Contoh novel terjemahan

Tuah & Tuha

2024.05.15 06:37 Danielfaris2001 Tuah & Tuha

Tuah & Tuha
Memperkenalkan Hilal Asyraf, seorang penulis novel terkenal Malaysia dengan karya fiksyen ternama beliau Nirnama: The Nameless Warrior terbitan 2023 (terjemahan versi Inggeris Nirnama 2021). Mengumpulkan pelbagai watak legenda Nusantara dalam sebuah novel di samping perjalanan watak utama, Nirnama dalam melawan pemerintah jahat dan penyihir di Tanah Semenanjung semasa era Kesultanan Melaka.
submitted by Danielfaris2001 to Ajar_Malaysia [link] [comments]


2024.04.19 13:28 GalluZ Kata-Kata Pepatah di Bahasa Kalian

Aku lagi nyari inspirasi buat bikin poster-poster kata-kata pepatah/inspiratif/quotes, rencananya mau dipasang di sekolahku untuk memperkaya teks. Target utamaku Bahasa Madura sama Bahasa Jawa, tapi kalo ada yang mau berbagi juga dipersilakan (sama terjemahan dan makna Bahasa Indonesianya ya :D)
Contoh paling gampang:
Tong kosong nyaring bunyinya = Orang yang tidak berilmu (kosong) itu yang bicaranya paling banyak (nyaring)
submitted by GalluZ to indonesia [link] [comments]


2024.04.16 09:26 sumpitsakit Buat yang kerja di industri penerbitan/penerjemahan buku, adakah aturan/panduan dari perusahaan dalam menerjemahkan buku? Atau versi yang diterbitkan tergantung keputusan editor?

Buat yang kerja di industri penerbitan/penerjemahan buku, adakah aturan/panduan dari perusahaan dalam menerjemahkan buku? Atau versi yang diterbitkan tergantung keputusan editor? submitted by sumpitsakit to ondonesia [link] [comments]


2024.04.16 09:21 Previous_Knowledge91 Buat yang kerja di industri penerbitan/penerjemahan buku, adakah aturan/panduan dari perusahaan dalam menerjemahkan buku? Atau versi yang diterbitkan tergantung keputusan editor?

Buat yang kerja di industri penerbitan/penerjemahan buku, adakah aturan/panduan dari perusahaan dalam menerjemahkan buku? Atau versi yang diterbitkan tergantung keputusan editor? submitted by Previous_Knowledge91 to indonesia [link] [comments]


2024.04.04 20:35 WhyHowForWhat Nyokap gua dan kebiasaan dia buat mindah2in barang, apa hanya nyokap gua saja yang lakuin itu?

Gua tiap balik ke Jakarta menyadari makin lama barang2 gua makin pindah tempatnya. Ok deh kalo misalnya dia info in ke gua letaknya dmn, ini masalahnya dia suka mindahin tanpa sepengetahuan gua dah gt ga pernah di info letak spesifik barangnya itu dmn. Contoh aja deh ini barusan kejadian gua sama adek gua (dia kerja pramugari jd jarang pulang) kebingungan karena letak handuk aja udh berubah. Itu baru handuk, blm baju2 gua, tas loreng2 gua yang isinya koin2 termasuk koin2 luar negeri dan kacamata gua dll.
Yang bikin gua deg2an sbnrnya itu buku2 gua bermacam2 dr komik, novel, dsb. You see, gua dari dulu suka membaca, jadi gua suka beli buku fisik. Tambah lg tante gua nurunin komik2 dia ke gua (komik2 lama btw kayak komik Sailor Moon) jadi gua punya buku banyak banget. Sebagian emang salah gua ya karena gua suka kececer naro bukunya tapi gua nyadar makin lama buku2 punya gua posisinya makin geser entah kemana. Gua tau harusnya ada di dus mana gt cmn masalahnya gaada 1 orang pun yang inisiatif kasih tau gua letak dus isi buku2 gua dmn. Mrk bilang buku gua dipindahin ke dus tapi masalahnya gua gatau wujud dusnya kayak mana anjir gua takut. Tolong doakan semoga buku2 gua aman, karena banyak buku2 tua jg yang ilang, including City Hunter dan Fist of the North Star yang versi jadul banget. Please please please gua udh pasrah sama barang gua yang lain, gua cmn mau buku gua diamankan aja. Mana rumah Jakarta sudah ada plang dijual, gmn gua kgk ketar ketir?
Needless to say, I think some of my books might be lost and I will hate myself for it. Kalo pun gua lebih hati2 dalam naro buku gua, apa gunanya jg kalo ujung2nya itu buku bisa dipindahin terus letaknya pada gatau. Ya Allah semoga besok ketemu buku2 gua, gua udh negative thinking gini gara2 trauma barang2 gua bisa pindah tempat abis itu gatau kemana......
edit: Baru dpt kabar kalo buku gua entah dmn tempatnya karena gudang naro buku2 gua sudah penuh barang2 dia. This means war, Idc kalo dia berojolin gua, book is one of the most important thing in my life. Sekarang rasanya pengen gua bakar barang2 dia biar dia paham semarah apa gua.
edit 2: Gua ke gudang cek posisi gmn, dus isi komik gua yang dulu gaada dan gua harus going through barang2 orang. Ya Allah, tolong kasih gua kekuatan biar gua besok ga ngamuk2 kayak orang gila.
submitted by WhyHowForWhat to indonesia [link] [comments]


2024.03.30 09:57 WhyHowForWhat Apakah ada saat ketika novel dan komik hasil terjemahan unofficial atau MTL bisa lebih bagus (seluruhnya atau pada aspek tertentu) daripada official translation?

