Anak ngentot ibunya

Is this often a False Dilemma and Hypocrisy that has been spewed out for generations?

2024.05.13 06:55 muizz04 Is this often a False Dilemma and Hypocrisy that has been spewed out for generations?

Hello, I often hear this saying "Ibu mampu menjaga walau 10 anak tapi sorang anak pun payah payahan menjaga ibunya". in criticism of this art https://ibb.co/dkz5Bjy
When i apply and deduct every scenario, I cant help but think this is a backward thinking, it serves nothing but make you feel like crap unjustifiably as a child to a mother. let me just say caring for your mother UNIVERSALLY should be done, but to guilt trip children these scenario of context (in the picture} is just BOGUS, a conclusion that derived from lack of critical thinking ability (Open for discussion}
Let us be realistic here, it just happens that the mother is a STAY-AT-HOME mom. those who grew up with office-working mothers saja merasa kana besarkan dengan 2nd mother I.E (Nannies, Aunt, Grandparents}, kana passing passing penjaga, cannot compare situations or you'll create a logical paradox.
All expenses for STAY-AT-HOME mothers are taken care of by the fathers, so Mothers often dont need to worry about outside world other than house chores and caring children, take away all these things, the mothers would have to work and wouldnt have time to take care of the children, leaving them with the care of 2nd parents. which what i listed as Nannies, Aunts, Grandparents etc but grown up children has only themselves to work and find rezeki to thrive in society
I propose in face value there is nothing wrong with the picture, it even feels wrong for me to say there is nothing wrong with the picture because this very scenario has been passed around generations upon generations that we should just accept it.
In addition ,In the comparison picture, I only see the mother caring for their children, where is the grandmother? why didnt the mother care about the grandmother?. oh, because she already has her hand full *BUSY BEING A HOUSEWIFE* so she passes it to other who seemed to be less busier, often a single sibling to take care of the grandmother, and its the same circle of false dilemma and hypocrisy again
submitted by muizz04 to Brunei [link] [comments]


2024.04.21 06:40 novkriz puhhh sepuhh ajarin dong puhh

puhhh sepuhh ajarin dong puhh
Pada zaman dahulu, tersebutlah kisah seorang puteri raja di Jawa Barat bernama Dayang Sumbi. Dia mempunyai seorang anak laki-laki yang diberi nama Sangkuriang. Anak tersebut sangat gemar berburu dia berburu dengan ditemani oleh Tumang, anjing kesayangan istana. Sangkuriang tidak tahu, bahwa anjing itu adalah titisan dewa dan juga bapaknya. Ketika kembali ke istana, Sangkuriang menceritakan kejadian itu pada Ibunya. Bukan main marahnya Dayang Sumbi begitu mendengar cerita itu. Tanpa sengaja dia memukul kepala Sangkuriang dengan sendok nasi yang dipegangnya. Sangkuriang terluka. Dia sangat kecewa dan pergi mengembara. Setelah kejadian itu, Dayang Sumbi sangat menyesali dirinya. Dia selalu berdoa dan sangat tekun bertapa. Pada suatu ketika, para dewa memberinya sebuah hadiah. Dia akan selamanya muda dan memiliki kecantikan abadi. Setelah bertahun-tahun mengembara, Sangkuriang akhirnya berniat untuk kembali ke tanah airnya. Sesampainya disana, kerajaan itu sudah berubah total.
Di sana dijumpainya seorang gadis jelita, yang tak lain adalah Dayang Sumbi. Terpesona oleh kecantikan wanita tersebut maka, Sangkuriang melamarnya. Oleh karena pemuda itu sangat tampan, Dayang Sumbi pun sangat terpesona padanya. Pada suatu hari Sangkuriang minta pamit untuk berburu. Dia minta tolong Dayang Sumbi untuk merapikan ikat kepalanya. Alangkah terkejutnya Dayang Sumbi ketika melihat bekas luka di kepala calon suaminya. Luka itu persis seperti luka anaknya yang telah pergi merantau. Setelah lama diperhatikannya, ternyata wajah pemuda itu sangat mirip dengan wajah anaknya. Dia menjadi sangat ketakutan. Maka kemudian dia mencari upaya untuk menggagalkan lamaran Sangkurian.

https://preview.redd.it/00zhln3vhrvc1.png?width=1340&format=png&auto=webp&s=66f1ef4b1beca6db52f61cbb2de4b283fea27427
submitted by novkriz to rdatadao [link] [comments]


2024.04.18 09:13 yokowasis2 New update disabled Publish Blog Button. This appear in update 2402 and 2403. Any Fix aside from installing old version ?

New update disabled Publish Blog Button. This appear in update 2402 and 2403. Any Fix aside from installing old version ? submitted by yokowasis2 to Office365 [link] [comments]


2024.04.14 13:30 Real_Situation2697 Please check my Tahun 2 bina ayat

Hi,
Appreciate if someone can help to 1) check my bina ayat, and 2) provide a sentence with the same words for 25-30 words. I am unable to do bina ayat with 25-30 words which is my exam question requirement. I hope someone here can provide it so that i can learn. Thank in advance
  1. gembira – basikal – taman permainan
Fatimah amat gembira kerana ibunya benarkan dia berbasikal di taman permainan dekat rumahnya.
  1. membantu ibu – membuat – biskut
Nurul sedang membantu ibu membuat biskut untuk activiti di sekolah esok.
  1. menjahit – baju – anak patung
Ibu saya menjahit baju baru kepada anak patung saya dibeli oleh bapa saya untuk hadiah yang hari jadi saya.
  1. menonton – kartun – televisyen
Kanak-kanak jiran saya semuanya datang ke rumah saya menonton kartun dengan televisyen yang baru itu.
  1. menenangkan fikiran – mendengar muzik
Ali berkata jika hendak menenangkan fikiran, mendengar muzik ialah satu cara yang mencapai itu.
  1. seronok – bermain gitar – menyanyi
Adik saya yang pendiam dan tidak suka bergaul dengan orang tetapi dia seronok bermain gitar sambil menyanyi diri sendiri di dalam bilik tidur.
  1. melukis – pemandangan alam sekitar
Siti yang credik gemar melukis pemandangan alam sekitar pada masa lapang.



submitted by Real_Situation2697 to bahasamelayu [link] [comments]


2024.04.07 21:13 Alarmed-Barracuda125 cerita kampung

ongeng cerita rakyat yang pertama adalah cerita Malin Kundang. Cerita bercerita tentang seorang anak yang bernama Malin Kundang. Malin Hidup bersama ibunya di sebuah desa pesisir pantai Sumatera Barat.
Setelah beranjak dewasa, malin merantau ke kota dengan tujuan agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Setelah beberapa tahun, Malin Kundang kini sudah sukses dan hidup berkecukupan di kota, bahkan dia sudah menikah dengan putri dari seorang bangsawan.
Setelah menikah, istri Malin Kundang yang sedang hamil menginginkan untuk berlibur ke pantai. Karena sangat mencintai istrinya, Malin Kundang dan istrinya pergi berlibur ke pantai dan ternyata pantai tersebut adalah desa dimana ibu Malin Kundang tinggal.
Setibanya di pantai, ibu Malin Kundang yang sudah bertahun-tahun tidak bertemu anaknya, dan melihat dari kejauhan bahwa Malin Kundang datang, langsung menghampiri dan memeluknya.
Pada saat tersebut, Malin Kundang merasa malu dan tidak mau mengakui ibunya yang berasal dari desa. Sempat terjadi perdebatan antara mereka, ibu Malin Kundang pun kemudian merasa sedih sekaligus marah anaknya kini tidak mengakui dirinya sebagai ibunya.
Ibu Malin Kundang kemudian berdoa dan mengutuk Malin Kundang menjadi batu. Sembari menyesali perbuatannya yang sudah terlambat, dengan posisi bersujud Malin Kundang kini ternyata sudah berubah menjadi batu.
Melalui dongeng cerita rakyat Malin Kundang ini, anak-anak akan belajar agar tidak durhaka kepada orang tua mereka. hasil, Dayang Sumbi menggunakan syal ajaibnya untuk membuat cahaya dari timur sehingga seolah-olah fajar telah tiba. Sangkuriang merasa gagal untuk memenuhi syarat pernikahan dari Dayang Sumbi.
Sangkuriang yang merasa kesal dan gagal memenuhi persyaratan pernikahan dari Dayang Sumbi kemudian menendang perahu tersebut hingga terbalik dan perahu tersebut berubah menjadi gunung yang kini dikenal Gunung Tangkuban Perahu.
Sangkuriang tetap memaksa Dayang Sumbi untuk menikah, hal ini membuat Dayang Sumbi berusaha kabur dari Sangkuriang. Agar selamat dari kejaran Sangkuriang, Dayang Sumbi meminta bantuan kepada tuhan untuk membantunya.
Permintaan tersebut kemudian terkabul dan Dayang Sumbi berubah menjadi bunga Jaksi dan Sangkurian gagal menemukannya.

