:
  1. Software Akuntansi: Software akuntansi memberikan kemudahan dalam mengelola catatan keuangan secara otomatis dan akurat. Dengan fitur-fitur seperti pencatatan transaksi, pembuatan laporan keuangan, dan pelacakan pengeluaran, software ini sangat membantu dalam menjaga kesehatan keuangan bisnis Anda secara mandiri.
  2. Konsultan Keuangan: Di sisi lain, konsultan keuangan membawa keahlian dan pengalaman langsung ke meja Anda. Mereka dapat memberikan saran dan strategi yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, serta membantu dalam perencanaan keuangan jangka panjang dan pengambilan keputusan investasi.
Jadi, mana yang lebih penting? Sebenarnya, keduanya memiliki peran yang sangat penting dalam mengelola keuangan bisnis Anda. Software akuntansi membantu Anda menjaga catatan keuangan yang akurat dan terorganisir, sementara konsultan keuangan memberikan pandangan dan strategi yang lebih mendalam berdasarkan pengetahuan dan pengalaman mereka.
Jadi, daripada memilih salah satu, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan keduanya secara bersamaan. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan keuntungan dari kedua sumber daya ini untuk mengoptimalkan kesehatan keuangan bisnis Anda secara keseluruhan.
Ingin mempelajari lebih lanjut tentang perbandingan antara software akuntansi dan jasa konsultan keuangan? Klik di sini untuk membaca artikel lengkapnya! 🚀📊 Link artikel https://mitraplikasibisnis.id/software-akuntansi-vs-konsultan-keuangan-mana-yang-lebih-penting-2/
submitted by Sarah_laili to u/Sarah_laili [link] [comments]


2024.04.02 10:43 Sarah_laili 💼💻 Trik Manajemen Keuangan Bisnis Secara Digital: Optimalisasi Pengelolaan Dana Anda! 📊💡

Dalam era digital ini, manajemen keuangan bisnis menjadi lebih efisien dan terorganisir dengan memanfaatkan teknologi. Berikut adalah beberapa trik yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis secara digital dengan lebih baik:
  1. Gunakan Software Akuntansi: Investasikan dalam software akuntansi yang tepat untuk bisnis Anda. Software tersebut dapat membantu Anda untuk melacak pendapatan, pengeluaran, dan arus kas secara real-time, serta menghasilkan laporan keuangan yang akurat dan terperinci.
  2. Pemanfaatan Aplikasi Keuangan: Manfaatkan aplikasi keuangan yang tersedia untuk memantau transaksi, membuat anggaran, dan mengatur pembayaran secara otomatis. Aplikasi tersebut juga dapat memberikan notifikasi tentang tagihan yang harus dibayar dan membantu Anda mengelola keuangan bisnis Anda dengan lebih efektif.
  3. Automatisasi Proses Keuangan: Automatisasi proses keuangan seperti pembayaran tagihan, pengiriman faktur, dan pembukuan dapat menghemat waktu dan tenaga Anda. Hal ini juga dapat mengurangi risiko kesalahan manusia dan meningkatkan efisiensi operasional bisnis Anda.
  4. Analisis Data Keuangan: Manfaatkan data keuangan Anda untuk menganalisis kinerja bisnis Anda secara lebih mendalam. Dengan memahami tren dan pola-pola dalam data keuangan Anda, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik untuk mengoptimalkan kinerja bisnis Anda.
Dengan menerapkan trik-trik manajemen keuangan bisnis secara digital ini, Anda dapat mengoptimalkan pengelolaan dana bisnis Anda dan mencapai kesuksesan yang lebih besar!
Ingin mengetahui lebih lanjut tentang manajemen keuangan bisnis secara digital?Klik di sini untuk Informasi Lebih Lanjut
submitted by Sarah_laili to u/Sarah_laili [link] [comments]


2024.04.01 07:04 Sarah_laili 🚫🔒 Hindari Potensi Fraud di Bisnis Anda dengan Tips Ini! 💼🔍

Keamanan keuangan bisnis Anda adalah prioritas utama. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda mencegah potensi fraud di bisnis Anda:
  1. Periksa secara teratur laporan keuangan dan catatan transaksi untuk mendeteksi pola atau aktivitas yang mencurigakan.
  2. Tetapkan kontrol internal yang ketat, termasuk pemisahan tugas dan otorisasi transaksi.
  3. Sosialisasikan kebijakan anti-fraud kepada seluruh karyawan dan lakukan pelatihan secara berkala.
  4. Gunakan sistem dan software akuntansi yang terpercaya untuk memantau dan merekam setiap transaksi dengan akurat.
Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat melindungi bisnis Anda dari potensi fraud dan menjaga keuangan Anda tetap aman dan terlindungi!
Ingin tahu lebih lanjut? Klik di sini untuk Informasi Lebih Lanjut
submitted by Sarah_laili to u/Sarah_laili [link] [comments]


2024.03.21 06:35 Sarah_laili 📊💼 Menentukan antara Software Akuntansi atau Konsultan Keuangan? Temukan Jawabannya di Sini! 🚀💡

Dalam dunia bisnis yang bergerak cepat, penting untuk memilih alat yang tepat untuk mengelola keuangan Anda. Tetapi antara menggunakan software akuntansi atau mengandalkan konsultan keuangan, mana yang lebih penting? Temukan jawabannya dan temukan solusi terbaik untuk bisnis Anda!
🔍 Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut dan membuat keputusan yang tepat untuk masa depan keuangan Anda! Learn More
submitted by Sarah_laili to u/Sarah_laili [link] [comments]