Emang sih in theory terjemahan official itu biasanya lebih bagus dari unofficial. Ambil contoh dulu ada terjemahan unofficial novel Cry Even Better if You Beg bahasa inggris (udah di takedown, padhal itu dulu lengkap ada audio drama segala) rupanya di unofficial versionnya ada indikasi kalo translatenya itu lebih ngikut hati sehingga sudah menjurus ke fan TL. Itu jg tuh yang bikin gua langsung ke versi aslinya di novel ini.
Nah dari pengalaman di atas, gua ngebanding2in translate novel My Body Has Been Possessed By Someone official di Radish (ada juga di Tapas tapi kena region block) sama yang unofficial. Padahal yang unofficial itu MTL (keknya pake MTL google deh ini sama kurang proofread aja) dan banyak translate yang salah, cmn gatau kenapa ada aspek yang gua lebih prefer unofficialnya. Salah satunya adalah cara Kallen manggil Kanna. Di official dirubah dari yang dia suka manggil sister jadi ke nama asli dia (ini gua liatnya di chapter 154-156 gitu ya), sedangkan yang unofficial ttp dibikin dia manggil Kanna itu "sister". Gua pribadi lebih setuju kalo Kallen manggil Kanna "sister" daripada Kanna, karena disini konteksnya si Kallen itu udh tergila2 yandere obsesi parah sama Kanna sampe2 udh kayak muja dia, manggil Kanna pake nama aslinya itu rasanya ga nyambung. Masih nyambung kalo Orsini manggil Kanna pake nama aslinya karena Orsini sendiri tsundere akut yang susah mau ngakuin perasaan dia. Gua kurang paham kenapa dirubah panggilan nya, mungkin editor localization nya pengen soften the blow or smt. Yang jelas, gua ga setuju sama pilihan mereka.
Nah apakah ada pengalaman yang mirip sama gua?
Btw MTL google udh bagus ya skrg. Ada yang tau MTL bagus yang mana selain google buat translate Korean? Berbayar pun (asal ga mahal2 banget) jg gpp.
submitted by WhyHowForWhat to indowibu [link] [comments]


2024.03.21 04:29 budkalon Jika kalian bisa mengubah/menambah/mengurangi fitur dalam bahasa Indonesia, maka fitur apakah itu?

Basically, apakah ada fitur dalam bahasa Indonesia yang ingin komodos ubah atau bahkan hilangkan? Atau apakah ada fitur yang ingin komodos tambahkan? Misal, ingin menambahkan grammatical gender, noun mark, atau sebagainya. Bisa juga soal aksara dll.
BTW, ini masuknya hanya thought experiment, ya
Tidak perlu sangat realistis atau berdampak besar, sih. Pertanyaan ini saya ajukan karena kebetulan saya sedang menggarap basareka (bahasa buatan, conlang) yang berbasiskan bahasa Indonesia (versi baku dan beberapa ragam dialek daerah) berlatarkan tahun 2500+ masehi, dan butuh inspirasi untuk beberapa cabang bahasanya. Sejauh ini udah ada beberapa hal yang saya utak-atik sih:
Contoh kalimat dalam basareka ini:
Aban, vakto dumiliko nalam sadī, dudaheptako bot tagalamko? Akaza malam doro dalam banat, gavagola kalo malagoko do kalo ana nayarko ado bedan mayam. 
Terjemahan: "Tuan, ketika Anda memutuskan untuk menyelam sendiri, siapkah Anda untuk tenggelam? Angkasa malam adalah tempat yang sangat dalam, tidak bijaklah apabila Anda melakukan itu jika hanya untuk mengejar satu bintang temaram."
Cuman, kayaknya bakal lebih imersif aja kalo dapet input dari pengguna bahasa Indonesia lain wkwk. Kalau bisa menduga, kayaknya sistem tenses semacaman yang ada dalam bahasa Inggris bakal muncul, tapi kali aja ada fitur lain yang belum pernah terpikirkan muncul juga.
submitted by budkalon to indonesia [link] [comments]


2024.03.06 07:58 WhyHowForWhat Ada yang tau grup fan translator, akun wattpad, grup telegram dll yang berfungsi buat terjemahin novel Korea ga?

Gua cek wattpad banyak rupanya novel korea yang udh selesai di TL ke Indonesia tapi blm selesai di TL ke inggris. Masalahnya udh banyak akun yang kena apus isi terjemahannya sptnya dan gua telat banget buat nge archive hasil terjemahan mrk. Barang kali ada yang bisa bantu? Ini gua ada sedikit sih akun wattpad yang gua tau tapi gua yakin gua masih banyak yang ga ketemu. Kalo takut ngeshare disini, DM gua aja gpp please gua udh ga sabaran, bayar (terjangkau) pun gpp :(
submitted by WhyHowForWhat to indowibu [link] [comments]


2023.11.29 14:34 WhyHowForWhat Review "ripper" tapas.io dan info lainnya berkaitan dengan membaca novel di aplikasi