4. Dongeng Cerita Rakyat Roro Jonggrang

hasil, Dayang Sumbi menggunakan syal ajaibnya untuk membuat cahaya dari timur sehingga seolah-olah fajar telah tiba. Sangkuriang merasa gagal untuk memenuhi syarat pernikahan dari Dayang Sumbi.
Sangkuriang yang merasa kesal dan gagal memenuhi persyaratan pernikahan dari Dayang Sumbi kemudian menendang perahu tersebut hingga terbalik dan perahu tersebut berubah menjadi gunung yang kini dikenal Gunung Tangkuban Perahu.
Sangkuriang tetap memaksa Dayang Sumbi untuk menikah, hal ini membuat Dayang Sumbi berusaha kabur dari Sangkuriang. Agar selamat dari kejaran Sangkuriang, Dayang Sumbi meminta bantuan kepada tuhan untuk membantunya.
Permintaan tersebut kemudian terkabul dan Dayang Sumbi berubah menjadi bunga Jaksi dan Sangkurian gagal menemukannya.

4. Dongeng Cerita Rakyat Roro Jonggrang

submitted by Alarmed-Barracuda125 to u/Alarmed-Barracuda125 [link] [comments]


2024.04.06 20:25 Crafty-Group-6605 Dongeng Cerita Rakyat Legenda Danau Toba

Dongeng cerita rakyat yang kedua masih berasal dari Sumatera Barat, yaitu legenda Danau Toba. Kisah ini menceritakan tentang seorang pemuda yang bernama Toba yang hidup sederhana dengan bekerja di ladang setiap harinya.
Pada suatu hari, Toba pergi memancing ikan di sebuah sungai. Dari hasil memancing tersebut, toba mendapatkan sebuah ikan yang memiliki warna kekuningan keemasan. Saat Toba melepaskan mata kail dari mulut ikan tersebut, ikan tersebut berubah menjadi seorang wanita yang cantik.
Wanita tersebut kemudian memperkenalkan dirinya, wanita cantik tersebut bernama Putri. Toba sangat jatuh cinta pada Putri, dan memintanya untuk menikah. Putri kemudian menerima lamaran dari Toba, tapi dengan satu syarat.
Syarat tersebut adalah Toba tidak boleh menceritakan kepada siapapun bahwa dirinya adalah ikan di sungai tersebut. Toba kemudian menyanggupi permintaan tersebut.
Setelah menikah, hidup secara sederhana dan penuh kebahagiaan, Toba dan Putri dikaruniakan seorang anak laki-laki yang kemudian diberikan nama Samosir.
Seiring berjalannya waktu, Samosir ternyata tumbuh menjadi pribadi yang pemalas dan cukup nakal. Samosir sehari-harinya hanya bermalas-malasan saja, selain itu Samosir juga memiliki nafsu makan yang tinggi.
Suatu ketika, Putri meminta Samosir untuk mengantarkan makanan ke ayahnya. Karena malas, Samosir merasa terpaksa melakukan hal tersebut. Ditengah perjalanan, Samosir merasa sangat lapar.
Karena merasa sangat lapar, Samosir memakan makanan yang seharusnya diberikan pada ayahnya, Toba. Samosir kemudian hanya menyisakan sedikit dari makanan yang seharusnya diberikan kepada ayahnya.
Setibanya di ladang, Toba sangat kesal dan marah karena melihat makanannya yang hanya tersisa sedikit. Dengan emosi marah tersebut, Toba membentak Samosir dan berkata “Anak tidak tau diuntung, dasar kau, anak keturunan ikan!”
Samosir yang sangat ketakutan dan sedih tersebut pulang dan menceritakan apa yang terjadi kepada ibunya. Ibunya yang mendengar cerita tersebut merasa sangat sedih, karena ternyata Toba telah melanggar janjinya.
Putri dan Samosir kemudian berpegangan tangan, dan keduanya pun menghilang secara tiba-tiba. Selain itu juga, dari setiap jejak langkah Samosir terus muncul air dalam jumlah yang sangat banyak sehingga menenggelamkan wilayah di sekitarnya termasuk Toba.
submitted by Crafty-Group-6605 to u/Crafty-Group-6605 [link] [comments]


2024.04.06 20:24 Crafty-Group-6605 malin kundang

Dongeng cerita rakyat yang pertama adalah cerita Malin Kundang. Cerita bercerita tentang seorang anak yang bernama Malin Kundang. Malin Hidup bersama ibunya di sebuah desa pesisir pantai Sumatera Barat.
Setelah beranjak dewasa, malin merantau ke kota dengan tujuan agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Setelah beberapa tahun, Malin Kundang kini sudah sukses dan hidup berkecukupan di kota, bahkan dia sudah menikah dengan putri dari seorang bangsawan.
Setelah menikah, istri Malin Kundang yang sedang hamil menginginkan untuk berlibur ke pantai. Karena sangat mencintai istrinya, Malin Kundang dan istrinya pergi berlibur ke pantai dan ternyata pantai tersebut adalah desa dimana ibu Malin Kundang tinggal.
Setibanya di pantai, ibu Malin Kundang yang sudah bertahun-tahun tidak bertemu anaknya, dan melihat dari kejauhan bahwa Malin Kundang datang, langsung menghampiri dan memeluknya.
Pada saat tersebut, Malin Kundang merasa malu dan tidak mau mengakui ibunya yang berasal dari desa. Sempat terjadi perdebatan antara mereka, ibu Malin Kundang pun kemudian merasa sedih sekaligus marah anaknya kini tidak mengakui dirinya sebagai ibunya.
Ibu Malin Kundang kemudian berdoa dan mengutuk Malin Kundang menjadi batu. Sembari menyesali perbuatannya yang sudah terlambat, dengan posisi bersujud Malin Kundang kini ternyata sudah berubah menjadi batu.
Melalui dongeng cerita rakyat Malin Kundang ini, anak-anak akan belajar agar tidak durhaka kepada orang tua mereka.
submitted by Crafty-Group-6605 to u/Crafty-Group-6605 [link] [comments]


2024.04.06 19:17 Electrical-Site-703 sangkuriang

Dongeng cerita rakyat berikutnya dari Yumin kali ini adalah kisah tentang Sangkuriang. Kisah ini bermula dimana pada masa lalu sepasang dewa dan dewi melakukan kesalahan yang sangat besar hingga diusir dari kahyangan. Ketika dibuang dan turun ke bumi, dewa berubah menjadi seekor anjing bernama Tumang, sementara sang dewi berubah menjadi babi hutan bernama Celeng Wayungyang.
Suatu ketika seorang raja pergi berburu di hutan bersama kelompoknya, namun pada akhirnya raja ini terpisah dari kelompoknya. Sang raja kemudian buang air kecil, tanpa sengaja, air kencing sang raja ini diminum oleh Celeng Wayungyang.
Air kencing sang raja ini ternyata mengandung sedikit sperma sehingga dalam waktu singkat, Celeng Wayungyang langsung hamil dan melahirkan seorang putri.
Putri ini kemudian ditemukan oleh sang raja tanpa mengetahui bahwa putri ini adalah anak kandung dari sang raja.
Bayi perempuan ini kemudian diberi nama Dayang Sumbi. Ketika sudah dewasa, Dayang Sumbi tumbuh menjadi wanita yang sangat cantik. Ada banyak pria yang ingin menikahinya namun Dayang Sumbi tidak menginginkan hal tersebut.
Suatu ketika Dayang Sumbi yang sedang menenun kehilangan gulungan benang miliknya. Dayang Sumbi merasa sangat sedih dan berjanji bahwa yang menemukan gulungan benang tersebut akan diberikan hadiah.
Jika yang menemukan gulungan benang tersebut adalah seorang perempuan, maka Dayang Sumbi akan memperlakukannya seperti saudaranya sendiri, dan jika yang menemukan gulungan benang tersebut adalah seorang laki-laki, maka Dayang Sumbi akan menjadikannya suami.
Setelah beberapa saat, ternyata yang menemukan gulungan benang tersebut adalah seekor anjing yang bernama Tumang. Meskipun seekor anjing, Dayang Sumbi merasa harus tetap memenuhi janjinya.
Sang raja yang kesal dengan apa yang akan dilakukan oleh Dayang Sumbi, kemudian mengusir dan membuang Dayang Sumbi ke sebuah pondok sederhana di dalam hutan.
Setelah menikah, Dayang Sumbi dibuat bingung karena setiap bulan purnama, anjing tersebut berubah menjadi pria tampan, dari pernikahan mereka ini, lahirlah seorang anak laki-laki yang kemudian diberi nama Sangkuriang.
Beberapa tahun berlalu, suatu ketika saat Sangkuriang pergi berburu dia mencoba membunuh seekor babi hutan yang ternyata adalah Celeng Wayungyang, nenek dari Sangkuriang.
Tuman mencoba menghentikan perbuatan Sangkuriang tersebut. Merasa kesal dan tidak mendapatkan apapun, Sangkurian kemudian membunuh Tumang dan mengambil hatinya untuk dibawa pulang.
Ketika waktu makan malam tiba, Dayang Sumbi sudah menjadi hati yang dibawa Sangkuriang sebagai bahan makanan. Ketika Dayang Sumbi mencoba memanggil Tumang untuk dibagikan makanan, Tumang tak kunjung datang.
Merasa bersalah dan sedih, Sangkuriang lalu menjelaskan bahwa hati yang dibawa olehnya adalah hati Tumang. Merasa sedih dan marah, Dayang Sumbi lalu memukul Sangkuriang hingga meninggalkan bekas luka di kepalanya.
Karena berpikir bahwa ibunya membencinya, Sangkurian kabur dari rumah. Setelah beberapa saat, Dayang Sumbi menyesal telah melakukan hal tersebut dan berdoa kepada dewa agar menyatukan kembali dirinya dengan Sangkuriang, anaknya.
Ketika Sangkuriang keluar rumah, Sangkuriang ternyata telah lupa ingatan dan bahkan tidak mengetahui bahwa dia memiliki seorang ibu bernama Dayang Sumbi.
Sangkuriang kini telah tumbuh dewasa, suatu ketika, Sangkuriang bertemu dengan seorang wanita cantik di hutan dan ternyata itu adalah Dayang Sumbi, namun karena hilang ingatan, Sangkuriang tidak mengetahui bahwa wanita tersebut adalah ibunya.
Karena tertarik dan jatuh cinta, Sangkuriang kemudian melamar wanita tersebut. Karena sudah bertahun-tahun tidak bertemu, Dayang Sumbi pada awalnya tidak mengetahui bahwa yang melamarnya adalah anaknya, Sangkuriang.
Namun sehari sebelum pernikahan, Dayang Sumbi mendapati bekas luka yang sama pada kepala pria yang akan dinikahinya dengan bekas luka Sangkurian.
Mengetahui hal tersebut, Dayang Sumbi mencoba menggagalkan pernikahan tersebut dengan menjelaskan kepada Sangkuriang, namun Sangkuriang tidak mau mendengar penjelasan dari Dayang Sumbi.
Dayang Sumbi kemudian memberikan syarat yang tidak mungkin bisa dilakukan Sangkuriang untuk pernikahan tersebut. Syarat tersebut adalah Sangkuriang harus membuatkan sebuah danau dengan perahu yang akan digunakan nantinya dalam waktu satu malam.
Sangkuriang kemudian menyanggupi hal tersebut. Dengan dibantu oleh makhluk gaib, Sangkuriang hampir berhasil menyelesaikan permintaan Dayang Sumbi.
Sadar Sangkuriang akan berhasil, Dayang Sumbi menggunakan syal ajaibnya untuk membuat cahaya dari timur sehingga seolah-olah fajar telah tiba. Sangkuriang merasa gagal untuk memenuhi syarat pernikahan dari Dayang Sumbi.
Sangkuriang yang merasa kesal dan gagal memenuhi persyaratan pernikahan dari Dayang Sumbi kemudian menendang perahu tersebut hingga terbalik dan perahu tersebut berubah menjadi gunung yang kini dikenal Gunung Tangkuban Perahu.
Sangkuriang tetap memaksa Dayang Sumbi untuk menikah, hal ini membuat Dayang Sumbi berusaha kabur dari Sangkuriang. Agar selamat dari kejaran Sangkuriang, Dayang Sumbi meminta bantuan kepada tuhan untuk membantunya.
Permintaan tersebut kemudian terkabul dan Dayang Sumbi berubah menjadi bunga Jaksi dan Sangkurian gagal menemukannya.
submitted by Electrical-Site-703 to u/Electrical-Site-703 [link] [comments]