2024.03.20 07:16 Sarah_laili 🔒💼 Software Akuntansi: Kunci untuk Meningkatkan Keamanan Data Keuangan Bisnis Anda! 📊🔐

Keamanan data keuangan bisnis merupakan hal yang sangat penting dalam mengelola bisnis Anda. Inilah mengapa menggunakan software akuntansi dapat menjadi langkah cerdas untuk meningkatkan keamanan data keuangan Anda. Berikut adalah beberapa manfaatnya:
  1. Enkripsi Data: Software akuntansi canggih menggunakan teknologi enkripsi untuk melindungi data keuangan Anda dari akses yang tidak sah. Ini memastikan bahwa informasi sensitif Anda aman dan terlindungi dari ancaman cyber.
  2. Akses Terbatas: Anda dapat mengontrol siapa saja yang memiliki akses ke data keuangan bisnis Anda melalui software akuntansi. Dengan memberikan akses yang terbatas hanya kepada orang-orang yang berwenang, Anda dapat mengurangi risiko penyalahgunaan data.
  3. Pemantauan Aktivitas: Software akuntansi sering dilengkapi dengan fitur pemantauan aktivitas yang memungkinkan Anda untuk melacak siapa saja yang mengakses atau mengubah data keuangan. Hal ini memudahkan Anda untuk mendeteksi aktivitas yang mencurigakan dan mengambil tindakan yang diperlukan.
Dengan menggunakan software akuntansi yang handal, Anda dapat memiliki ketenangan pikiran bahwa data keuangan bisnis Anda aman dan terlindungi dari berbagai ancaman. Jangan ragu untuk menginvestasikan waktu dan sumber daya Anda dalam memilih software akuntansi yang tepat untuk bisnis Anda!
🔐📊 Ingin Mengetahui Lebih Lanjut? Pelajari Detailnya di Sini: Klik di Sini
Lindungi data keuangan bisnis Anda dan tingkatkan keamanannya dengan menggunakan software akuntansi yang terpercaya! 💼🔒
submitted by Sarah_laili to u/Sarah_laili [link] [comments]