Berkat u/yusnandaP , gua ketemu semacam "ripper" kayak lncrawl (script buat download novel di website illegal). Gua kebetulan pengen dapetin novel I Made a Deal With a Devil dengan cara yang lebih efisien dan lebih cepet (minimal gua pengen ambil episode yang kebuka wuf aja gt 1 1). Tadi udah dicoba, sial yang ke lock kgk masuk ke epub kelar di tarik ma programnya, malah yang ga ke lock aja masih bisa bolong2 jadi ya mau ga mau kalau tapas harus manual. Untuk skrg di tapas ini gua ga berani save di htm karena ada pop out "chapter berlaku selama 72 jam" walopun offline jadi ya gua stuck antara save webpage nya jadi .txt (walopun susah dibaca) ato ga ya ke sejda (bisa convert bulk link webpage ke file pdf, ada limitnya disitu diperhatikan banget). Ada saran lain? File .htm nya blm gua hapus, penasaran kelar 3 hari bakal kek mana isi file .htm nya.
Bagi yang hobinya mondar mandir Novelupdate, baca novel MTL pun jadi dan suka "mendokumentasikan" novel terjemahan, bagaimana metode kalian nge save novel? Makin jalan waktu makin macem2 caranya sih gua, beneran gabisa pake 1 cara aja karena ada cara yang lebih bagus dan lebih efisien. 1 website bisa aja pake semua cara tapi website B misalnya hanya bisa pake cara C jadi ya ini gua banyak2 try and error juga. Ada yang tertarik gua bikinin turtorial nya? Gua ga janji cpt2 bikin dan nunggu gua mood sih sebenernya sama biar kgk keseringan mikir yang jorok2.
Btw, ini Yonder lagi free coin dengan subscribe title tertentu dpt total 200 coin per bulan, terus lg ada event baca 1 title tertentu 8 episode dpt 30 coin (ada 2 title skrg). Kalo mau nyoba Yonder gua sarankan skrg, selain lu dpt sekitar 260 coin, nanti pas ganti bulan seharusnya kalo Yonder masih murah hati event 200 coin nya masih jalan. Gua baca Yonder karena title Korea nya banyak sih, ya paling bikin aja akun banyak2. Saran gua adalah kalo ketemu series yang lu suka, jangan beli chapternya di 1 tempat, lu pecah per akun belinya 15 chapter. Why begitu cara belinya? Selain lu bisa ngebut baca nya (1 hari 1 free chapter daily, 3 akun brt bisa 3 kali baca), kalo ada event berkaitan dengan novel favorit lu, lumayan tuh 1 akun dapat free sekitar 200 coin setiap baca 20 chapter dalam durasi tertentu (termasuk pake daily pass, biasanya 5 chapter pertama free). Beware, baca disclaimer buku nya misal free daily pass nya ampe kapan dan berapa chapter terakhir yang ga bisa dibeli pake daily pass (apalagi kalo udh end). Free coinnya jg bisa expire loh so hati2 aja. Selalu pantau novel aslinya endingnya bakal di berapa chapter biar lu pada planning beli chapter nya bisa buku, I slip up di salah satu novel dan mau gamau gua cmn bisa maju :)
Di Yonder banyak Hidden Gem yang NovelUpdate dan komunitas mrk aja luput buat masukin ke daftar mereka. Misalnya:
Conquering My Own Horror Novel by Kim Boram, lel yang ini gua belum bikin review buku jadi kalo ada yang mau nanya, silahkan tanya (masih blm mood kelarin buku nya walopun dah kelar).
By day, Ji-an Ha is an unassuming high school teacher—but by night, she's South Korea's top horror novelist writing runaway bestsellers of the Endless Night series. But behind her tough-sounding pen name, Ed Scar, Ji-an is actually a coward who is constantly scared by everything. Her worst fears come true when a used keyboard that she orders online somehow brings everything she writes to life, including her own original character Hades, an unhinged serial killer who ruthlessly hunts down criminals.
Love Affair by Yujin Lee, link review buku dari gua
Just how far will Seonu go to solve the mystery of her brother's death? What is she willing to let her boss, Mundo, do to her body if there's any chance it could bring her closer to the truth?
Seonu's life fell apart when her younger brother, Minu, died while working part time at a night club. Though the details were covered up, Seonu discovers that the incident was connected to the club's VIP room booked by Yura Seo, a Seoul socialite well-known for her drug-fueled lifestyle. Yura is also the youngest daughter of the elderly chairman of Seodo, an international conglomerate. Seonu, who works at a ballet academy, finds out that Yura is hiring a live-in personal trainer. So she decides she'll apply for the job, hoping that working there will allow her to get clues to her brother's death. During the interview, she meets Seodo's Managing Director Mundo Seo: the man who will end up being Seonu's boss and much, much more. Buckle in for this riveting, heart-wrenching romantic thriller.
WARNING: This story contains profanity and depictions of substance abuse, suicide, and self-harm that may be upsetting for some readers.
Midnight Cinderella by Baekwoosi review buku nya
It was supposed to be the wedding of the century. That is, until the bride disappears, leaving only one shoes behind.
A real-life Cinderella, Yeongwon Shin has given up on finding her Prince Charming―until she encounters the Hanshin heir, Juyang Jin. Dangerous but powerful, Juyang provides Yeongwon an opportunity to exact revenge on her wiched stepmother and stepsisters; however, the more he falls for the wretched woman, the more he discovers about the twisted truths behind Yeongwon's family affairs. In the midst of secrets, betrayals, and lies, will Juyang be able to find his bride and live happily ever after?
Content warning: This story contains depictions of violence, abuse, sexual assault, and suicide that may be upsetting for some readers. Viewer discretion is advised.
Fyuh jadi panjang, kalo ada pertanyaan jangan sungkan bertanya~~
Edit: Sejda gabisa save html page tapas io yang page nya yang perlu di unlock. Sepertinya gua ga perlu cek di chapter yang udah ke unlock dari awal.
submitted by WhyHowForWhat to indowibu [link] [comments]


2023.10.28 09:01 One_Ad434 QQ AI Anime: Layanan AI yang Dapat Mengubah Foto Anda Menjadi Karakter Anime

QQ AI Anime adalah layanan dari China yang dapat mengubah foto Anda menjadi karakter anime. Layanan ini menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menganalisis foto Anda dan kemudian membuat gambar anime yang mirip dengan Anda. QQ AI Anime telah menjadi viral di Indonesia karena hasil yang dihasilkan sangat realistis dan akurat.
Untuk menggunakan QQ AI Anime, Anda hanya perlu mengunggah foto Anda ke situs web mereka. Setelah itu, AI akan secara otomatis menganalisis foto Anda dan membuat gambar anime. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa menit. Setelah gambar anime Anda selesai dibuat, Anda dapat mengunduhnya atau membagikannya di media sosial.
Berikut adalah langkah-langkah menggunakan QQ AI Anime:
  1. Buka situs web QQ AI Anime (h5.tu.qq.com/web/ai-2d/cartoon/index).
  2. Klik tombol "Upload" dan pilih foto yang ingin Anda ubah menjadi anime.
  3. Tunggu hingga AI menganalisis foto Anda dan membuat gambar anime.
  4. Setelah gambar anime Anda selesai dibuat, Anda dapat mengunduhnya atau membagikannya di media sosial.
QQ AI Anime masih dalam tahap pengembangan, tetapi hasil yang dihasilkan sudah sangat mengesankan. Layanan ini dapat mengubah foto Anda menjadi karakter anime dengan berbagai gaya, mulai dari anime tradisional hingga anime modern. QQ AI Anime juga dapat mengubah foto Anda menjadi karakter anime dengan berbagai pose dan ekspresi wajah.
Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan QQ AI Anime:
QQ AI Anime adalah layanan yang sangat menarik bagi para penggemar anime dan manga. Layanan ini juga dapat digunakan oleh orang-orang yang ingin membuat konten anime yang unik dan menarik.
Berikut adalah beberapa contoh penggunaan QQ AI Anime:
QQ AI Anime adalah layanan yang memiliki banyak potensi. Layanan ini masih dalam tahap pengembangan, tetapi sudah dapat menghasilkan hasil yang sangat mengesankan. Saya yakin bahwa QQ AI Anime akan semakin populer di Indonesia di masa depan.
Baca selengkapnya di : QQ AI Anime: Panduan untuk Pemula
submitted by One_Ad434 to KecerdasanBuatan [link] [comments]


2023.10.21 04:22 ShigeruAoyama Komodos who sell contents, courses, merchandises, or services for a living/to get some money, how are you holding up?