2024.04.06 19:16 Electrical-Site-703 danau toba

Dongeng cerita rakyat yang kedua masih berasal dari Sumatera Barat, yaitu legenda Danau Toba. Kisah ini menceritakan tentang seorang pemuda yang bernama Toba yang hidup sederhana dengan bekerja di ladang setiap harinya.
Pada suatu hari, Toba pergi memancing ikan di sebuah sungai. Dari hasil memancing tersebut, toba mendapatkan sebuah ikan yang memiliki warna kekuningan keemasan. Saat Toba melepaskan mata kail dari mulut ikan tersebut, ikan tersebut berubah menjadi seorang wanita yang cantik.
Wanita tersebut kemudian memperkenalkan dirinya, wanita cantik tersebut bernama Putri. Toba sangat jatuh cinta pada Putri, dan memintanya untuk menikah. Putri kemudian menerima lamaran dari Toba, tapi dengan satu syarat.
Syarat tersebut adalah Toba tidak boleh menceritakan kepada siapapun bahwa dirinya adalah ikan di sungai tersebut. Toba kemudian menyanggupi permintaan tersebut.
Setelah menikah, hidup secara sederhana dan penuh kebahagiaan, Toba dan Putri dikaruniakan seorang anak laki-laki yang kemudian diberikan nama Samosir.
Seiring berjalannya waktu, Samosir ternyata tumbuh menjadi pribadi yang pemalas dan cukup nakal. Samosir sehari-harinya hanya bermalas-malasan saja, selain itu Samosir juga memiliki nafsu makan yang tinggi.
Suatu ketika, Putri meminta Samosir untuk mengantarkan makanan ke ayahnya. Karena malas, Samosir merasa terpaksa melakukan hal tersebut. Ditengah perjalanan, Samosir merasa sangat lapar.
Karena merasa sangat lapar, Samosir memakan makanan yang seharusnya diberikan pada ayahnya, Toba. Samosir kemudian hanya menyisakan sedikit dari makanan yang seharusnya diberikan kepada ayahnya.
Setibanya di ladang, Toba sangat kesal dan marah karena melihat makanannya yang hanya tersisa sedikit. Dengan emosi marah tersebut, Toba membentak Samosir dan berkata “Anak tidak tau diuntung, dasar kau, anak keturunan ikan!”
Samosir yang sangat ketakutan dan sedih tersebut pulang dan menceritakan apa yang terjadi kepada ibunya. Ibunya yang mendengar cerita tersebut merasa sangat sedih, karena ternyata Toba telah melanggar janjinya.
Putri dan Samosir kemudian berpegangan tangan, dan keduanya pun menghilang secara tiba-tiba. Selain itu juga, dari setiap jejak langkah Samosir terus muncul air dalam jumlah yang sangat banyak sehingga menenggelamkan wilayah di sekitarnya termasuk Toba.
submitted by Electrical-Site-703 to u/Electrical-Site-703 [link] [comments]


2024.04.06 19:15 Electrical-Site-703 dongeng

Dongeng cerita rakyat yang pertama adalah cerita Malin Kundang. Cerita bercerita tentang seorang anak yang bernama Malin Kundang. Malin Hidup bersama ibunya di sebuah desa pesisir pantai Sumatera Barat.
Setelah beranjak dewasa, malin merantau ke kota dengan tujuan agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Setelah beberapa tahun, Malin Kundang kini sudah sukses dan hidup berkecukupan di kota, bahkan dia sudah menikah dengan putri dari seorang bangsawan.
Setelah menikah, istri Malin Kundang yang sedang hamil menginginkan untuk berlibur ke pantai. Karena sangat mencintai istrinya, Malin Kundang dan istrinya pergi berlibur ke pantai dan ternyata pantai tersebut adalah desa dimana ibu Malin Kundang tinggal.
Setibanya di pantai, ibu Malin Kundang yang sudah bertahun-tahun tidak bertemu anaknya, dan melihat dari kejauhan bahwa Malin Kundang datang, langsung menghampiri dan memeluknya.
Pada saat tersebut, Malin Kundang merasa malu dan tidak mau mengakui ibunya yang berasal dari desa. Sempat terjadi perdebatan antara mereka, ibu Malin Kundang pun kemudian merasa sedih sekaligus marah anaknya kini tidak mengakui dirinya sebagai ibunya.
Ibu Malin Kundang kemudian berdoa dan mengutuk Malin Kundang menjadi batu. Sembari menyesali perbuatannya yang sudah terlambat, dengan posisi bersujud Malin Kundang kini ternyata sudah berubah menjadi batu.
Melalui dongeng cerita rakyat Malin Kundang ini, anak-anak akan belajar agar tidak durhaka kepada orang tua mereka.
submitted by Electrical-Site-703 to u/Electrical-Site-703 [link] [comments]


2024.04.06 01:27 Ancient-Cook-727 Ayah di Situbondo Sempat Ancam Begini Sebelum Hamili Anak Kandungnya

Seorang ayah di Situbondo dilaporkan ke polisi karena diduga menghamili anak kandungnya. Akibatnya, korban melahirkan seorang anak perempuan. Menurut keterangan kakak kandung korban, korban diancam oleh pelaku. Yakni dengan mengatakan jika perbuatan itu disampaikan ke ibunya atau orang lain, maka ayahnya kemungkinan bercerai dengan ibunya.
"Karena adik saya takut ayah dan ibunya berpisah, akhirnya diam saja," kata perempuan berusia 30 tahunan saat berbincang dengan detikJatim di Mapolres Situbondo, Jumat (5/4/2024).
Dari pengakuan korban, imbuhnya, dia terpaksa melayani aksi bejat ayah beberapa kali. Meski ia melayaninya dengan sangat terpaksa.
"Bahkan saat mengetahui hamil, adik saya tetap diam saja," kata perempuan yang mendampingi korban saat melapor tersebut.
Korban merupakan warga Kecamatan Banyuputih, Situbondo. Korban juga mengaku telah melahirkan seorang bayi laki-laki sepekan lalu di RSU Asembagus.
Sementara terduga pelaku yakni inisial B (48), yang tak lain merupakan ayah kandung korban. Ia sehari-hari berkerja sebagai nelayan.
submitted by Ancient-Cook-727 to u/Ancient-Cook-727 [link] [comments]


2024.02.26 04:16 redditers0999 [Lagu Daerah] Ulos Saput - Perdana Trio (Cipt: Sudiarto Tampubolon SH.)