2024.03.19 07:09 barudak-well Lowongan Kerja Temanggung Langsung Diterima Kerja

Lowongan Kerja Temanggung Langsung Diterima Kerja

Lowongan Kerja Temanggung Langsung Diterima Kerja
Lowongan Kerja Temanggung Langsung Diterima Kerja – Kami dengan senang hati mengumumkan kesempatan berkarier yang kami tawarkan kepada Anda. Perusahaan kami saat ini membuka pintu bagi individu yang berbakat dan berdedikasi untuk bergabung dengan tim kami. Kami percaya bahwa kunci kesuksesan kami terletak pada keberagaman, kreativitas, dan semangat kerja karyawan kami. Oleh karena itu, kami mencari individu yang ingin berkontribusi, belajar, dan tumbuh bersama kami di Temanggung.
Lowongan kerja ini merupakan peluang langka untuk Anda yang ingin mendapatkan pengakuan segera atas keterampilan dan dedikasi Anda. Kami tidak hanya menawarkan pekerjaan, tetapi juga lingkungan kerja yang mendukung pengembangan karier Anda. Di sini, Anda akan memiliki akses ke sumber daya, pelatihan, dan mentorship yang akan membantu Anda mencapai potensi terbaik Anda.
Bagi kami, setiap anggota tim memiliki peran penting dalam mencapai visi dan tujuan perusahaan kami. Kami mengundang Anda untuk menjadi bagian dari perjalanan ini dan bersama-sama meraih kesuksesan. Jangan ragu untuk melamar dan bergabung dengan kami di Temanggung, di mana kesempatan kerja ini akan memberikan Anda pengalaman dan peluang pertumbuhan yang tak ternilai.
Daftar Loker : https://infogajian.com/job/lowongan-kerja-temanggung-langsung-diterima-kerja/
Penyedia Loker:
  • Indomaret
  • Alfamart
  • Alfamidi
  • Yomart
Posisi Loker:
  • Crew Store/Kru Toko
Lokasi:
  • Temanggung
Kualifikasi:
  • Pendidikan Minimal: Lulusan SMA atau sederajat biasanya memenuhi syarat untuk posisi ini. Namun, pendidikan yang lebih tinggi dapat menjadi nilai tambah.
  • Komunikasi yang Baik: Kemampuan berkomunikasi dengan baik adalah kunci dalam melayani pelanggan dengan ramah dan efektif.
  • Keterampilan Penanganan Uang: Kemampuan menghitung uang dengan cepat dan akurat, serta menjaga keamanan kas di toko sangat penting.
  • Keterampilan Pelayanan Pelanggan: Kemampuan melayani pelanggan dengan ramah, membantu mereka menemukan produk yang mereka butuhkan, dan menjawab pertanyaan mereka.
  • Kemampuan Kerja Tim: Mampu bekerja sama dalam tim untuk menjaga kelancaran operasional toko.
  • Kedisiplinan dan Tanggung Jawab: Kemampuan untuk datang tepat waktu, menjaga kebersihan toko, dan menjalankan tugas-tugas sehari-hari dengan tanggung jawab.
  • Kemampuan Multitasking: Dalam situasi sibuk, seorang Kru Toko harus dapat mengelola berbagai tugas sekaligus.
  • Pengetahuan Produk: Memahami produk yang dijual dan memberikan informasi yang tepat kepada pelanggan.
  • Kemampuan Menjaga Stok: Memastikan stok barang selalu tersedia dan menginformasikan kepada atasan jika ada kekurangan barang.
  • Kepatuhan terhadap Prosedur Keamanan: Mematuhi aturan keamanan dan protokol keselamatan yang ada di toko.
  • Kemampuan Menghadapi Tekanan: Bisa menjaga ketenangan dan memberikan pelayanan terbaik bahkan saat situasi toko sedang ramai.
  • Ketertarikan pada Bisnis: Memiliki minat pada industri ritel dan motivasi untuk berkontribusi dalam pertumbuhan toko.
Dokumen persyaratan:
  • Surat Lamaran Kerja
Surat lamaran kerja adalah dokumen pertama yang harus disertakan dengan pengajuan lamaran Anda. Pastikan untuk mencantumkan alamat, tanggal, dan nama lengkap Anda dengan jelas di bagian atas surat lamaran. Sertakan juga posisi yang Anda lamar.
  • Curriculum Vitae (CV)
CV Anda harus mencakup informasi pribadi, pendidikan terakhir, pengalaman kerja (jika ada), keterampilan, dan prestasi yang relevan. Pastikan untuk menyusun CV Anda dengan rapi dan mudah dibaca.
  • Fotokopi KTP
Sertakan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anda yang masih berlaku. Ini adalah dokumen identifikasi yang diperlukan oleh perusahaan.
  • Fotokopi Ijazah Terakhir
Sertakan fotokopi ijazah terakhir Anda (misalnya, ijazah SMA atau sederajat). Jika Anda memiliki pendidikan yang lebih tinggi, Anda juga dapat menyertakan ijazah yang relevan.
  • Pas Foto Terbaru
Sertakan pas foto terbaru Anda dengan ukuran yang sesuai dengan persyaratan perusahaan. Biasanya, ini adalah pas foto berwarna ukuran 4×6 cm.
  • Daftar Referensi
Jika Anda memiliki pengalaman kerja sebelumnya, Anda dapat menyertakan daftar referensi, yaitu nama-nama dan kontak orang yang dapat memberikan referensi mengenai kinerja Anda.
  • Surat Rekomendasi (Opsional)
Jika Anda memiliki surat rekomendasi dari pengalaman kerja sebelumnya atau institusi pendidikan, itu dapat menjadi nilai tambah dalam lamaran Anda.
  • Surat Keterangan Sehat
Beberapa perusahaan mungkin meminta surat keterangan sehat dari dokter atau rumah sakit sebagai bukti bahwa Anda dalam kondisi fisik yang baik untuk bekerja.
  • Surat Izin Orang Tua (Jika Pelamar Belum Cukup Umur)
Jika Anda masih di bawah usia 18 tahun, mungkin diperlukan surat izin dari orang tua atau wali untuk bekerja.
Sumber : https://infogajian.com/
submitted by barudak-well to barudakwell [link] [comments]