Kepikiran setelah baca tweet ini. Terutama untuk orang-orang yang jualannya di platform freelance kayak Karyakarsa, Trakteer, Sribulancer, dsb, atau yang di luar negeri. Produk dan jasanya sih macam-macam, mulai dari ilustrasi digital, terjemahan, online course, dsb. Istilahnya kamu jualan sesuatu yang kamu nggak perlu punya banyak stok atau inventory (mis jualan baju), jadi nggak perlu keluar modal besar atau khawatir barangnya nggak terjual (atau kalaupun ada jumlahnya terbatas)
My question
  1. Bagaimana kalian menentukan mau bikin apa dan cara jualnya/mau jual ke mana? Misalnya di Twitter itu dia bikin template Notion atau dia suggest novel, dsb. Kalau saya sih mikirnya memangnya ada yang beli / ada demand-nya-- dan kalau ada seberapa banyak (krn kan bisa dapat di internet scr gratis). Atau semisal kalian jualan merch anime, itu kan kalau semisal nggak di komunitas atau event pasti susah lakunya? How about you guys?
  2. Is the hassle worth the money? Like apakah effort, waktu, dan modal yg kalian invest untuk bikin produk, marketing, dsb itu seimbang dengan jumlah uang yang kalian dapatkan dari platform tsb?
  3. Kan di situs tersebut ada banyak orang menawarkan jasa serupa nah bagaimana kalian membuat diri kalian menonjol atau berbeda sehingga yang butuh milih kalian alih-alih orang lain?
  4. Last, seberapa mungkin kalian terus commit untuk menawarkan dan menjual produk-produk yang sudah kalian bikin dan pasarkan itu di masa depan?
submitted by ShigeruAoyama to indonesia [link] [comments]


2023.10.19 05:25 One_Ad434 Novel AI: AI untuk Menghasilkan Novel, Puisi, dan Kode

Novel AI adalah platform kecerdasan buatan (AI) generatif yang dapat menghasilkan teks kreatif, seperti novel, puisi, dan kode. Novel AI dikembangkan oleh NovelAI, sebuah perusahaan rintisan yang berbasis di Singapura.
Novel AI menggunakan teknologi AI untuk menganalisis pola-pola dalam teks kreatif yang besar dan beragam, seperti novel-novel populer dan kode-kode sumber terbuka. Setelah itu, Novel AI dapat menggunakan pola-pola tersebut untuk menghasilkan teks kreatif baru yang unik dan menarik.
Novel AI dapat digunakan oleh berbagai macam orang, termasuk:
Berikut adalah beberapa contoh penggunaan Novel AI:
Novel AI adalah alat yang sangat bertenaga, dan memiliki potensi untuk mengubah cara orang bekerja dan belajar. Novel AI masih dalam pengembangan, tetapi telah menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam menghasilkan teks kreatif. Saya sangat tertarik untuk melihat apa yang dapat dilakukan Novel AI di masa depan.
Baca selengkapnya di : Nextechpulse
submitted by One_Ad434 to KecerdasanBuatan [link] [comments]


2023.09.17 10:50 Rakan_Dzakwan Apa opini 'cocoklogi' atau 'tinfoil' anda tentang politik di Indonesia?

Sesuai pertanyaan, dari Komodo sendiri apa pendapat, dugaan, atau pemikiran tentang politik di Indonesia yang bersifat "cocoklogi" atau "tinfoil", opini yang mungkin dianggap tidak masuk akal, tanpa bukti dan data, yang penting liar. Komodo bisa jawab secara satir atau emang bener-bener percaya sama teori tersebut, meskipun orang lain bilang itu gak mungkin.
Contoh dari OP :
KPK itu dsri awal dibentuk udah jadi alat politik Megawati untuk menjatuhkan lawan politiknya. Orang-orang yang ditangkap karena kasus korupsi adalah orang-orang dengan haluan politik berlawanan dengan PDIP dan sekutunya. Ketika KPK dipegang oleh golongan netral seperti Novel Baswedan dan mulai menangkap orang-orang PDIP atau sekutunya, KPK langsung diacak-acak strukrur dan kepengurusannya.
Lagi-lagi, ini cuman contoh. Gak ada bukti kalo ini kejadian (ya moga-moga emang gak kejadian).
submitted by Rakan_Dzakwan to indonesia [link] [comments]


2023.06.03 10:18 WhyHowForWhat Jika suatu judul komik, novel atau animasi diperingati memiliki konten yang 'diluar nalar', apa yang akan membuat kalian tetap lanjut untuk menikmatinya dan contohnya apa?

Ada kala dimana beberapa judul literasi yang kita nikmati memiliki premis yang sangat unik sampai2 orang menganggapnya keterlaluan. Konten disini bisa merujuk kepada plot, genre atau tag dari judul yang kalian nikmati. Disini gua akan membedah sesuai genre yang gua baca skrg.
Sebagai contoh incest termasuk topik yang paling tabu dalam kehidupan namun bila topik ini dikemas dengan baik, maka akan menghasilkan konflik intrik cerita yang benar2 menarik (contoh: the Lannister fked up family). Contoh lain adalah manhwa Lady Devil dengan innuendo incest nya serta konsekuensi aksi dari tiap karakternya. This manhwa is not for the faint of heart with a heavy plot here and there. Btw gua dpt spoiler katanya manhwa nya end nya itu gantung dengan banyak unresolved conflict so gua msh nunggu apakah bakal ada side story ato engga. Kalo ada kabar kejelasan baru gua bisa mutusin mau baca secara batch ato engga.
Selain itu, age gap juga menjadi topik yang lumayan kontroversial apalg kalau sudah berhubungan dengan asmara. Manhwa/novel Marriage of Conveniance membahas tentang Female Lead dan Male Lead yang terikat dalam pernikahan kontrak dan sesuai dengan standar pada zaman itu, pernikahan antara perempuan dibawah umur dengan pria yang sudah dewasa sudah sering terjadi dengan berbagai macam alasan. Uniknya disini adalah selain cerita Otome Isekai tipikal dimana FL nya kembali lagi ke masa lalu, pengarang dengan pintarnya menjelaskan kesulitan dan alasan2 dibalik pernikahan kontrak itu yang juga mengarah kepada konflik utama, ditambah dengan narasi dari FL dan ML tentang pemikiran mereka soal pernikahan mereka berdua itu. Truth to be told, kalo eksekusi ceritanya jelek, percaya lah ini judul ga bakal banyak yang suka dan masuk ke judul2 manhwa lain yang obscure. Lalu kalau dibalik age gapnya, ada juga judul I Tamed My Ex-Husband Mad Dog yang setiap dari karakter nya itu tidak ada yang 'normal' so jangan expect jalan cerita yang cutesy2 gt kalo baca manhwa/novel ini. Cerita nya yang ini juga menarik kok dan melalui baca dikit2 spoiler, banyak plot twist yang bisa menjelaskan sifat si FL ma ML nya ini.
Selain itu ada juga genre Reverse Harem. Disini gua suka aja baca reverse harem (karena di dunia nyata pada dasarnya muasin banyak laki itu susah so let me enjoy my 2d reverse harem) yang bener2 true end game nya FL sama haremnya dia. Susah nyari yang bener2 bagus di tag ini dan gua baru nemu Men of Harem sama I Fell into Reverse Harem Game dimana 2 2 nya inu memang fokus utama ceritanya itu ke harem mereka masing2 dengan perbedaan mencolok dimana judul pertama FL nya lebih baik dalam memperlakukan haremnya dibandingkan judul ke dua yang bahkan orang yang masuk haremnya bakal nambah terus (judul 1 7 biji judul 2 lupa brp tp intinya lebih dr judul 1 dan macam2 org dan rasnya). Namun judul yang ingin gua highlight disini adalah Saintess Secret Night. Di judul 19++ ini, plotnya lumayan fked up dimana terdapat some non con here and there (ex: the goddess using FL's body to do some 'stuff' without consent), rape, bdsm, etc. Hanya saja for some weird reason, I cant look away. Rasanya akal sehat gua suka ga jalan pas baca manhwa ini and frankly enough I kind of like it in a very weird way. Ini salah satu judul yang bakal gua baca kalo gua ga pengen make otak gua aaaand gua masih nunggu kabar kapan ni manhwa lanjut :(
So in conclusion soal jawaban gua tentang konten 'diluar nalar', gua bisa nikmatin judulnya antara plot nya menarik, karakternya menarik atau plot dan karakter so fked up that gua gabisa memalingkan mata dan hasrat terdalam gua bilang kalo gua harus terus lanjut baca dan matiin akal sehat gua. Kalo penghuni disini bagaimana? Gua penasaran apalagi indowibu berasa kayak 2nd class citizen gitu di sub utama, tiap ada postingan bau wibu either disuruh posting disini atau rawan kena "not related indonesia".
submitted by WhyHowForWhat to indowibu [link] [comments]