[Lagu Daerah] Ulos Saput - Perdana Trio (Cipt: Sudiarto Tampubolon SH.)
Lagu ini menceritakan tentang suasana hati seorang anak pada saat melihat Tulang menyampirkan Ulos Saput ke atas jenazah Ibunya. Ulos Saput adalah simbol perpisahan terakhir buat Ibunda tercinta sebelum dikebumikan. Mengingat posisi Tulang dalam keluarga batak yang ditinggikan dan dimuliakan, merekalah yang memberikan simbol perpisahan terakhir buat mendiang.
Sebagai penyeimbang, Tulang selalu menjadi pihak yang paling menyayangi dan mengasihi. Hal ini disimbolkan dengan penyampiran Ulos Holong bagi keluarga yang ditinggalkan, mulai dari Ayah, anak-anak dan menantu, serta semua cucu. Khusus untuk Ayah, Tulang juga menyampirkan Ulos Tujung / Ulos Sampetua sebagai simbol penguat hati dan penghiburan bagi Ayah dan semoga keluarga yang ditinggalkan menerima berkat dari Tuhan.
Dalam lagu ini juga menuturkan bahwa Tulang juga jadi pihak pertama yang menyambut kehadiran sang Ibunda pada saat lahir dahulu kala. Pada saat itu Tulang segera membawa Ulos Paroppa (selendang untuk menggendong bayi) dan aek ni utte (air jeruk purut). Jadi Tulang-lah yang pertama bergembira menyambut kelahiran Ibunda, dan Tulang juga yang terakhir menyampaikan salam perpisahan pada saat Ibu meninggal.
submitted by redditers0999 to indonesia [link] [comments]


2024.02.10 01:39 ZakiYamagi Wibu Berkelas?

Wibu Berkelas? submitted by ZakiYamagi to u/ZakiYamagi [link] [comments]


2024.02.09 02:45 carbon7911 Wibu Berkelas?

Wibu Berkelas?
Kalian yang Wibu itu kalau lihat begini cringe apa salut sih? Ini kayaknya lebay banget dan bangga pula dia, ini sudah red flag banget delusional nih sampai ngomong isekai, biar dia entar dihukum mati biar bisa isekai ke dunia Blood-C.
Bertobatlah kalian Wibu yang sudah hampir mirip dengan orang ini, go outside and touch some grass.
submitted by carbon7911 to indonesia [link] [comments]


2024.02.04 08:22 Sea_Possibility6509 Apakah durhaka jika saya memutuskan kontak dgn ayah saya?

(Mohon maaf jika cerita saya kepanjangan dan males dibaca)
Sy benci ayah saya, dr saya kecil beliau selingkuh berkali2 diblkg ibu saya, ibu saya yg nemenin beliau dr 0 sampe ekonominya diatas tp ibu saya ttp mencintai beliau gabisa meninggalkan beliau, ibu saya ini tipikal IRT bgt gasuka keluyuran cm ngurung dirumah aja nntn tv orgnya introvert, tiap hari masak, rajin ibadah tp jujur ibu saya itu galak bgt suka marah2 suka melampiaskan amarahnya ke saya, tp sy ttp sayang ibu. emg namanya tabiat selingkuh ya udah jadi tabiat aja. Ibu saya punya simpanan 800jt habis semua buat bayarin hutang usaha ayah saya. Uang 800jt itu ibu saya kumpulkan dari uang bulanan belanja yg ayah saya kasi dan ditabung belasan tahun, hilang sekejap. 2016, ibu saya merasa ayah saya selingkuh lg, ibu saya terus mendesak ayah saya tp ayah saya sampe sumpah2 demi allah, sampe sumpah2 saya ketabrak mobil kalo sampe ayah saya boong, tp namanya insting seorang istri tdk bs dibohongi. Long story short 2020 adalah titik terendah hidup saya, ibu saya mengidap gagal ginjal yg ud tahapnya parah dan breast cancer stad 4. Ayah saya bilang ke saya "tolong senangi ibu ya, jgn buat dia beban pikiran" dokter vonis ibu saya hanya bertahan kurang dr setahun. Saya dan nenek saya (dr ibu) temani ibu saya yg sedang sakit 24/7 hrs siaga kalo ibu tb2 membutuhkan saya, tetapi esokannya saya hrs pulang kerumah karna saya mau istirahat sebentar dan ayah saya menawarkan untuk rolling, akhirnya saya pulang istirahat dan ternyata ayah saya bawa selingkuhannya yg sedang hamil beserta anaknya yg masi kecil didepan nenek & ibu saya yg saturasi oksigennya sudah 70%. Ibu saya buat sadar dan berbicara aja sudah susah. Saya tau darimana? Ibu saya telfon saya nangis2. Akhirnya saya br istirahat sebentar lsg bergegas balik kerumah sakit. Disitu ibu saya ceritain semuanya sembari beliau antara ngawang sadar / tdk sadar. Disitu amarah sy bener2 memuncak. Ayah saya sendiri yang bilang jgn buat ibu sedih tp dia sndiri yg tega buat ibu saya sedih disaat ibu saya ud kesadarannya sdh mulai menurun. Sy marah sm ayah saya, saya tanya kenapa beliau berbuat seperti itu, ayah saya jawab " ayah gamau dihantui rasa bersalah sm ibumu " egois bukan? Disaat 2016 sampai 2020 ibu saya konfrontasi ayah saya, tp ayah saya malah g ngaku2 giliran ibu saya sudah sekarat beliau br mengaku. Apa sesulit itu biarin ibu saya meninggal dalam damai? Dokter vonis ibu saya meninggal kurang setahun tetapi nyatanya stlh ayah saya confess, ibu saya meninggal lusanya, saya benar2 seperti sebatangkara dan sy bnr2 seperti orang gila sampai pasca ibu saya ga ada saya hrs bolak balik psikiater. Saya selalu mengecap ayah saya pembunuh ibu saya. Smenjak ibu ga ada, ayah saya tgl dengan wanita itu dan anaknya dgn leluasa sdh tdk ad rasa was2 lg sedangkan saya karna enggan tgl bersama mreka, memutuskan untuk kos / apart saja, tetapi ibunya pacar saya menolak, beliau khawatir saya anak perempuan sndiri ngekos. Ortunya pacar akhirnya ajak saya untuk tinggal dirumahnya beserta kakak2 dr pacar saya. Ortu pacar saya sangat menyayangi saya, antara anak sndiri dgn saya tdk dibedakan. Usaha ayah saya semenjak ibu ga ada makin jeblok. Selama 2 tahun struggling 2020-2022 akhirnya saya berusaha mengikhlaskan apa yg sudah terjadi, mungkin Tuhan lbh sayang dgn ibu saya, saya juga berusaha berdamai dgn selingkuhan ayah saya yg sudah dinikahi scr siri dan saya skrg syg sm adik2 tiri saya. 2023 pacar saya memutuskan untuk melanjutkan usaha ayahnya di daerah lain dan saya pun ikut krn tdk bs ldr. Ayah saya karna tau saya sdh bs menghasilkan uang sndiri beliau slalu minta pinjaman ke saya krn uang saya tdk cukup untuk pinjaman beliau yg trlalu besar, pacar saya bersedia meminjamkan dananya ke beliau, janjinya bulan januari diganti tapi 5 bulan br dikembalikan, sedangkan pacar saya dan saya juga punya kehidupan dan kebutuhan sndiri. Ayah saya aktif skali meminjam uang kepada kami sampai titik di akhir 2023 kmrn ayah saya baca chat saya dgn istri sirinya, saya bilang ke istri sirinya tolong jgn ganggu pinjam uang ke saya dulu, saya stress sekali karna uangnya mau saya simpan untuk biaya sangjit krn kalo sangjit( proses adat chinese sblm menikah) itu kan dr pihak wanita, sedangkan ayah saya untuk sangjit dan menikah saja enggan untuk bayarin saya maunya full dr camer saya. Makanya saya berusaha keras menabung supaya martabat ayah saya tdk direndahkan oleh calon mertua saya, walaupun saya tau calon mertua saya tdk money oriented. Tapi ayah saya murka baca chat saya dengan istri siri ayah saya. Abis itu beliau g lama pulangin uang saya dan beliau sakit hati sama perkataan saya. Saya pun bingung dimana letak sakit hati beliau dgn perkataan saya di chat tsb?. Beliau pun gapernah nanyain kabar saya, keadaan saya gmana. Saya sakitpun urus sndiri sampe kmrn tb2 ayah mau minjam uang saya lagi tp yg chat saya bukan ayah saya melainkan istri nya beliau yg chat saya. Saya bener2 sakit hati bgt. Ayah saya yg mau pinjam uang kenapa harus lewat istrinya yg chat saya. Dia yg butuh bantuan saya tapi kenapa dia malah nyuruh orang buat pinjam uang ke saya. Beliau juga lagi susah tp bisa beli durian harga 400 ribu jeruk harga 100 ribu sekali keluar sm keluarganya habis 2juta sedangkan hutang beliau banyak dimana2. Saya kesel bgt ayah saya ngutang tapi gatau kondisi keluarganya gabisa mengatur keuangan, kl saya ga pinjami hubungan saya sama ayah saya makin renggang bs2 saya ga diakui anak sm beliau, sedangkan saya masi membutuhkan beliau untuk acara pernikahan saya. Saya aja hidup di daerah lain bekerja hidup hemat2 makan senemunya yg penting sy bs nabung untuk acara sangjit & pernikahan saya. Saya pgn bgt setelah menikah ganti nomor pindah rumah tanpa sepengetahuan ayah saya. Saya cape banget dichat cuma untuk pinjam uang doang tp dia gapernah peduli sama keadaan saya. Apakah saya durhaka jika saya membuang ayah saya setelah saya menikah? Tp jujur dulu waktu saya masi kecil ayah saya sangat memanjakan saya, apa yg saya mau selalu keturutan walaupun ekonomi beliau dibawah pas2an. Makanya byk pertimbangan saya. Mohon masukan dan sarannya.
submitted by Sea_Possibility6509 to indonesia [link] [comments]