2024.03.19 07:09 barudak-well Lowongan Kerja Temanggung Langsung Diterima Kerja

Lowongan Kerja Temanggung Langsung Diterima Kerja
https://preview.redd.it/6hzi0zwmf8pc1.png?width=4372&format=png&auto=webp&s=087a0771c31f99c4b4580e4c94b0e7d58b80a75a
Lowongan Kerja Temanggung Langsung Diterima Kerja – Kami dengan senang hati mengumumkan kesempatan berkarier yang kami tawarkan kepada Anda. Perusahaan kami saat ini membuka pintu bagi individu yang berbakat dan berdedikasi untuk bergabung dengan tim kami. Kami percaya bahwa kunci kesuksesan kami terletak pada keberagaman, kreativitas, dan semangat kerja karyawan kami. Oleh karena itu, kami mencari individu yang ingin berkontribusi, belajar, dan tumbuh bersama kami di Temanggung.
Lowongan kerja ini merupakan peluang langka untuk Anda yang ingin mendapatkan pengakuan segera atas keterampilan dan dedikasi Anda. Kami tidak hanya menawarkan pekerjaan, tetapi juga lingkungan kerja yang mendukung pengembangan karier Anda. Di sini, Anda akan memiliki akses ke sumber daya, pelatihan, dan mentorship yang akan membantu Anda mencapai potensi terbaik Anda.
Bagi kami, setiap anggota tim memiliki peran penting dalam mencapai visi dan tujuan perusahaan kami. Kami mengundang Anda untuk menjadi bagian dari perjalanan ini dan bersama-sama meraih kesuksesan. Jangan ragu untuk melamar dan bergabung dengan kami di Temanggung, di mana kesempatan kerja ini akan memberikan Anda pengalaman dan peluang pertumbuhan yang tak ternilai.
Daftar Loker : https://infogajian.com/job/lowongan-kerja-temanggung-langsung-diterima-kerja/
Penyedia Loker:
  • Indomaret
  • Alfamart
  • Alfamidi
  • Yomart
Posisi Loker:
  • Crew Store/Kru Toko
Lokasi:
  • Temanggung
Kualifikasi:
  • Pendidikan Minimal: Lulusan SMA atau sederajat biasanya memenuhi syarat untuk posisi ini. Namun, pendidikan yang lebih tinggi dapat menjadi nilai tambah.
  • Komunikasi yang Baik: Kemampuan berkomunikasi dengan baik adalah kunci dalam melayani pelanggan dengan ramah dan efektif.
  • Keterampilan Penanganan Uang: Kemampuan menghitung uang dengan cepat dan akurat, serta menjaga keamanan kas di toko sangat penting.
  • Keterampilan Pelayanan Pelanggan: Kemampuan melayani pelanggan dengan ramah, membantu mereka menemukan produk yang mereka butuhkan, dan menjawab pertanyaan mereka.
  • Kemampuan Kerja Tim: Mampu bekerja sama dalam tim untuk menjaga kelancaran operasional toko.
  • Kedisiplinan dan Tanggung Jawab: Kemampuan untuk datang tepat waktu, menjaga kebersihan toko, dan menjalankan tugas-tugas sehari-hari dengan tanggung jawab.
  • Kemampuan Multitasking: Dalam situasi sibuk, seorang Kru Toko harus dapat mengelola berbagai tugas sekaligus.
  • Pengetahuan Produk: Memahami produk yang dijual dan memberikan informasi yang tepat kepada pelanggan.
  • Kemampuan Menjaga Stok: Memastikan stok barang selalu tersedia dan menginformasikan kepada atasan jika ada kekurangan barang.
  • Kepatuhan terhadap Prosedur Keamanan: Mematuhi aturan keamanan dan protokol keselamatan yang ada di toko.
  • Kemampuan Menghadapi Tekanan: Bisa menjaga ketenangan dan memberikan pelayanan terbaik bahkan saat situasi toko sedang ramai.
  • Ketertarikan pada Bisnis: Memiliki minat pada industri ritel dan motivasi untuk berkontribusi dalam pertumbuhan toko.
Dokumen persyaratan:
  • Surat Lamaran Kerja
Surat lamaran kerja adalah dokumen pertama yang harus disertakan dengan pengajuan lamaran Anda. Pastikan untuk mencantumkan alamat, tanggal, dan nama lengkap Anda dengan jelas di bagian atas surat lamaran. Sertakan juga posisi yang Anda lamar.
  • Curriculum Vitae (CV)
CV Anda harus mencakup informasi pribadi, pendidikan terakhir, pengalaman kerja (jika ada), keterampilan, dan prestasi yang relevan. Pastikan untuk menyusun CV Anda dengan rapi dan mudah dibaca.
  • Fotokopi KTP
Sertakan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anda yang masih berlaku. Ini adalah dokumen identifikasi yang diperlukan oleh perusahaan.
  • Fotokopi Ijazah Terakhir
Sertakan fotokopi ijazah terakhir Anda (misalnya, ijazah SMA atau sederajat). Jika Anda memiliki pendidikan yang lebih tinggi, Anda juga dapat menyertakan ijazah yang relevan.
  • Pas Foto Terbaru
Sertakan pas foto terbaru Anda dengan ukuran yang sesuai dengan persyaratan perusahaan. Biasanya, ini adalah pas foto berwarna ukuran 4×6 cm.
  • Daftar Referensi
Jika Anda memiliki pengalaman kerja sebelumnya, Anda dapat menyertakan daftar referensi, yaitu nama-nama dan kontak orang yang dapat memberikan referensi mengenai kinerja Anda.
  • Surat Rekomendasi (Opsional)
Jika Anda memiliki surat rekomendasi dari pengalaman kerja sebelumnya atau institusi pendidikan, itu dapat menjadi nilai tambah dalam lamaran Anda.
  • Surat Keterangan Sehat
Beberapa perusahaan mungkin meminta surat keterangan sehat dari dokter atau rumah sakit sebagai bukti bahwa Anda dalam kondisi fisik yang baik untuk bekerja.
  • Surat Izin Orang Tua (Jika Pelamar Belum Cukup Umur)
Jika Anda masih di bawah usia 18 tahun, mungkin diperlukan surat izin dari orang tua atau wali untuk bekerja.
Sumber : https://infogajian.com/
submitted by barudak-well to u/barudak-well [link] [comments]


2024.02.22 10:11 duckingman Dear aspiring accountant - I did my CPA (Certified Public Accountant) - Ask Me Anything