2023.04.15 02:08 saleham5 The Invisible Man Novel by H. G. Wells Buku audio lengkap Terjemahan Indonesia

The Invisible Man Novel by H. G. Wells Buku audio lengkap Terjemahan Indonesia submitted by saleham5 to indonesian [link] [comments]


2022.12.07 16:34 ninja360r Modern problems require modern solutions

Modern problems require modern solutions submitted by ninja360r to malaysia [link] [comments]


2022.12.07 15:28 Megumins_AE86 Work smart, not hard!

Work smart, not hard! submitted by Megumins_AE86 to KidsAreFuckingStupid [link] [comments]


2022.12.07 09:48 Sexy_Body6652 Anak sapa ni ?

Anak sapa ni ? submitted by Sexy_Body6652 to Bolehland [link] [comments]


2022.06.20 03:01 ShigeruAoyama What kind of representation should be receiving wider depictions and acceptance in Indonesian mainstream media?

We get it, the depiction of same sex couple in Lightyear is controversial . Dan meskipun representasi atas variasi orientasi seksual mungkin merupakan suatu hal yang relevan dan signifikan di berbagai negara di barat, tetapi hal tersebut sepertinya kurang relevan untuk ditampilkan di negara dan budaya Indonesia, setidaknya dalam waktu dekat.
Nah gara-gara itu saya jadi kepikiran, tanpa mengesampingkan diskusi mengenai representasi LGBTQ di media, kira-kira representasi apa lagi yang dapat atau perlu dimasukkan dalam media-media Indonesia?
Beberapa di Malaysia itu merupakan contoh yg baik, contoh Upin dan Ipin memasukkan berbagai jenis representasi (Malayan, Chinese, Indian, Malay Indonesia, feminine male, academically challenged, etc)
Adapun kalau melihat di Indonesia, medianya cenderung Jakarta sentris (not even Pulau Jawa sentris). Beberapa film legendaris seperti Warkop itu sangat kental budaya Betawi dan Jakarta. Memang sih belakangan beberapa film yang mencoba mengangkat suku dan etnis lain meskipun biasanya ditampilkan dalam bentuk komedi.
Kalau dari serial, Wishnutama yang paling getol. Di trans TV misalnya, serial Bajaj Bajuri cukup diverse, karena mereka menampilkan multi etnis eg Betawi, Jawa, Arab, Batak, etc, ada Keluarga Minus yang menampilkan representasi Papua, dan di Extravaganza ada diversity berupa trans (Aming) dan juga plus sized character (Rony Dozer, Tike Priatnakusumah), terus aktor bertato macam Tora Sudiro, yang membuat tato lebih bisa diterima di masyarakat, meski tidak menampik juga bahwa representasi itu lebih cenderung stereotipikal dan bersifat komedi. Ketika si wishnutama pindah ke Net, dia juga membawa beberapa diversity, seperti Tetangga Masa Gitu, and to some degree, drama komedi The East
Kalau dari film, ada beberapa representasi etnis, misalnya Batak (Naga Bonar, Ngeri - ngeri Sedap, Jawa (Yo Wis Ben, Lara Ati), Belitung (Laskar Pelangi). Beberapa film juga memasukkan karakter yang diverse dalam satu judul. Contoh Cek Toko Sebelah juga cukup diverse karena ada karakter Chindo, Jawa, Batak. Selain itu ada juga film-film biografi dan sejarah yang sedikit banyak pasti menampilkan nilai dan budaya dari karakter tsb maupun konteks kejadian sejarah yg menyertainya. Misal film Soegija dan Sang Pencerah memberikan gagasan mengenai peran dari tokoh dari latar belakang identitas tertentu dalam sejarah Indonesia.
Diversity di media Indonesia sendiri seperti yang saya sampaikan umumnya lebih bersifat komedik, tapi ada juga beberapa film yang mengangkat mengenai identitas-identitas dan lebih bersifat serius. Contohnya identitas keagamaan versus percintaan, baik karena adanya dogma dalam percintaan sesama agama (mis Ayat-ayat Cinta dan Ave Maryam) atau karena ada beda agama (3 Hati 2 Dunia 1 Cinta dan Cin(t)a).
Kalau semisal di buku-buku atau novel mungkin ada lebih banyak lagi ya, misal representasi ateis dlm novel Atheis oleh Achdiat Karta Mihard atau representasi gay dari Supernova nya Dee lestari. Not to mention, fanfiction K Pop yg mengangkat BL (boys love) / yaoi di Wattpad dan ditulis oleh orang-orang Indonesia
Nah, menurut kalian kira-kira representasi apa yang dapat atau perlu lebih banyak ditampilkan di film dan Media Indonesia? Atau apakah film dan media di Indonesia itu sudah cukup representative dan diverse?
Kalau semisal menurut saya
  1. Agama KTP (irreligionism, atheisme, etc). Karakter ataupun film tentang karakter yang secara terbuka tidak religius itu sepertinya masih sangat jarang atau bahkan tidak ada, terutama yang plot dan endingnya adl embracing the irreligionism. Well secara teknis ada sih novel Atheis, tapi saya tidak bisa memikirkan judul lain yang membahas mengenai irreligionism. Meski saya kayaknya merasa bahwa, say, muslim KTP itu banyak di Indonesia tapi entah kenapa saya jarang melihat film atau karakter yang menyertakan identitas muslim KTP itu.
  2. Masih relevan dengan agama KTP, yakni perilaku yang sedikit banyak nggak sesuai dengan norma agama, misalnya pindah agama, perempuan yang buka jilbab dan being celebrated for it, atau pacaran beda agama, tapi endingnya adalah bisa menjalani identitas beda agama itu secara terbuka hingga pernikahan, dan being celebrated for it (like family drama tapi suami dan istri beda agama)
  3. Ethnic atau religious minority yg sukses menjabat posisi politik tertentu. Misalnya di Amerika kan nggak jarang ada film yang presidennya Black or woman. Nah, saya ingin melihat ada film yang presiden apa minimal walikotanya itu adalah Chinese Christian. And no, film biografi Ahok does not count.
  4. Masih relevan dengan yang di atas yakni diskriminasi etnis atau agama di tempat kerja. Misal tempat kerja yang mengharuskan perempuan untuk menggunakan rok pendek, atau sebaliknya orang-orang chindo yang memandang rendah mengenai pribumi
  5. Film di mana ada karakter yg yang mengidap kondisi mental diperlakukan dengan baik, atau minimal di address mengenai fenomenanya di mana mereka kadangkala masih diperlakukan atau distigma sebagai orang yang "gila", dipasung, atau simply kurang beragama / kurang beribadah.
  6. LGBTQ tentu saja dapat menjadi representasi, setidaknya menampilkan para trans yang tidak menjadi pengamen atau entertainer di jalanan. Kalau yang seperti ini kelihatannya udah mulai ada sih karena kita nggak bisa menampik bahwa crossdresser itu juga bagian dari budaya kita.
  7. Lebih banyak representasi dari bagian Indonesia timur dan tengah, atau suku /.etnis minoritas lain. Contoh yang saya sampaikan di atas itu kebanyakan dari Indonesia barat (Batak, Jawa, etc). Di Indonesia tengah mungkin yang populer film yang melibatkan orang Bali saja, tapi katakanlah jarang sekali ditampilkan karakter yang memiliki identitas Kalimantan atau Sulawesi, misal orang Dayak, Atau juga karakter suku Badui dari Kampung Naga, atau mereka yang menganut agama kejawen / Sunda Wiwitan.
  8. Kalangan muda marjinal, jadi milenial atau gen z yang hidupnya menengah ke bawah, bahkan tinggal di gang-gang sempit di ibukota. Atau justru yang tinggal di pelosok dan belum tersentuh roda pembangunan. Atau malah Sebaliknya kalangan muda yang sangat privileged, sehingga mereka punya ekspektasi atau pressure tertentu dari orang tua/keluarga dan masyarakat
submitted by ShigeruAoyama to indonesia [link] [comments]


