Batangnya dalam

Origin of Kelantan's name

2023.02.01 07:12 jordyk1234 Origin of Kelantan's name

Origin of Kelantan's name submitted by jordyk1234 to malaysia [link] [comments]


2023.01.27 10:48 RifqieTheSailor Asal usul nama negeri Kelantan (Sumber: Muzium Negeri Kelantan) [Kredit: igkpublishing]

Asal usul nama negeri Kelantan (Sumber: Muzium Negeri Kelantan) [Kredit: igkpublishing] submitted by RifqieTheSailor to NegarakuMalaysia [link] [comments]


2022.12.20 07:22 TruthversusSlander Hah?!?!

Hah?!?! submitted by TruthversusSlander to NegarakuMalaysia [link] [comments]


2022.05.18 06:39 arieszz15 Syarat Pertumbuhan Jagung Agar Tumbuh Optimal - MAX Indonesia - solusi pertanian no. 1 di Indonesia

Tanaman jagung merupakan tanaman yang tergolong sebagai biji-bijian dan masuk dalam kelas Liliopsida atau berkeping satu/ monokotil. Tanaman jagung sudah terkenal di seluruh dunia sebagai tanaman penghasil karbohidrat selain gandum dan padi. Banyak sekali varietas dan rasa yang berbeda-beda untuk setiap jenisnya. Biasanya buah jagung berwarna kuning terang dan olahan dari buah jagung itu cukup beragam, salah satunya ialah popcorn.
Sudah banyak yang mengetahui bahwa satu jagung utuh mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang tinggi. Kandungan yang terdapat pada tanaman jagung tersebut cukup menjadikannya salah satu makanan pokok manusia dan sebagai pakan ternak dari daun maupun batangnya.
Tanaman jagung merupakan jenis tanaman satu musim dan memiliki siklus hidup antara 80-150 hari. Siklus hidup tersebut terdiri dari tahap vegetatif dan tahap generatif. Pertumbuhan tanaman jagung memiliki ketinggian yang berbeda-beda, antara 1 hingga 2 meter dan terkadang bisa mencapai 6 meter.
Selain itu, pangsa pasar pada tanaman jagung ini cukup besar baik dalam maupun luar negeri terus meningkat. Ditambah lagi harga jual buah jagung ini cukup prospektif, serta urgensi peningkatan produktivitas jagung nasional telah diserukan oleh kementerian pertanian. Oleh sebab itu, artikel kali ini akan membahas tentang syarat pertumbuhan jagung agar lebih optimal.
submitted by arieszz15 to maxindonesia [link] [comments]