My background
Gw lulus jurusan akuntasi 2017, terus kerja Auditor terus Analyst sampai sekarang. Ujian ACPA diambil bulan September 2023 (lulus), kemudian ambil ujian CPA bulan Januari 2024 (lulus). Sekarang proses terbit sertifikat.
Alasan ambil CPA sekedar tambah accolade di resume, sementara ini belum rencana jadi Akuntan Publik (AP).
So, what is CPA? IFAC 3 tier CPA system.
Sekitar tahun 2018, lembaga sertifikasi CPA di Indonesia, IAPI mengadopsi sistem IFAC yang pakai sistem 3 tier. Intinya kalau agan mau jadi CPA dan punya ijin tanda tangan opini audit harus melewati tahapan:
  1. Associate Certificate Public Accountant (ACPA) - 5 MCQ online exam
  2. Certified Public Accountant (CPA) - 5 MCQ online exam + short essay + 3 years of professional experience -> masih belum boleh tanda tangan opini audit
  3. Akuntan Publik (AP) - Workshop training + practical exam -> sudah boleh tanda tangan opini audit.
Intinya kalau mau beneran jadi partner KAP wajib jadi AP. Kalau masih CPA boleh tanda tangan opini audit.
So, what is the benefit getting CPA?
Selain dikenal recruiter dan HR. Sertifikat CPA bisa dipakai untuk registrasi Akuntan (Ak.). Jadi meskipun CPA belum boleh tanda tangan opini audit, tapi masih bisa memberikan jasa konsultasi akuntansi dan bookeeping.
Ijin menjadi Akuntan masih ada alternatif lain yaitu:
  1. CPMA (Certified Public Management Accountant) dari IAMI
  2. CA (Chartered Accountant) dari IAI
How was the exam like?
Ujian dilakukan di Test Center. Gw sendiri ambil di Jakarta. Tidak semua Test Center sama, ada beberapa yang buka di jam tertentu (misal buka hari rabu saja) ada yang setiap hari. Pas gw ujian TC di Trisakti dan Tarumanegara buka setiap hari (kecuali minggu). Bahkan sekarang di Kalimantan pun ada setiap hari.
ACPA
Ujian ACPA dilakukan 5 mata ujian, online di Test Center isinya sekitar 90 sampai 100 Pilihan Ganda. Selesai ujian nilai ujian akan langsung keluar. Passing grade adalah 65, jadi kalau di bawah 65 harus mengulang lagi.
ACPA ini kalau tidak lulus, besok-nya bisa langsung ujian lagi. Soal nanti diacak oleh system, tapi ada beberapa muncul kembali. Jadi ingat2 aj materi yg tidak mengerti terus pelajari ulang.
Gw sendiri retry sampai 4 kali, cuti seminggu hanya untuk ujian untuk lulus ACPA. Ujian level ACPA 1 jam bisa selesai.
CPA
Ujian CPA 5 mata ujian, kurang lebih sama dengan ACPA hanya saja materi-nya lebih sulit. Ada esai pendek di beberapa mata ujian.
Nilai ujian harus menuggu akhir periode ujian baru keluar. Jadi ujian Desember 2023, nilai baru keluar akhir Januari 2024. Passing grade 75.
Ujian CPA ini benar2 habis 2.5 jam per mata ujian.
Apakah ujiannya susah?
Susah, pakai banget.
Gw pribadi adalah perwakilan olimpiade akuntasi saat jaman mahasiswa. Awalnya gw pede banget dengan "ilmu akuntansi" apalagi gw sdh level manager sekian tahun ini.
Tapi percaya diri gw hancur lebur karena nilai ujian ACPA gw semua under 70. Nilai CPA gw pun semua benar2 persis 75.
Silabus ujian
IAPI sudah share silabus ujian. Beberapa mata ujian terkait regulasi dan perpajakan memang harus baca UU terkait. tapi untuk yang terkait Akuntansi kurang lebih bisa pakai CPA exam review di USA.
Gw pribadi pakai Becker CPA Exam Review + MCQs edisi 2019.
Memang ada IFRS vs US GAAP, tp di core material yang diujikan kurang lebih sama. Bahkan di video lecture kalau ada beda dengan IFRS pasti di highlight oleh lecturer-nya.
Using USA's Exam Review?
Yes, core materi sama bahkan principle-nya banyak persamaan. Gw lebih ingat materi ada di US CPA tapi gw yakin 99% tidak akan keluar di Indo's CPA:
  1. Integrated audit
  2. Federal audit
  3. PCAOB
  4. SOX 2002
  5. Derivative
  6. Non-For Profit Accounting
  7. Lease accounting
  8. Pension accounting
  9. Cash Flow Statement di US dan IFRS beda kriteria klasifikasi. Tapi core concept-nya sama.
Pajak mengikut perpajakan Indonesia, Akuntansi Pemerintahan dan Syariah juga tinggal mengikuti literatur di Indonesia. Selain itu dan yang di atas core materi sama (99% mirip).
Much Easier Way In Getting CPA
Daripada agan stres berminggu-minggu seperti gw harus ujian. Ada cara lain yang jauh lebih mudah mendapatkan CPA.
Ikut PPAK yang kerjasama dengan IAPI - Selesai PPAK dapat waiver 8 mata ujian. ACPA otomatis lolos, jadi hanya perlu lulus mata ujian audit dan akuntansi keuangan CPA. Beres.
submitted by duckingman to finansial [link] [comments]


2024.01.16 07:12 Sarah_laili 📈 Accurate Akuntansi: Teman Setia Pengusaha Sukses! 💹

Pandai mengelola keuangan bisnis adalah kunci kesuksesan.Accurate Akuntansi memberikan alat terbaik untuk pebisnis yang cerdas. Dengan kemudahan penggunaan, pelacakan yang akurat, dan laporan yang dapat dipercaya, Accurate adalah solusi terdepan untuk mengoptimalkan kinerja keuangan bisnis Anda.
💻 Lihat Fitur-Fitur Unggulan:Klik di Sini untuk Informasi Lebih Lanjut!
#softwareakuntansi
Tingkatkan kontrol atas keuangan bisnis Anda dengan kekuatan Accurate Akuntansi!
Post 3:
submitted by Sarah_laili to u/Sarah_laili [link] [comments]