2024.02.04 05:18 apricot-ti Lapor untuk deportasi (morals dan aftermath)

Jadi keluarga temen gw nih punya step-dad dari Africa (don't know where, don't care) sebelumnya ayah kandungnya meninggal dan ibunya menikah sama orang ini (suspect karena accidental pregnancy).
Mereka dah nikah kisaran 2 tahunan, anak mereka udah 1 tahun. Temen gw gapunya kaka, dia anak sulung.
The problem is that this guy is a massive douchebag, like a straight up Asshole with capital A. Discipline dia ke anaknya itu cuman mukul ke anaknya yang bahkan belum 1 tahun, gamau kerja dan provide keluarganya, freeloader, dan hobinya selingkuh.
Istrinya jadi tulang belakang punggung yang malah harus keluar negeri cuman untuk bisa ngebiayain keluarganya, bahkan setelah di luar negeri dia gabisa pulang karena gaada biayanya.
Suaminya gak ngebantuin sama sekali, dirumah pun gak jaga anaknya, cuman pergi sana sini untuk ketemu salah satu pacarnya.
Bahkan banyak jewlery yang ilang dirumahnya, dan cuman dia sama istrinya yang tau tempat penyimpanannya dimana (pas di confront dia marah marah)
Istrinya gamau cerai, walaupun setelah banyak banget red flags. Gw suspect karena kalo cerai nanti anaknya diapa apain istrinya ini gak bisa ngapa ngapain karena kejebak diluar negri.
So,,,, komodos is it moral? Dan kalo di deportasi ini anaknya bakal harus ikut sama bapaknya atau gimana??
Edit: gw lupa bilang, dia passportnya "ilang" (in other words, illegal immigrant)
submitted by apricot-ti to indonesia [link] [comments]


2024.02.04 03:26 Hayate-kun 60 most-viewed Mukbang videos published on YouTube last week (2024-01-21 to 2024-01-27)

Views Channel Video
28137020 Hogi! Pinkfong - Learn & Play 🍡 Crunchy, Crunchy, Sweet Tanghulu #Mukbang #Pinkfong #Hogi #Shorts
14647863 The Logan Chitwood Giga Chad Purple Mukbang #gigachad #mukbang #asmr #sigma
7599873 Sour King Drew Sour Family Emoji Food ASMR!?
4835338 Mykoreandic How to eat like a man
3518534 Mimi Mihol channel IBUNYA PELIT😁🙏KALIAN SUKA PEDAS GA GUYS⁉️ #food #mukbang #mommylife #mommyvlogger #stitch
2975646 MQV Handy Eating Snacks Candy 💋 ASMR Eating show 👄 #satisfyingasmr #childhood #snacks #candy #sweet #201
2886338 tanboy kun DITANTANG MUKBANG 11 PORSI MIE BANGLADESH + 10 TELUR SETENGAH MATANG sama YUDHO BOENGKOES!!
2038887 HUBA후바 BLACK BEAN NOODLES Kielbasa Sausage mukbang | TikTok Funny Videos #shorts
1828555 [햄지]Hamzy Real Mukbang:) Fried soy sauce pork & beer! 🍺 ☆ Korean Spicy Kimchi Bibim Noodles
1559499 Honey Jelly ASMR Mochi Ice Cream Zenzai【Mukbang Eating Sounds】#28
1542840 [햄지]Hamzy Real Mukbang:) Tender Braised Pork ☆ Korean Style Seasoned Fresh Oysters, rice wine
1416610 vionazayn story asmr | DRINK COFFEE WITH MILK eating sound mukbang🤪 #shorts #viral #funny #asmr #eating #ฝากติดตาม
1386851 Erika Kaa 🍚Versi NASI !! Kalian suka ngelakuin yg mana? Jgn jgn kalian 👵🏻👴🏻 #challenge #mukbang #nasi
1368194 DannyBoy4x He did the eating challenge 😂😂😂😭😭 #mukbang #food #eating #eatingshow #eatingsounds
1303156 tzuyang쯔양 연어좋아하면 꼭 먹어야한다는 연어국수?!😛 대왕연어초밥 대왕연어김밥 대왕덮밥 연어성지 전메뉴 먹방
1263742 THE FAMILY SHOW Ninguém quer não né? | #shorts - The Family Show
1255181 문복희 Eat with Boki SUB)신메뉴 마라로제엽떡 먹방! 핫도그 튀김 주먹밥 치킨 콘마요까지 분식 꿀조합 리얼사운드 솔직후기 Malarose Tteokbokki Mukbang Asmr
1207466 진영민yeongmin 랜덤 이모티콘 먹방
1166032 Maddy & Mummy MaddyEats WEDS Shiva Rathod (MARRIAGE PART 1) ❤️♾️
1162592 보겸TV 30시간굶고
1142243 조재원 엄마 피자 치킨 햄버거 한 번에 먹여드리는 효놈 #shorts
1080403 마라덕 마라탕 약수터에 다녀 온 남동생
1058914 Erika Kaa 🍝Paling sering Versi apa nih? Komen dong!! 😂 #challenge #mukbang #miegoreng
1038653 Mukbang Bersama Bent Makan Lolipop Coklat Karakter🐱 #asmr #mukbang #eatingsounds #food #makan #makansesuaiemoji
948381 Best Ever Food Review Show Lizard Tail BBQ!! Most Bizarre Food in Puerto Rico!!
933960 문복희 Eat with Boki SUB)겉바속촉 통대창에 매운 아구찜 먹방! 대창 꿀조합 리얼사운드 Intestines Mukbang Asmr
926965 Obamathegoat43 Popsicle #popsicle #mukbang #사이코패스 #먹방 #아이스크림 #icecream #꿀팁 #psychopath #normal
921632 Thắng Múc Bang Thử Thách Mukbang Đoán Từ Bị Giấu | Thắng Múc Bang | #shorts
906930 야먹자 스테이크 온도체크에 손수만든 도우까지 ... 흔치않은 청년사장
890027 HAHADO ASMR MUKBANG 직접 만든 매운 닭발 떡볶이 푸딩계란찜 닭껍질튀김 먹방 & 레시피 FRIED CHICKEN AND Dakbal Tteokbokki EATING SOUND
870786 tanboy kun MUKBANG 100 CABE RAWIT PAKE 72 GORENGAN SULTAN!!
863499 channel CKOONY 양념게장을 처음 먹어본 외국인 반응ㅋㅋ #shorts
836559 문복희 Eat with Boki SUB)탱글뽀독 대왕 소세지 먹방! 불닭소스 치즈소스에 듬뿍 찍어먹기 비엔나 후랑크 꿀조합 리얼사운드 Sausage Mukbang Asmr
825836 WERSOW MUKBANG Z FAUSTI! *FAUSTYNA CHCIAŁA ODEJŚĆ Z GENZIE? JEST W ZWIAZKU?*
806910 MIYU ASMR ASMR Salmon Sushi Spicy Shrimp Sashimi【Mukbang/ Eating Sounds】【English subtitles】
804252 [상윤쓰]Sangyoon 여동생이랑 엽떡 마라로제 떡볶이 먹방 🔥 (ft. 깡소주 뿌링치즈볼 뿌링핫도그 콘마요) 리얼사운드 엽떡 신메뉴 꿀조합 Mala Rosé Tteokbokki Mukbang asmr
802363 Toby Random Pink Food ASMR Mukbang 🌸🦑💋 #shorts #mukbang #asmr #eating
784238 Nita Mukbang ASMR MUKBANG EATING SHOW, Eating with Nita Mukbang ep.719, 소리좋은
781294 老高夫妇 今天你先吃吧! #หนังแอคชั่น #美食 #asmr
767034 Mukbang Bersama Bent Bikin Es Lolipop Karakter🍞 #asmr #mukbang #makanemoji #makansesuaiwarna #eskrim
756424 老高夫妇 今天这样解气不! #หนังแอคชั่น #美食 #asmr
742044 Bella Chantavy Ketika Ibu dan Anak Makan #mukbang #cardboardcraft #shorts #hayataku
741395 Hankooktasty Lunch of ordinary office workers in Korea🇰🇷pt.87 #mukbang #koreanfood #korea #foodie #yummy #food
733377 Mimi Mihol channel MAKANAN SERBA EMAS VS RASA COKLAT☺️🙏 #mukbang #eatingshow #makanes #food #challenge #funny
718803 보경 Bokyoung 요리 먹방 :)아직 안 먹어 봤어? 해물버섯구이에 떡볶이까지~(전복, 문어, 새우, 오징어, 꽃게, 팽이버섯등을 넣은 매콤한 해물찜 아니고 해물구이)
718020 Hankooktasty Lunch of ordinary office workers in Korea🇰🇷 pt.88 #mukbang #foodie #korea #korean #yummy #lunch
703658 SIO ASMR ASMR MUKBANG | 직접 만든 해물찜 대왕 킹크랩 문어 팽이 버섯 먹방 & 레시피 KING CRAB, OCTOPUS, SEAFOOD
685108 Kartonii CZY MIESZKAM Z MOIM CHŁOPAKIEM?
677220 MaddyEats CHEEEESSSYYYY RICE PAPER DUMPLINGS WITH SPICY SAUCE, CREAMY CHICKEN, SCHEZWAN NOODLES | EATING SHOW
640856 Mukbang Bersama Bent Makan Serba Jajanan Korea🇰🇷 #asmr #mukbang #makansesuaiemoji #makanankorea
639984 유유타이거_유타가족TV 사이판에서 사온 수상한 간식을 가족들에게 줬더니 ㅋㅋ
639743 Cynthia Beaumont #FURRY #ASMR #CANDY #eatingsounds #CRINGE #OHIO #MUKBANG #EATING #LOLIPOP #MOUTH #funny #asmrcandy
633041 Johnniibeanasmr Battle of the Spoons #asmr #shorts
629131 Khmer food primitive Fresh noodles #dog #eating #mukbang #eatingshow #eatingsounds #cutepetdebutplan #oh #fishcatching
606698 HUBA후바 ASMR MUKBANG BLACK BEAN NOODLES SPICY Giant BBQ Chicken EATING SOUND | HUBA 후바
598982 QUEEN BEAST When you’ve been on a diet for 3 hours 😂 #mukbang #foodie #queenbeast #eating #shorts #short
590028 Bayashi TV ASMR | Best of Bayashi Foods | MUKBANG | COOKING
585203 GONGSAM TABLE 이공삼 ASMR MUKBANG 직접 만든 해장 열라면 김밥 김치 유부초밥 먹방! RAMYEON & KIMBAP MUKBANG EATING SOUND!
582800 캐나다시골댁K-Wife 캐나다 일상-한국에서 온 장모님의 선물|수육과 파김치 먹방|가족과 함께한 첫 크리스마스
579112 老高夫妇 他是真会演!#夫妻搞笑段子 #夫妻日常 #吃货
submitted by Hayate-kun to mukbang [link] [comments]