2021.12.26 18:02 SunriseFan99 FYI: Nama font yang dipake di cetakan manga terjemahan Elex Media Komputindo/Level Comics itu Chasm Bold. Berikut contoh salah satu panel Doraemon + ketikan ulangnya dengan font tsb.

FYI: Nama font yang dipake di cetakan manga terjemahan Elex Media Komputindo/Level Comics itu Chasm Bold. Berikut contoh salah satu panel Doraemon + ketikan ulangnya dengan font tsb. submitted by SunriseFan99 to indowibu [link] [comments]


2021.12.24 02:22 ShigeruAoyama Prospek Pekerjaan sebagai Penulis Fiksi (dan Komedi) serta Masa Depan Buku Cetak

Di awal 2000-an Harry Potter book was a massive sensation, with every body seems to be talking about it. Hal tersebut membuat orang berbondong-bondong membeli bukunya--baik untuk diri mereka atau anak-anak, yang mendorong meningkatnya minat baca
Masih di awal 2000-an, novel Princess Diaries dan filmnya juga sempat booming di Indonesia, yang mendorong lahirnya genre teenlit di Indonesia. Selain Teenlit , muncul juga novel terjemahan tentang percintaan urban di bawah brand Chicklit. Gramedia mulai menerima dan menerbitkan naskah bertemakan remaja maupun perempuan pada 2003. Dari sini, mulai banyak penulis fiksi (baik pemula maupun profesional) yang mengirim naskah mereka ke Gramedia untuk diterbitkan dan dijual di toko buku.
Pada 2005, Raditya Dika, melalui Gagas Media, merilis buku pertamanya berjudul Kambing Jantan, yang diambil dari blognya. Bukunya dengan segera menjadi instant hit. Radit bisa dibilang merupakan "ikon" yang menunjukkan bahwa "orang biasa" pun juga bisa menerbitkan buku, di mana sebelumnya, hanya "orang terpilih"-lah yang bukunya bisa diterbitkan. Akhirnya bermunculan buku yang berorientasi pada komedi diri.
Kemudian di pertengahan - akhir 2000-an dan awal 2010 an, bermunculan berbagai tipe buku dan genre, dengan beberapa diadaptasi menjadi film (e.g. Laskar Pelangi, Ayat-ayat Cinta, Dealova, Kambing Jantan, etc). In short, pada dekade 2000 - 2010-an, menjadi penulis fiksi atau komedi yang bukunya diterbitkan menjadi salah satu cara untuk dapat menjadi terkenal
Tapi, animo itu terlihat surut pada pertengahan 2010 an - akhir 2010 an, dengan meningkatnya penetrasi media sosial berbasis still and motion picture seperti Instagram, Vine, YouTube, dan Tiktok serta layanan streaming. Orang orang lebih suka memproduksi dan mengkonsumsi hiburan fiksi dan komedi dalam bentuk gambar atau film alih-alih teks. Begitu pula buku cetak, sekarang orang lebih suka melihat layar daripada halaman untuk mencari hiburan.
So, for you, especially aspiring and current writer / editor / publisher, out there:
  1. Bagaimana prospek mereka yang beraspirasi menjadi penulis novel fiksi (dan komedi) serta menjualnya melalui penerbit? Apakah menjadi penulis novel fiksi dan komedi masih realistis dan worth it untuk memperoleh penghasilan atau sebaiknya ditinggalkan saja?
  2. Jika masih, apa cara terbaik untuk monetisasi naskah novel fiksi dan komedi di era digital ini? Atau, adaptasi apa yang perlu dilakukan (misal "banting setir" jadi penulis self help, menawarkan skrip ke YT / menjadi scriptwiter, jadi content writer untuk mengisi artikel di website dsb)?
  3. Bagaimana dengan buku cetak? Apakah mengirimkan naskah ke penerbit dan menjualnya dalam bentuk buku cetak akan sustain di masa mendatang? Atau orang-orang akan semakin sedikit yang membeli buku cetak dan beralih ke e-book atau situs penulis macam Wattpad--that is kalau mereka masih membaca dan membeli buku.
Thank you for the opinion
submitted by ShigeruAoyama to indonesia [link] [comments]


2021.11.22 09:43 jw_mentions /r/indonesia - "Seriously, Apa sih Saksi Yehuwah (Jehovah Witness) dan Ini mengapa kok agama Ini "Istimewa" dibandingkan aliran Kristen lainnya ?"