2023.12.04 18:17 honeybobok Jasa Akuntansi dan Bookeeping buat business owner

Terinspirasi dari pertanyaan khusus buat business owner yang baru2 ini ada di subreddit ini.
Penasaran aja kalian para business owner tertarik kah utk hire jasa akuntansi bookeeping gitu?
Gw baru2 ini dpt klien, awalnya deal buat pembuatan laporan keuangan, krn ada kebutuhan buat minjem duit dr bank, dan / atau nyari investor, jadi laporan keuangan yang sesuai standar ada kebutuhannya.
Trus dia ada minta apakah gw bs bantu dia ngontrol pengeluaran jg, yg dimana sama aja requirementnya sebenerny
Sejujurnya gw seneng banget dia minta hal gitu ya krn itu membuat gw nyadar kira2 apa sih yg bs gw tawarin,
Tpi gw berpikir aja kira2 mmg dia itu niche atau mmg ada market buat hal ini?
ttTT

submitted by honeybobok to finansial [link] [comments]


2023.10.28 22:37 smartybrome List of FREE and Best Selling Discounted Courses

Udemy Free Courses for 29 October 2023

Note : Coupons might expire anytime, so enroll as soon as possible to get the courses for FREE.
GET MORE FREE ONLINE COURSES WITH CERTIFICATE – CLICK HERE
submitted by smartybrome to udemyfreebies [link] [comments]


2023.08.17 03:19 Queasy-Ad1978 Sarjana Akuntansi bertanya

Sarjana Akuntansi bertanya submitted by Queasy-Ad1978 to indonesia [link] [comments]


2023.07.03 11:30 flag9801 SEMESTER SEMESTER AKHIR

MINTA TIPS

KKN
MAGANG
PROPOSAL SKRIPSI
PENGERJAAN SKRIPSI
SIDANG
I have a huge anxiety right now
condition semester 6 jurusan akuntansi ada 4 topik yang ingin dipakai akuntansi umkm,akuntansi masjid,akuntansi bumdes ,akuntansi koperasi any tips
and if my flair is wrong what flair should i use in this post
submitted by flag9801 to indonesia [link] [comments]


2023.05.09 16:46 KerooBero Federasi sebak bola negara tidak ada pembukuan keuangan selama 3 tahun??

Federasi sebak bola negara tidak ada pembukuan keuangan selama 3 tahun?? submitted by KerooBero to indonesia [link] [comments]


2023.03.09 18:37 pumpkidsss Tentang OnomyProtocol

Hai teman teman komunitas crypto Indonesia kali ini saya ingin memperkenalan OnomyProtocol kepada kalian dengan sedetail dan sejelas mungkin, mohon maaf bila ada kesalahan dalam menulis.
Oke, pertama kali pasti diantara kalian penasaran apa itu Onomy Protocol?
baik saya akan jelaskan:
OnomyProtocol adalah ekosistem Lapisan-1 yang dapat dioperasikan yang dibangun untuk menyatukan Forex dan keuangan terdesentralisasi. Produk termasuk dompet multi-rantai yang inovatif, hub jembatan, DEX yang mendukung pengalaman buku pesanan yang menyatu dengan kumpulan likuiditas AMM, dan protokol penerbitan stablecoin.
sebagai contoh :
kita bisa membuka open order di dalam DEX tersebut dengan harga sesuai yang kita targetkan, dan akan otomatis tereksekusi.
pembahasan kedua tentang $NOM :

koin asli OnomyProtocol adalah $NOM.

NOM digunakan untuk mengamankan jaringan melalui staking, pembayaran biaya transaksi dan jembatan, sebagai jaminan untuk pencetakan Denom melalui Onomy Reserve, dan untuk tata kelola di Onomy DAO. NOM sangat terintegrasi ke dalam berbagai produk Ekosistem Onomy, seperti pembelian & pembakaran terprogram menggunakan pendapatan AMM dari Onomy Exchange.
salah satu usecase nya:

ONOMY DAO(GOVERNANCE)

DAO (Organisasi Otonomi Terdesentralisasi) adalah organisasi yang diwakili oleh aturan yang dikodekan sebagai program komputer transparan, dikendalikan oleh anggota organisasi, dan tidak dipengaruhi oleh entitas pengatur pusat.
sebagai contoh:
#vote
#peserta
Peserta adalah pengguna yang memiliki hak suara pada proposal. Di Onomy Hub, peserta adalah pemegang NOM terikat. Pemegang NOM yang tidak terikat dan pengguna lain tidak mendapatkan hak untuk berpartisipasi dalam tata kelola. Namun, mereka dapat mengajukan dan menyimpan proposal.
Perhatikan bahwa beberapa peserta dapat dilarang untuk memberikan suara pada proposal di bawah validator tertentu jika:
peserta NOM terikat atau tidak terikat kepada validator tersebut setelah proposal memasuki masa voting.
peserta menjadi validator setelah proposal memasuki masa voting.
oke teman teman, mungkin untuk artikel ini cukup sampai disini
submitted by pumpkidsss to u/pumpkidsss [link] [comments]


2022.12.30 23:22 d5bludzpsds Berikut Ini Fungsi Laporan Keuangan Dari Kegiatan Akuntansi Sebuah Perusahaan Bagi Pemerintah Adalah - Info Aktual

submitted by d5bludzpsds to u/d5bludzpsds [link] [comments]


2022.09.19 07:32 CVAquilaPutri My friend became a training casualty in Bakamla.