2024.01.24 13:16 anton-rs H2H a-rs#1 Mahasiswa sepuh (sm14)

Baru nyadar ada flair 'Heart to Heart', mirip Stories From The Heart (SFTH) di kaskus kah? Jadi kepikiran buat nulis curhatan kehidupan diri sendiri. Sharing sekalian nanya2.

Siapa gue?

Mungkin beberapa udah kenal karena gue sering curhat soal masalah motivasi ngerjain skripsi. Buat yang belum tahu, kenalin gue anton, mahasiswa IT tahun ke 9. Lah kok bisa sampai 9? bukannya maksimal kuliah S1 itu 7 tahun? bener 7 tahun tapi di kampus gue boleh cuti maks 4x jadi 2 tahun tambahan tanpa bayar semesteran.

Kok bisa sampai sm14?

Skripsi, makhluk ajaib yang bisa bikin gue stuck di kehidupan sejak 2018. Udah 8x ambil skripsi, gagal 6x, 1x semester kemarin cukup lancar dan dilanjutin di sm14 ini. Gue tolol? maybe. Tapi secara akademik, gue lancar2 aja. Di semester 7 saat ambil skripsi pertama, gue harusnya udah bisa lulus semester 7 kalau skripsi selesai karena matkul udah mencukupi buat lulus. IPK juga masih ok 3.52. Tapi ga bangga juga sih, soalnya menurut gue gampang dapat IPK segitu di kampus gue, jangan bandingin sama ITB atau UI, jauh, yang udah grinding pun katanya masih sulit dapat IPK bagus disitu.

Flashback kehidupan sekolah

SD

SD ga pernah belajar di rumah tapi diikutin les ke tetangga yang udah retired jadi guru SD. Jadi di kelas pas materinya diulang, gue udah paham duluan dan sering jawab ketika gurunya nanya. 2 moment yang gue inget waktu itu ketika pak A nanya urutan peredaran darah di jantung. Materi yang diajarin minggu lalu dan diajuin pak A buat nge test aja, gue angkat tangan dan jawab bener. Temen cewek si R nyeletuk 'eh lu pinter ya masih inget aja materi minggu lalu'. Yang kedua pas pelajaran MTK dan dikasih 10 soal sehabis dikasih tahu materinya, pak P guru MTK juga bilang 'yang udah selesai boleh istirahat duluan'. Soalnya penjumlahan bilangan pecahan sehabis diajarin FPB dan KPK. Beberapa menit selesai dan gue maju mau ngumpulin ke pak P buat dikoreksi, bener semua dan saat gue mau keluar, pak P nyeletuk ke temen gue si Y yang lagi ngobrol "eh Y, jangan ngobrol mulu, langsung kerjain kayak anton biar pinter juga". Tapi sebenernya gue ga pinter2 amat sih, gue bisa karena udah belajar duluan di les2an. Udah 2x lagi, les2annya cuman 1 ruangan, angkatan gue dan 1 tingkat di atas itu digabung. Gue udah belajar duluan tahun kemarin di les2an, gampang banget jadinya. Btw model les2annya 'siapa yang nanya materi X' malam itu bahas materi X, kalau ga ada yang nanya, pak K bakal ngasih pelajaran di subjek specialitynya 'sejarah', kadang bahas sejarah folklore kayak cerita2 candi, ken arok, atau cerita2 perjuangan kemerdekaan.
IDK why I'm still remember that 2 moments lol.

SMP

Pas lulus SD dapat nilai UN bagus dan bisa masuk SMP favorit. Kebetulan SMP 1 lokasinya di desa gue jadi bisa sepedaan karena deket dengan rumah. SMP berikutnya, SMP 2 punya jarak lokasi 8KM an. Tapi udah expected sih masuk SMP 1, karena di kelas 6, beberapa murid yang pinter2 dapat kelas tambahan buat diajarin lagi supaya bisa ngasih contekan ke temen rata2 nilai UN yang bagus buat SDnya. Walaupun gue minta ke ortu buat dimasukin SMP 2 aja, karena banyak temen2 gue yang masuk situ, tapi ga dibolehin. SMP 1 sama SMP 2 selain jauh jaraknya, SMP 1 emang bener2 favorit, bahkan ada murid2 yang nge kost waktu masuk SMP situ karena rumahnya jauh banget.
Waktu SMP di kelas 7C, karena ga les lagi dan ga pernah belajar di rumah, gue jadi tolol dan dapat ranking paling bawah, rank 32 :') Semester berikutnya Alhamdulillah ada kenaikan jadi ranking 4 tapi dari paling bawah, rank 28.
Bokap guru SMP di luar pulau yang pulang cuman 1-2 minggu tiap liburan semester, akhirnya tahu gue sulit disuruh belajar, ranking bawah dan kerjaannya cuman main PC. Sejak kelas 8 di daftarin bimbel P yang mahal. Gue masih ga belajar di rumah, cuman belajar waktu les dan di kelas. Singkatnya gue jadi dapat ranking 7 dan ranking 1 waktu kelas 8 (beneran rank dari atas). Entah gue yang beneran pinter atau karena gue masuk kelas H di kelas 8. (di SMP kelasnya ada A sampai H, Kelas A dan B itu spesial / favorit, isinya murid2 yang top ranking waktu kelas 7).
Endingnya waktu SMP, gue dapat nilai UN yang cukup lumayan tapi gagal masuk SMA Favorit, udah DP kost2an padahal :')