2021.02.05 13:24 aepkaldira Peluang Usaha bertani Edamame Di Indramayu

Ini Rahasia Cara Merawat Anggrek Yang Benar
Ini Rahasia Cara Merawat Anggrek Yang Benar
Ini 4 Rahasia Cara Merawat Anggrek yg Benar – Para penggemar tanaman bunga anggrek tentu tahu betul bahwa perawatan tanaman hias ini lumayan rumit untuk dilakukan. Namun karena bunganya yg indah serta penampilannya yg elok kebanyakan orang-orang yg ingin sekali punya tanaman ini di rumah. Mari baca rahasia tutorial memelihara anggrek yg benar di bawah ini. Salah satu tanaman bunga yg menjadi primadona di kalangan penggemar tanaman merupakan bunga anggrek. Betapa tidak, tidak hanya rupanya yg elok, tanaman anggrek hadir dengan aneka jenis yg begitu banyak. Tercatat ada lebih dari 22 ribu spesies anggrek di seluruh dunia. Yang mana masing-masing perawatannya tidak sama tergantung dari jenisnya.
Meskipun lumayan rumit dalam perawatannya, melainkan ada berbagai panduan serta rahasia tutorial memelihara anggrek yg baik serta benar. Seperti apa saja sih? Mari baca informasinya di bawah ini hanya untuk anda.
Biasanya, tanaman Anggrek yg ada di Indonesia rata-rata nasib dengan cara epifit. Maksudnya merupakan tanaman ini menumpang di tanaman lainnya melainkan tidak merugikan. Hal inilah yg membikin tanaman yg indah ingin memperlukan perawatan khusus. Mari baca tutorial memelihara Anggrek yg baik serta benar dengan langkah di bawah ini.
Memberikan Tempat yg Ideal Ini Rahasia Cara Merawat Anggrek Yang Benar
Cara memelihara Anggrek pertama yg penting diperhatikan dengan baik merupakan dengan memastikan kalian senantiasa menawarkan kawasan yg ideal dengan lingkungan yg terbukti diperlukan oleh tanaman indah yg satu ini. Adapun berbagai tutorial yg butuh diperhatikan dalam menawarkan lingkungan yg cocok untuk tanaman bunga Anggrek diantaranya adalah:
Gunakan pot yg mempunyai celah drainase. Cara ini penting sekali supaya tanaman Anggrek tidak mengalami kelebihan air ketika disiram. Kelebihan air yg menggenang pada pot akan merusak akarnya serta membikin anggrek mati. Sediakan media tanam yg cepat mengalirkan air. Kalian mampu memakai media tanam berbasis lumut maupun batang pohon untuk mengalirkan air dengan baik. Tempatkan pot anggrek menghadap ke Timur alias Selatan serta letakkan dekat dengan jendela. Cara ini dilakukan untuk mendukung supaya tanaman ini tumbuh subur serta memperoleh pancaran sinar matahari yg cukup. Suhu ruangan menjadi faktor penting yg wajib diperhatikan. Minimal pastikan suhu ruangan kalian berada di 16 hingga dengan 24 derajat Celcius. Ukuran suhu ini butuh diperhatikan karena suhu yg sejuk mampu menunjang pertumbuhan anggrek lebih subur. Sementara pada suhu yg terlalu rendah akan membuatnya mudah mati. Perhatikan pula sirkulasi udara supaya terjaga dengan baik dalam rangka menjaga kesehatan akarnya. Bila butuh pasang kipas angin dalam jarak yg tidak terlalu dekat untuk memastikan udara di sekitarnya masih bergerak. Perhatikan Proses Perawatan Anggrek Selain penempatannya, kita setuju apabila proses perawatan tanaman anggrek mampu lumayan rumit. Ada berbagai faktor yg butuh diperhatikan dalam perawatan bunga anggrek, tergolong proses penyiraman, pemberian pupuk serta pemangkasannya. Di bawah ini merupakan berbagai proses perawatan pada tanaman anggrek yg mampu kalian perhatikan dengan baik.
Apabila kalian tinggal di lingkungan yg kering jadi proses penyemprotan air mampu dilakukan setiap hari. Penyiraman bunga anggrek sebaiknya dilakukan cocok sebelum mengering. Cara mengenal faktor ini merupakan dengan menusukkan jari kalian pada media dalam pot anggrek kemudian usap. Ketika kalian mencicipi kelembapan dibagian jari jadi siramkan sedikit air pada media pot anggrek. Pemberian pupuk hendaknya diberikan sebulan sekali pada ketika bunga anggrek mulai berbunga. Hal lain yg butuh diperhatikan dalam pemberian pupuk merupakan jangan menyirami tanaman ini selagi kemarin hari seusai pemberian pupuk. Hal ini dikarenakan, nutrisi pada pupuk mampu mengalir keluar bersama dengan air. Ketika batang tanaman anggrek telah berbunga, sebaiknya batangnya dipotong. Hal ini disebabkan bunga anggrek tidak akan tumbuh di batang yg sama, terkecuali untuk tipe tertentu yakni Anggrek Phalaenopsis. Perhatikan Penanganan Hama serta Penyakit Ketika kalian telah sukses menanam bunga anggrek bukan berarti usaha kalian telah berhenti hingga disitu. Melainkan faktor ini barulah dimulai karena dari sinilah proses perawatan kepada bunga anggrek baru dimulai. Sama semacam tipe tanaman lainnya, bunga anggrek merupakan tipe tanaman yg tidak luput dari agresi penyakit serta hama. Oleh karenanya, dalam rangka menjaga pertumbuhan bunga anggrek supaya tumbuh subur jadi upaya pencegahan ini akan penting dilakukan.
Bunga anggrek sangat rentan dengan agresi kutu tempurung serta kutu putih. Kedua tipe hama ini mampu kalian bersihkan dengan mengambilnya memakai tangan. Bila kalian mendapati tahap daun bunga anggrek telah terlanjur terserang dengan hama jadi tidak butuh khawatir. Tindakan perawatannya merupakan dengan mengelap tahap daun memakai air sabun. Untuk tanaman anggrek yg terlanjur terserang hama mampu kalian atasi dengan menyemprotkan insektisida. Segera potong tanaman yg sakit. Daun anggrek yg berubah warna alias berbintik-bintik merupakan tanda terserang penyakit. Untuk mencegah penularan pada tanaman lain segera pangkas dengan memakai pemotong. Tanaman anggrek merupakan salah satu tipe tanaman yg juga rentan terkena infeksi. Beberapa keadaan yg mampu menunjukkan anggrek yg terkena infeksi ditunjukkan dengan tanda-tanda munculnya bintik-bintik, akan menghitam alias mungkin kebusukan pada akar. Untuk menanggulangi persoalan ini pemberian fungisida alias bakterisida akan mampu kalian lakukan. Perhatikan Tata Letaknya Cara memelihara anggrek selanjutnya yg penting untuk kalian perhatikan dengan baik merupakan pengaturan pada tata letaknya. Hal ini penting dilakukan untuk menawarkan estetika yg lebih pada tanaman indah yg satu ini. Ada berbagai tutorial yg mampu dilakukan untuk mengatur tata letak pada tanaman anggrek, diantaranya merupakan dengan:
Meletakkannya pada pot serta simpan pada rak-rak kemudian tata serapi mungkin. Tinggi tanaman ini mampu kalian atur tidak lebih lebih satu meter dari permukaan tanah. Hindari menawarkan pengaturan pada lokasi yg berjenjang karena faktor ini akan memungkinkan ajaran udara menjadi terhambat. Akibatnya mensugesti kesuburan dari tanaman yg satu ini. Kelembapan udara pada tanaman ini butuh dijaga dengan sangat baik. Umumnya, tanaman anggrek akan memperlukan kelembapan sebanyak 60 hingga dengan 70 persen. Anda mampu membangun kolam ikan di bawah rak anggrek untuk menjaga kelembapan di lingkungan sekitar bunga ini tumbuh. Pancaran sinar matahari akan sangat diperlukan untuk menunjang kesuburan dari tanaman anggrek. Anggrek yg memperoleh pancaran sinar matahari yg lumayan akan nampak berwarna hijau segar. Sebaliknya, apabila warna daun bunga anggrek hijau tua ini menunjukkan pancaran sinar matahari yg didapatkan kurang.
submitted by aepkaldira to u/aepkaldira [link] [comments]