My friend became a training casualty in Bakamla.
Komentar awal.
Penafian: gak buat digoreng sirkel PNS anon di Twitter. Saya tahu kalian itu selalu haus buat ngetai-taiin Kementerian Keuangan dan sekolah kedinasan yang ia naungi. Now's not the time.
Meet my friend, Muhammad Ary Adithya Hasibuan. (Bisa dilihat akun Instagram almarhum.) He was a good friend of mine di kampus, and he had the every will to improve his and his family's economic situation thanks to that strong Medan perantauan spirit. Sebelum masuk PKN STAN, almarhum sempat kuliah dua tahun di salah satu politeknik negeri di Medan. Dan selama dua tahun itu he fought tooth and nail (listen to his struggle here!). Di tahun terakhir percobaannya (karena STAN cuma bisa tiga kali percobaan ujian masuk), dia akhirnya lulus.
Sama seperti saya, dia merupakan mahasiswa prodip D III Akuntansi. Berkat kesamaan nasib dan sama-sama wibu, we found a commonality and became pretty close meskipun gak pernah sekelas. Being not from a very wealthy family, kehidupan dia selama di kampus agak prihatin, to put it mildly. But despite the odds stacked against him, entah itu financial-wise, nilai-wise, sampai dibully padahal dia ketua kelas, Almarhum Ary berhasil lulus dengan IPK yang cukup memuaskan.
Waktu tiba masanya pemilihan instansi setelah lulus, karena dia masuk formasi non-Kemenkeu, otomatis Kemenkeu terkunci buat almarhum. Jadi dipilih olehnya BPK, BPKP, sama apa satu lagi lupa. Eh, nasib mengantarkan dia jadi pegawai Bakamla.
Now, Bakamla is quite infamous di letting saya. Dari 30 orang lulusan PKN STAN yang masuk Bakamla, nggak ada sama sekali dari mereka yang menaruh Bakamla di pilihan mereka - baik itu pilihan 1, 2, atau 3. Dengan kata lain, Bakamla itu "instansi buangan". Selain itu, Bakamla sebagai institusi nggak mengadakan outreach sama sekali kepada CPNS barunya selama nyaris 4 bulan (dari Desember sampai Maret). Complete radio silence. Ya ada sih, tapi sebagai kating pada dekting, bukan sebagai institusi kepada pegawai barunya. It got so bad sampai CPNS barunya ada yang kabur duluan. (Saya pernah ngomel-ngomel soal itu di komentar ini.) Gak tahu itu maksudnya biar dibarengin sama penerimaan umum atau gimana wallahu a'lam.
Syukurnya akhirnya almarhum bersama seluruh anggota letting STA'18 di Bakamla (minus satu orang) akhirnya melewati rangkaian proses orientasi dan pelatihan CPNS baru. Pelatihan kecakapan organisasi, latsar, the whole shebang. Hell, almarhum selesai latsar terlebih dahulu sebelum saya.
You'd thought that kalo udah selesai latsar, berarti dia udah nunggu pengangkatan doang sebagai PNS betulan. Nope, ternyata Bakamla masih ada latihan wajib militer. Tanggal 30 Agustus kemarin, Ary mengunggah story WA yang bilang almarhum "inaktif sampai 1 Desember 2022". Karena ada teman sekelas yang mengunggah story IG (Gambar 1), saya jadi tahu kalau almarhum akan berangkat latihan militer. Ya sudah, dadah dadah tuh di grup, selamat ya, hati-hati, the works. We thought "njir Ary latihan militer 3 bulan, we'll miss him tapi Desember kan gak selama itu ya kan?"
Boy will we miss him.
Tiba-tiba tadi jam 7.30 pagi grup bapak-bapak kami digegerkan dengan dikirimnya Gambar 2.
Gilak. Onii-chan kami (almarhum kelahiran 1998, jadi tua sendiri.) gak ada kabar, tiba-tiba meninggal saat latihan militer.
Menurut kabar yang beredar, almarhum meninggal karena fisiknya terlalu diforsir, terlalu dipaksakan. True enough, sekitar jam 9 pagi ada broadcast yang menjelaskan kronologi kematian almarhum. Berikut transkripnya.
Mohon ijin melaporkan kronologi kejadian meninggalnya Siswa CGBT atas nama Siswa Ary Aditya Hasibuan.
Adapun Penjelasan sebagai berikut :
  1. TW 0918.0700 ybs mengikuti kegiatan binsik pagi, setelahnya ybs konsultasi (dokter Angkatan Laut), diaknosa awal ybs sakit nyeri sendi n dehidrasi serta ada dahak d paru, sudah d sarankan k ybs untuk tidak mengikuti kegiatan binsik.
  2. TW 0918.1600 ybs memaksakan diri mengikuti kegiatan binsik/lari sore, ybs ikut dalam kelompok siswa yg jalan di belakang kelompok lari (terpisah), lari ring 3, sampai depan Balai Pengobatan ybs sempoyongan langsung d angkut ambulan k RSPAL (kondisi sadar), sampai d RSPAL ybs kejang, d larikan k UGD dan mendapat perawatan diaknosa reaktif Hepatitis n menunggu pindah k ruang ICU.
  3. TW 0918.2240 ybs kembali kritis, mendapat pertolongan dokter, TW 0918.2250 ybs di nyatakan meninggal.
Demikian kami laporkan, mohon arahan
Shit man! Kalian tahu kalau almarhum sudah mengeluhkan sakit nyeri sendi dehidrasi dan paru paru basah, and yet you didn't manage to make him stay out of aktivitas fisik. Entah para pelatih ini kurang mempan discouragenya (atau malah gak berani melarang?), atau ada sesuatu yang membuat almarhum "memaksakan diri" despite his limitations.
Lagipula pegawai-pegawai lulusan sekolah kedinasan yang barely sekolah kedinasan ini lho kerjanya bakal di balik meja dan komputer! Susun laporan keuangan, bikin SPM terus ngirim ke KPPN, (kasarnya) paper pushing! Bukannya naik ke atas kapal disuruh patroli dua minggu di atas air! Anak-anak ini bukan anak Secata atau Secaba! Tiga bulan, buset! At least kalau mau latihan militer yang "serius", tiru aja Samapta-nya Bea Cukai.
Buat gue Bakamla sudah memantapkan diri sebagai sebuah institusi yang nggak bisa properly ngemong pegawai barunya. Sudah kemarin ditelantarkan hampir 4 bulan, sekarang ada yang meninggal waktu latihan. You have blood on your hands. Dan Biro SDM Kemenkeu juga, karena mereka yang menentukan lulusan PKN STAN ke mana aja. Kalo BSDM gak naroh Ary di Bakamla, gak bakal meninggal temen gue itu.
I really hope BSDM tahun depan gak bakal menggubris permohonan pegawai baru lulusan STAN dari Bakamla tahun depan. Cuci dulu tuh darah almarhum temen gue, Muhammad Ary Adithya Hasibuan, dari tangan-tangan kalian. Temen gue, yang harusnya bisa memperbaiki keadaan ekonomi keluarganya, meninggal gara-gara negligence in training.
Rest in peace, buddy boy. You will sorely be missed.
(Buat orang Setjen dan/atau Itjen yang lurking di Reddit dan nemu post saya ini, by all means, silahkan gelandang saya buat diinterogasi di Dhanapala. Ini bukan cuma perkara sesama lulusan STA'18. Ini temen saya yang meninggal ini.)
Gambar 1. Foto terakhir almarhum (ditandai pakai panah).
Gambar 2. Kabar kematian almarhum.
submitted by CVAquilaPutri to indonesia [link] [comments]