SMA

Karena gagal masuk SMA 1 G, SMA favorit sekabupaten (jauh tapi ga jauh2 banget), mau ambil SMA Favorit yang di kota juga males karena jauh banget. Akhirnya masuk SMA 1 P yang cukup OK dan ga jauh2 banget, 15m motoran. Ada sih SMA 1 C yang deket rumah tapi waktu itu SMA 1 P secara umum masih lebih bagus katanya. Tapi 1 hal yang bikin nyesek, ternyata di SMA 1 C mata pelajaran ekstranya ada 'bahasa jepang' :') Baru tahu yang namanya anime kelas 12 soalnya, jadi ga ambil pertimbangan mata pelajaran ekstra waktu milih SMA.
Btw info tambahan 'si R temen SD gue'. Dia masuk SMP 1 C juga, sama kayak gue dan dia ada di kelas A / B (kelas favorit). Dan waktu Kelas 9, Kelas A dan B kayak di spread gitu dan gue sekelas lagi sama si R (ga deket sih sama R tapi dia fun, keren, aktif dan sering ketawa anaknya, seinget gue). Pas SMA dia masuk SMA Favorit yang di kota, kelas akselerasi, jadi 2 tahun aja SMAnya, kalau ga salah lagi, dia kuliah HI tapi ga tahu sih, karena ga deket juga.
Tapi ada twist waktu gue masuk SMA, bokap gue juga masuk SMA 1 P di tahun yang sama bareng gue. "Hah, bokap lu masuk SMA?", iya, setelah perjuangan bertahun2 buat ngurus pindah PNS, bokap gue akhirnya berhasil balik ke rumah, btw gue tinggal ama 'mbah uti' (nenek dari bokap).
Satu hal yang beda dari sekolah favorit dan sekolah biasa. Rasa kompetisi waktu di SMP ilang aja gitu dan sekolahnya ga nge enforce murid2nya buat saling kompeitisi (bukan berarti jelek tapi beda aja). Selain nemu hobi baru nonton anime. Gue jadi corrupted sewaktu ujian semester kelas 10 dan sebangku sama kating cwk kelas 11. Contekan. Hal tabu yang ga pernah gue lakuin waktu SMP kecuali pas UN. Zaman itu, 3 hari UN masih jadi penentu lulus ngganya murid.
Karena temen2 kelas waktu itu majority juga pakai contekan dan gue orangnya manipulateable. Gue ikutan punya kebiasaan nyontek, waktu test mingguan, ujian tengah semester dan ujian. Tapi lucunya, gue masih dapat ranking waktu SMA. Bukan karena gue bener2 paham materinya kayak waktu SMP, tapi mungkin karena gue kelihatan pinter, komputer guy (udah bisa ngetik 10 jari dan udah biasa pakai google di daily life dengan HP Nokia 5130XM yang gue pakai selama 9 tahun, dari masuk SMP sampai lulus SMA), dari SMP favorit juga dan anaknya tipikal anak polos baik2 gitu. Dan gue baru tahu ternyata bokap di awal sering nanyain guru2 gue sehabis ujian "eh si anton gimana nilainya? ooh gitu ya, kok bisa segitu nilainya? dll". Mungkin guru2 lain merasa terganggu dan males jawabanya? lol, gue juga bukan siswa bermasalah jadi di bagus2in aja nilainya?. Tapi ada 1 temen seangkatan juga yang ibunya udah lama ngajar di situ tapi ga ranking. Jadi ngga tahu sih, ini pengaruh bokap atau bukan.
Skip ke akhir kelas 12.
Karena gue dikenal pinter, nilai bagus2 dan temen2 sering minta contekan PR karena gue hampir selalu ngerjain (udah manfaatin google buat belajar dan nugas sejak SMP kelas 8, masih banyak yang belum terbiasa nge google sih dulu). Banyak yang expect gue bakal dapai nilai UN bagus di SMA. Tapi... gue kenal DotA2 di kelas 12. Masa-masa yang seharusnya gue pakai buat grinding belajar UN, ngejar ketertinggalan materi. Parahnya lagi gue begadang main DotA2 sewaktu UN dan kena flu, jadi ngerjain harus sambil hati2 ada cairan yang netes dari hidung ke kertas UN.
Akhirnya gue ngecewain banyak orang, gue ga ambil pusing karena di angkatan gue waktu itu, persyaratan lulus atau tidak udah diserahin ke sekolah, bukan karena nilai UN. Karena info UN ga menentukan kelulusan itu, gue commit buat berhenti pakai contekan dan kembali ke jalan yang lurus. Tapi karena nilai UN yang jelek, udah expect juga ga bakal keterima jalur undangan ke pilihan 1 ITS. Sejak kelas 11 udah tahu juga mau ambil jurusan IT, sempet install android studio dan nyicip java dikit pas kelas 12 tapi karena DotA2, sekedar nyicip aja, nyarinya malah tutorial DotA2 di dotaallstars.
Karena jalur undangan gagal, akhirnya coba jalur mandiri di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) karena tanggal testnya lebih dulu dibandingin jalur tulis umum masuk PTN (SBMPTN waktu itu namanya). Karena PENS jalur mandirinya duluan, akreditasi di jurusan komputernya ok, ga terlalu jauh dan ga kemahalan kayak Universitas Surabaya (UBAYA) waktu itu. Sedihnya yang diterima waktu itu 12 dan gue nomor 13nya. Padahal kalau diterima, gue punya waktu jauh lebih banyak main DotA2 sambil nunggu masuk kuliah. Karena ga lolos, akhirnya grinding materi2 SBMPTN lagi lewat langganan bulanan di Zenius dan les offline di bimbel P. Karena ragu dan takut ga lolos kalau ambil ITS di pilihan 1 SBMPTN, akhirnya milih di PTN yang ok juga dan nerima mahasiswa banyak buat jurusan komputernya tapi bukan di surabaya.
Eh ternyata lolos, Alhamdulillah jadi ga perlu ngeluarin duit banyak buat jalur mandiri, tapi keluarnya kok sulit ya ... udah 9 tahun :')
Tapi harusnya lulus sih di sm14 ini, tinggal benerin laporan skripsi yang salah2. Aplikasi udah OK tapi mungkin gue improve lagi kalau ada waktu setelah nulis laporan (optional).

Life is good :D

Awalnya sebelum nulis panjang lebar itu, mau fokus ke bagian ini Life is good. Walaupun gue S1 9 tahun, gue happy2 aja. Kayaknya gue bakal bahagia tetep bahagia selama gue masih bisa duduk depan komputer, ada internet, punya atap atau numpang di rumah ortu dan punya duit buat makan besok.
Laptop spek pas2an, internet ga kenceng2 amat, atap walau hanya kost2an, nasi masak, dengan duit makan sekedar sayur 3k + 2k gorengan dan sekali2 makan hedon pakai gofood nunggu promo. Life is good. 5 tahun lagi gue masih gini juga bodo amat, tapi dalam 5 tahun skill2 gue pasti lebih jago. Rejeki halal juga udah diatur dan ga akan kemana. Gue juga ga bakal mati sebelum semua rezeki yang ditakdirkan buat gue dikasih Tuhan.
Quotes dari islam yang bikin gue ga khawatir di umur 26 baru lulus S1.
submitted by anton-rs to indonesia [link] [comments]


2024.01.21 09:56 Soggy-Cockroach9421 Perspektif Komprehensif Pengurusan Hidup Wanita dalam Batasan Islam

Perspektif Komprehensif Pengurusan Hidup Wanita dalam Batasan Islam
Dalam bidang ajaran Islam, Quran dan Hadith menyediakan kerangka holistik bagi wanita untuk menjalani kehidupan, merangkumi tanggungjawab keluarga, membesarkan anak, dan pekerjaan. Artikel ini menggali panduan yang ditawarkan oleh kitab suci Islam, mengambil inspirasi dari kehidupan perniaga wanita pada zaman Nabi Muhammad SAW.
https://preview.redd.it/pp2co9wqardc1.png?width=1280&format=png&auto=webp&s=fb594c8fef55a34d7561a5842a02ac21105d0886

Asas dalam Hikmah Quran:

1. Keluarga sebagai Asas:

Ayat-ayat Quran menekankan kepentingan utama kehidupan keluarga. Menyeimbangkan aspirasi profesional dengan tugas berkeluarga menjadi kewajiban yang suci, dengan keluarga berfungsi sebagai tapak asas kehidupan wanita.
Quran 30:21: "Dan di antara tanda-tanda (kebesaran-Nya) ialah Dia menciptakan untukmu pasangan hidup dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antara kamu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir."

2. Memupuk Masa Depan:

Quran menekankan peranan ibu dalam membesarkan generasi seterusnya. Ia menekankan impak mendalam yang ibu miliki terhadap perkembangan moral dan rohani anak-anak mereka.
Quran 31:14: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada ibu bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyusukannya dalam dua tahun. Bersyukurlah kamu kepada-Ku dan kepada ibu bapamu, hanya kepada-Kulah kembali kamu."

Panduan dari Hadith:

1. Sokongan Nabi Muhammad terhadap Peranan Wanita:

Hadith menceritakan situasi di mana Nabi Muhammad SAW menyokong dan mendorong wanita dalam pelbagai peranan, termasuk usaha perniagaan. Beliau mengakui dan menghargai sumbangan mereka kepada masyarakat.
Diceritakan oleh Aisha (RA): "Nabi (SAW) biasa memperbaiki kasutnya sendiri, menjahit pakaiannya dan menjalankan tugas rumah tangga. Beliau tidak menolak untuk terlibat dalam tanggungjawab domestik." Rujukan Hadith: Sahih Bukhari, Buku 8, Hadith 116

2. Amalan Perniagaan Beretika:

Hadith juga menekankan urusniaga beretika yang sepatutnya mengawal kehidupan profesional wanita. Integriti, kejujuran, dan urusniaga yang adil adalah sifat-sifat yang ditekankan dalam menjalankan urusan perniagaan.
Diceritakan oleh Abdullah ibn Umar (RA): "Para pedagang akan dibangkitkan pada Hari Kiamat sebagai orang-orang yang berdosa, kecuali mereka yang takut kepada Allah, jujur, dan berkata benar." Rujukan Hadith: Sunan Ibn Majah, Buku 22, Hadith 218

Pengajaran dari Kehidupan Perniaga Wanita:

1. Khadijah bint Khuwaylid (RA):

Khadijah, isteri terkemuka Nabi Muhammad SAW, adalah seorang perniaga wanita berjaya yang terkenal dengan kecerdasan dan integriti. Contohnya menunjukkan bahawa wanita boleh cemerlang dalam bidang profesional sambil mengekalkan asas keluarga yang kukuh.