I am a bot! Please send NotListeningItsABook a private message with any comments or feedback on how I work.

About Post:

--- --- Notes
Submission Seriously, Apa sih Saksi Yehuwah (Jehovah Witness) dan Ini mengapa kok agama Ini "Istimewa" dibandingkan aliran Kristen lainnya ?
Comments Seriously, Apa sih Saksi Yehuwah (Jehovah Witness) dan Ini mengapa kok agama Ini "Istimewa" dibandingkan aliran Kristen lainnya ?
Author townofgrissee
Subreddit /indonesia
Posted On Sun Nov 21 17:58:34 EST 2021
Score 104 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Total Comments 196

Post Body:

For, Christian komodos or whoever know about that thing, Aku cuma ingin tahu tentang aliran, tentang berita penganut Saksi yehuwah yang menuntut perlakuan yang berbeda (Doa/Ibadah) dari aliran kristen yang lain & di sisi lain menolak upacara bendera. Kira-kira ada yang punya pengalaman terkait ajaran atau pengikut Saksi yehuwah ?

Related Comments (16):

--- --- Notes
Author townofgrissee
Posted On Sun Nov 21 18:27:27 EST 2021
Score 25 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 29
Body link
Kira-kira untuk pendapat Jehovah witness tentang roh kudus, jika mereka sendiri menolak trinitas ?
--- --- Notes
Author townofgrissee
Posted On Sun Nov 21 18:33:58 EST 2021
Score 7 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 0
Body link
Thanks docs for Video. I'm honestly know why Jehovah Witness is bizzarely weird even by my biased Muslim eye. It's goodamn cult.
--- --- Notes
Author DecayDancing
Posted On Sun Nov 21 20:29:39 EST 2021
Score 13 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 8
Body link
I wouldn't personally compare them to NOI. NOI itu agama yang black nationalist yang serba black, we waz kangz. Mereka percaya Allah orang item. Mereka punya concept "Asiatic Blackman" yang jujur aja bikin ngakak sendiri. Apalagi Yakub the scientist yang ngeinvent orang putih wkwkwkwkw. White people are the devil. Overall, yang gw respek dari mereka daripada BLM, mereka sangat terorganisir, militant dan mereka armed as fuck. Jadi aparat keamanan juga ga berani macem2 sama mereka. Sejujurnya gw kurang paham hal2 ttg ideology dalam Mormonisme atau JW, tp ya g jelas NOI itu menurut gw banyakan Black Superiority nya daripada Agama Islamnya.
Kalau Jehovah's Witness kayaknya lumayan inclusive karena yang Chinese ada, putih ada, keluarga Michael Jackson juga kalo ga salah JW. Idk much about Mormonisme, tp kayaknya mungkin emang ada miripnya soalnya mereka berdua punya Nabi Elijah Muhammad dan Joseph Smith yang muncul di Amerika. Tbf, biangnya sekte2 aneh di Dunia Islam itu sekte turunan dari Islam Shia.
--- --- Notes
Author Shaankarizma
Posted On Sun Nov 21 22:56:15 EST 2021
Score 1 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 0
Body link
Reminds me of that time i went to a book convention and thinking JW is actually a news company (DW aka "Deutsche Welle") So i just come to see the booth and the lady there talks about Jehovah witness so i just ran away
--- --- Notes
Author SweetKenny12
Posted On Mon Nov 22 00:15:48 EST 2021
Score 7 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 2
Body link
As a JW myself, gw bakal coba jawab tapi gak mau debat soal ajaran yakk soalnya pasti bakal banyak pertentangan