2022.04.27 08:45 harapanrakyat Aplikasi Komputer Akuntansi untuk Mengelola Keuangan, Ini Daftarnya

Aplikasi Komputer Akuntansi untuk Mengelola Keuangan, Ini Daftarnya submitted by harapanrakyat to u/harapanrakyat [link] [comments]


2022.03.02 12:44 ImpressiveDesk6864 TERBUKTI, RSV Call 0895711100400, Pelatihan Usaha Kecil

KLIK https//wa.me/62895711100400, Pelatihan Bagi Pemilik Usaha Kecil, Pelatihan Manajemen Keuangan Usaha Kecil, Pelatihan dan Pengembangan Usaha Kecil, Pelatihan Usaha Kecil, Proposal Pelatihan Usaha Kecil
Kami melayani pelatihan dan workshop kewirausahaan dan manajemen bisnis untuk UMKM, Pemuda, Pemula, Mahasiswa, Desa, Karangtaruna dll. Alternatif pelatihan : Pelatihan Wirausaha Pemula Pelatihan Manajemen Usaha Mikro Kecil Pelatihan Manajemen Keuangan Usaha Pelatihan Digital Marketing Pelatihan Desain Kemasan Pelatihan Inovasi Produk Pelatihan Bisnis Plan Rencana Bisnis Pelatihan Studi Kelayakan Usaha Pelatihan Manajemen Operasional dan SDM Pelatihan Manajemen Pemasaran Pelatihan Dasar-dasar Perkoperasian Pelatihan Manajerial Koperasi Pelatihan Manajemen Usaha Koperasi
BLA Indonesia Training & Konsultan Bisnis Jl. Manru Regency B-15 Tembalang Kota Semarang 50272 Dekat Kampus Universitas Diponegoro Semarang
Fast Respon : 085727696801
submitted by ImpressiveDesk6864 to semarang [link] [comments]


2022.02.13 16:15 arieszz15 Aplikasi Laporan Keuangan Untuk Smartphone - DOWNLOADBEBAS

Hallo sobat DB, memiliki banyak uang adalah impian setiap orang. Akan tetapi banyak uang saja tidak cukup, kamu harus mengatur keuangan sebijak mungkin agar tidak kebablasan dalam menggunakan uang. Banyak orang yang keuangannya sudah menipis padahal masih tanggal muda, hal tersbut harus di hindari semaksimal mungkin.
Berkembangnya teknologi banyak aplikasi yang memudahkan kita untuk mencatat seluruh pengeluaran yang ada, sehingga kita bisa bijak dalam menggunakannya. Aplikasi tersebut sangat mudah digunakan terlebih lagi dengan orang yang awam tentang dunia akuntansi. Berikut beberapa aplikasi laporan keuangan terbaik untuk smartphone :
submitted by arieszz15 to Downloadbebas [link] [comments]


http://activeproperty.pl/