2. Umm Salamah (RA):

Umm Salamah, seorang sahabat terhormat Nabi Muhammad SAW, secara aktif terlibat dalam aktiviti perniagaan. Hidupnya menggambarkan keserasian kerjaya yang berjaya dengan tanggungjawab keluarga yang memuaskan.

"Roadmap" Terperinci untuk Pengurusan Hidup Wanita dalam Islam:

  1. Tetapkan Keutamaan yang Jelas: Mulakan dengan mengenal pasti dan memberi keutamaan kepada nilai-nilai utama, meletakkan keluarga dan kewajipan agama di barisan hadapan.
  2. Pengurusan Masa: Peruntukkan masa yang ditetapkan untuk setiap aspek kehidupan, memastikan komitmen profesional tidak merosakkan tugas keluarga atau keagamaan.
  3. Cari Ilmu: Sentiasa berusaha untuk meningkatkan pengetahuan agama dan profesional untuk melalui cabaran hidup dengan hikmah.
  4. Tingkah Laku Beretika dalam Kehidupan Profesional: Pertahankan standard tertinggi kejujuran, integriti, dan keadilan dalam semua urusan perniagaan, sejajar dengan prinsip-prinsip Islam.
  5. Melibatkan Keluarga dalam Usaha Profesional: Apabila mungkin, melibatkan ahli keluarga dalam aktiviti perniagaan untuk membina persekitaran sokongan dan berkongsi tanggungjawab.
  6. Fleksibiliti: Bersedia untuk menyesuaikan diri dengan perubahan keadaan, mencari panduan dari prinsip-prinsip Islam.
  7. Sentiada bermuhasabah dan bertaubat: Selalu merenungkan tindakan sendiri dan memohon ampun untuk sebarang kekurangan, memahami bahawa taubat yang ikhlas adalah aspek penting dalam pertumbuhan rohaniah.
  8. Sokongan Komuniti: Membangunkan rangkaian komuniti yang menyokong, berinteraksi dengan individu yang sefikiran yang berkongsi nilai-nilai yang sama dan boleh memberikan panduan dan dorongan.

Kesimpulan:

Pada asasnya, ajaran Islam menyediakan panduan komprehensif bagi wanita, menekankan integrasi harmoni kehidupan berkeluarga, membesarkan anak, dan usaha profesional. Contoh-contoh wanita terkemuka dari zaman Nabi Muhammad SAW menjadi sumber inspirasi, menunjukkan bahawa kejayaan dalam bidang peribadi dan profesional dapat dicapai dalam rangka nilai-nilai Islam. Menyeimbangkan peranan ini memerlukan kesungguhan, tingkah laku beretika, dan komitmen kepada prinsip-prinsip yang terkandung dalam Quran dan Hadith.

Artikel ini ditulis oleh Mohd Hamid dan telah diterjemahkan ke Bahasa Melayu.
Artikel asal https://www.linkedin.com/pulse/comprehensive-perspective-womens-life-management-within-mohd-hamid-8kmxc%3FtrackingId=wB83WNMASEmMbvm%252BpvSORw%253D%253D/?trackingId=wB83WNMASEmMbvm%2BpvSORw%3D%3D

submitted by Soggy-Cockroach9421 to jannahcircle [link] [comments]


2024.01.18 05:04 Saria_Hojou Curhat Tentang Masalah Anak Kuliahan

Halo ges, gue pengen curhat nih. gue udah bingung mau curhat dimana lagi wkwkwk karena gue juga bodo soal hal yang kaya begini.
Jadi gua punya masalah tentang adiknya doi gue, maaf sebelumnya karena mungkin bakal panjang dan tidak terlalu rapi.
Jadi doi gue punya adik cowok, dia kuliah di salah satu PT Swasta di Bandung. Dia kuliah di tahun 2019 dimana ketika itu perkuliahan masih offline normal dan so far no problem selama 2 semester, bahkan si adek ini cukup aktif ikut UKM di masa masa ini. Tapi masalah mulai ketika COVID datang dan kelas online dimulai.

Jadi pas semester 3 adeknya doi gue ini mulai kebingungan dan kesulitan buat tanya" ke siapapun, karena adeknya itu err gue gatau apakah ini introvert, ansos, pemalu parah atau apa intinya setahun dia kuliah dia belon punya temen yang menurut dia cukup dekat, diperparah lagi oleh dia yang susah untuk berbaur dan butuh waktu yang lama untuk bisa akrab sama orang, jadi di masa ini dia frustasi dan stop total buat lanjutin kuliah, either itu ngerjain tugas ataupun sekedar absensi sekalipun.

Masalahnya lagi, ini anak orangnya bener" tertutup dan gak mau jujur even sama Ibu ( ayahnya udah nggak ada BTW) dan Kakaknya (doi gue). jadi baru ketahuan setelah 2 tahun dari 2021-2022 bahwa nilai dia untuk semester 3-6 kosong semua dan tidak lulus, tapi selama itu dia bilang bahwa dia selalu kuliah. Setelah ketahuan itu tentu saja ibunya Shock, dan dia nanya apakah mau lanjut kuliah atau enggak, dia jawabnya mau.

Another problem, karena dia memiliki sifat yang sudah gue jelaskan sebelumnya, dia punya kesulitan komunikasi dan berbaur dengan adik tingkat yang sekarang seangkatan sama dia, jadi dia sering bilang suka ngerasa sendirian dan kesepian. Tapi doi gue dan ibunya menekankan bahwa ini konsekuensi dari kesalahan dia 2 tahun lalu. Jadi sampai sekarang dia masih ogah ogahan dengan alasan sulit beradaptasi, dan ada suatu saat dia pernah telat ngumpulin tugas di salah satu dosen lalu disuruh ngulang.

FYI adeknya doi gue ini udah sering ke psikiater tapi ya sampe searang masih gini gini aja, sampai dititik Ibu dan doi gue capek marahin dia, bahkan kemaren doi gue bilang ke adiknya " Lu mau insyaf nungguin ibu Mati atau gimana?"

Sekian curgatan gue ges, mungkin ada yang punya pengalaman dengan masalah serupa? kindly wait for any comment/ answe solution
Thank you
submitted by Saria_Hojou to indonesia [link] [comments]


2024.01.09 12:23 zenonidenoni 'Dia' ketuk tiga kali, lepas tu pulas tombol

'Dia' ketuk tiga kali, lepas tu pulas tombol
Kuala Pilah: "Selepas tiga kali pintu diketuk, terdengar tombol pintu pula dipulas. Ia betul-betul dekat dengan tempat saya tidur dan dapat dengar dengan jelas," kata Nafisah Mohd Sahabuddin, 38, penduduk Kampung Kepis Ulu, di sini. Nafisah berkata, kejadian berlaku pada 3.50 pagi Ahad lalu ketika dia sedang tidur bersama nenek dan anak perempuanya, 10.
"Selepas dengar ketukan dan tombol pintu dipulas, saya terus bangun dan buka lampu namun tidak berani untuk buka pintu kerana bimbang jika ada perkara yang tidak diingini berlaku.
Saya kemudiannya meninjau melalui tingkap, namun tidak nampak sebarang kelibat. Selepas itu saya memang tidak dapat tidur sebelum ibu yang tidur di bilik lain terjaga jam 4.30 pagi dan bertanya apa yang terjadi," katanya ketika ditemui, malam tadi.
Jelasnya lagi, kira-kira 6 pagi, dia dan ibunya keluar meninjau keadaan di luar rumah berhampiran pintu itu, namun tidak menemui sebarang jejak atau kesan manusia.
"Jika ada orang datang ke rumah memang akan ada jejak kaki kerana keadaan di hadapan rumah becak selepas hujan pada malam kejadian. Saya difahamkan kejadian sama berlaku di dua rumah lain pada malam sama," katanya.
"Setakat malam tadi, kami difahamkan sudah 16 rumah yang mengalami kejadian sama. Jadi, bagi menenangkan penduduk kampung dan dalam masa sama bagi mengelak kejadian tidak diingini berlaku kami meminta kerjasama anak muda di kampung ini untuk melakukan rondaan.
"Kami juga meminta pihak masjid dan surau untuk membuat bacaan Yasin selama tiga malam berturut-turut. Kami sendiri tidak tahu apa yang menggangu penduduk, jadi dengan inisiatif ini sedikit sebanyak membantu meredakan kegelisahan mereka," katanya.
Tambahnya, apa yang menghairankan, sebaik menerima maklumat gangguan menerusia kumpulan Whatsapp, peronda bergegas ke lokasi, namun selepas disiasat memang tidak menemui apa-apa bukti atau kesan kehadiran manusia.
submitted by zenonidenoni to malaysia [link] [comments]


2024.01.01 01:35 sophiesticatedshelly Ngajarin anak bahasa indo

Minta saran komodo, kalo anak blesteran masih baby, kudu ngapain ane biar dia kaga lupa ama bahasa ibunya? Mo order banyak buku indo pas ortu visit ane tapi gimana caranya biar dia ga lupa kultur ibunya ya? Ane di polandia ni
submitted by sophiesticatedshelly to indonesia [link] [comments]


http://rodzice.org/