  1. We believe that Jehovah is the only God and Jesus is His son and our savior. Kita percaya tentang pengorbanan Yesus atas dosa kita tapi kita gak nyembah dia karena dia utusan dari Yehuwa
  2. Is it a scam ? No. Bahkan bahan bacaan yang kita biasa nya kita kasih gak di pungut biaya. Kita gak pernah maksa orang untuk kasih duit ke kita. Tapi kalau mereka mau nyumbang kami terima berapapun yang dia kasih dan itu masuk nya ke kas organisasi bukan kantong pribadi kita
  3. Apakah kita bener-bener menyendiri gak mau bergaul sama orang non JW ? Gak juga. Gw punya banyak temen non JW dan selama mereka gak kasih influence yang negatif, I'm fine with them
Itu sihh intinya. Kalo ada pertanyaan yang gak bahas soal ajaran, feel free to reply this comment
--- --- Notes
Author The412412Guy
Posted On Sun Nov 21 23:42:41 EST 2021
Score 1 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 2
Body link
Jehovah Witnesses is not a scam, so do Mormons, Advent and others.
--- --- Notes
Author MaruCoStar
Posted On Sun Nov 21 19:23:09 EST 2021
Score 33 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 21
Body link
Di Indonesia particularly, Jehovah Witness itu notorious gara2 ada insiden orgy di kalangan jemaat. Like, 1 gereja "mencintai" 1 sama lain, hence mereka orgy.
The act of orgy in the name of religion sama persis dgn pagan worship pas jaman2 dulu. That's why aliran ini dicap sesat, especially habis orgy incident ini.
But yea, ini sourcenya dari cerita mama papa ya. Aku masih lagi nyari tau ini tuh urban legend atau beneran terjadi.
--- --- Notes
Author SempakKuda
Posted On Sun Nov 21 22:55:05 EST 2021
Score 2 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 1
Body link
Gw sebenernya ga pernah nemu yang jehova witness di indo, tp denger ceritanya mereka aliran ekstrim jg
pagi-pagi coba turun di halte busway taman anggrek/cp nanti suka ada bapak2/ibu2 berbaju rapih terus ngasih phamplet.
--- --- Notes
Author Kosaki_MacTavish
Posted On Sun Nov 21 21:34:37 EST 2021
Score 8 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 3
Body link
Jehovah Witness itu notorious gara2 ada insiden orgy di kalangan jemaat. Like, 1 gereja "mencintai" 1 sama lain, hence mereka orgy.
Bukannya ini rumor tentang "Children of God" a.k.a. "Gereja Setan" ya?
JW rumornya malah lebih ke apolitis akut.
--- --- Notes
Author hassive-mitler
Posted On Sun Nov 21 22:07:14 EST 2021
Score 5 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 10
Body link
Excuse me do you have time to hear about lord and savior ShindoL ?
Jokes aside, mereka kayanya ganggu orang2 di US, ngetokin pintu rmh satu2 buat maksain ideologi mereka. Gw sebenernya ga pernah nemu yang jehova witness di indo, tp denger ceritanya mereka aliran ekstrim jg
--- --- Notes
Author Iowgosh
Posted On Sun Nov 21 22:21:07 EST 2021
Score 5 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 3
Body link
Jehovah witness adalah sekte fundamentalis kristen yang menerjemahkan kehidupan religiusitas rasul mula2 dengan interpretasi gaya fundamentalis mereka sendiri.
Ya sebagaimana fundamentalis mereka juga radikal dan puritan. Namun masih non-violence kecuali untuk dimensi privasi.
Kenapa Istimewa ya karena 'istimewa' memang ciri-ciri gerakan fundamentalis. Mereka selalu mencolok dan selalu berani bebicara dengan percaya diri akan ajaran mereka.
Namun, sebagaimana orang puritan pada umumnya mereka kurang fasih menggunakan pendekatan investigatif yang saintifik ketika melakukan penafsiran terhadap kitab.
Contoh sederhanya adalah dulu Jehovah Witness ini gencar datang ke Gereja2 untuk memaksa Gereja mengakui kalau sebutan "Yahweh" adalah nama official dari Allah.
Yang di counter dengan kaum Intelek teolog gereja dengan penerjemahan bahasa Ibrani sendiri. Bahwa 'Yahweh' sendiri adalah transliterasi modern. Di Septuaginta sendiri Yahweh tak pernah di sebutkan namun menggunakan 'YHWH' yang umat Israel kuno sendiri tak pernah menyebutkan dan manusia moderen hanya menerka2 sebutan ini. YHWH itu kayak Voldemort zaman israel kuno.
Argumen ini akhirnya di pergunakan banyak gereja untuk menendang saksi Yehowah yg berusaha menginfiltrasi gereja2 mainstream di Indonesia.
--- --- Notes
Author AnjingTerang
Posted On Sun Nov 21 19:01:42 EST 2021
Score 6 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 2
Body link
11-12 karena kalau gak salah Jehovah Witnesses adalah pecahannya Mormon. But correct me if I’m wrong.
--- --- Notes
Author justapotato9
Posted On Sun Nov 21 21:30:51 EST 2021
Score 7 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 0
Body link
Dulu pernah pagi-pagi ada yg teken bel rumah, gw bingung siapa nih pagi banget uda dateng, eh taunya orang jehovah witness.
Dia lagi jelasin sedikit langsung gw bilang ‘maaf tidak tertarik’, di tawarin brosur lagi dan kaga gw ambil. Anjay lagi enak tidur dibangunin cuma karena ini wkwkwk
--- --- Notes
Author AnjingTerang
Posted On Sun Nov 21 18:49:19 EST 2021
Score 19 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 10
Body link
Sederhananya berdasarkan video yg dikasi u/YukkuriOniisan, Jehovah Witnesses adalah Kristen Protestan yang berlebihan/ekstrim.
Kalau tau sejarahnya, Kristen Protestan muncul karena ada gerakan2 memprotes Gereja Katolik pada jaman dlu karena hanya Pastur2 yang bisa bahasa latin dan “interpret”/mengartikan injil. Jadi gak boleh ada interpretasi lain selain yg dibilang sama Gereja Katolik yang dipimpin dari Roma (Vatikan).
Protestan memprotes itu dan mengeluarkan injil dalam bahasa lokal (Jerman misalnya) supaya masyarakat awam juga bisa baca injil secara mandiri dan membuat interpretasi terhadap sabda Allah.
Nah selang beberapa ratus tahun kemudian di Amerika Serikat, ada sekelompok Kristen Protestan yang bahkan tidak setuju/mempercayai interpretasi kitab suci dari Gereja Kristen (termasuk yg Protestan). Oleh karena itu mereka membuat kajian2 tersendiri dalam suatu “book club”.
Nah hasil2 dari kajian itu sedikit banyak mengubah kitab suci yang mereka gunakan, bahkan mereka mengeluarkan semacam buku2 bulanan/mingguan. Tapi ada inkonsistensi dalam interpretasi sampai bbrp kali mereka ret-conned tulisan yg sebelumnya.
Nah pendekatan berusaha “mengilmiahkan” (science-ing) Agama melalui kajian2 itu menjadi “sesat” karena pakai ilmunya agak cocoklogi. Misalnya bilang AS adalah “tanah terjanji yg baru” dan bahwa Mesias (Yesus atau mereka nyebutnya Jehovah bukan Jesus) akan lahir kembali di AS.
Kenapa mereka gak mau menghormati negara/bendera karena itu buatan manusia, bukan dari Allah.
Sepemahaman gue kayak gitu.
Coba perhatikan dan rasakan apakah mirip aliran/kelompok Muslim tertentu.
--- --- Notes
Author DecayDancing
Posted On Sun Nov 21 19:59:17 EST 2021
Score 94 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 9
Body link
Waktu gw SD, ada temen sekelas yang kata orang2 dia agamanya Kristen Sase Sase Hua. I am like, whut???? Gw ga tau detailnya, tapi yang gw tau mereka dilarang hormat me bendera merah putih. Fast forward pas gw kuliah di US dan sempet nonton2 film Juga, gw find out ttg Jehovah's Witness dan mereka sering ngetok2 pintu rumah aunty gw. After a while, I realize by translating Jehovah's Witness to Saksi Yehuwa, sase sase hua itu ternyata Saksi-saksi Yehuwa LOL.
--- --- Notes
Author Cr5T
Posted On Sun Nov 21 18:44:11 EST 2021
Score 32 as of Mon Nov 22 03:43:18 EST 2021
Conversation Size 21
Body link
mereka punya aklitab terjemahan sendiri, namanya New World Translation of the Holy Scriptures atau Kitab Suci Terjemahan Dunia Baru, isinya sama cuma ada terjemahan dan bagian yang disesuaikan secara selektif sesuai dengan doktrin mereka
submitted by jw_mentions to jw_mentions [link] [comments]


http://swiebodzin.info