2020.04.23 07:01 buatwebsite Inspirasi Ruangan Hijau Pada Rumah

Pada kesempatan kami ini tips dari penyedia jasa pembuatan kitchen set Bekasi tentang taman kita bahas. Taman merupakan pelengkap eksterior sebuah bangunan, susunan tanaman yang disusun pada taman membuat rumah tampak sejuk dan segar. Selain itu rumah akan terasa nyaman dan menambah nilai estetika. Menghadirkan taman pada rumah dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan di halaman depan maupun belakang rumah.
Seperti pada hunian di daerah Jagakarsa ini, area depan rumah yang memiliki lahan yang cukup luas di buat taman dengan dominan tanaman hijau. Hunian tampak lebih asri dan segar meskipun di siang hari. Penempatan gajebo dapat dijadikan area yang sangat cocok untuk menikmati indahnya taman dan untuk relaksasi.
Selain taman depan Kamu juga dapat membuat taman di area belakang seperti pada hunian yang satu ini, pohon-pohon hijau yang ditempatkan di dekat area kolam renang terbuka ini menjadikan fresh.
Ingin menciptakan taman pada hunian kamu, ada beberapa tanaman yang dapat menambah hunian kamu menjadi hijau dan cantik.
- Bonsai, Tanaman bonsai biasanya ditanam dalam pot dan cocok untuk ditempatkan dilahan yang sempit serta diarea yang cukup matahari, tanaman ini sangat hemat air. Ada beberapa jenis bonsai yang dapat kamu tempatkan di taman kamu.
- Bonsai serut, dikenal dengan tanaman yang memiliki batang yang keras serta memiliki keunikan pada tiap-tiap batangnya, bonsai serut juga memiliki daun yang kecil serta akar yang eksotik bentuk dan keunikan batang, daun, akar bonsai serut menjadikannya memiliki nilai jual dan seni yang tinggi.
- Bonsai Kemuning, tanaman kemuning ini memiliki daun seperti daun beringin namun lebih kecil memiliki bunga yang umumnya berwarna putih seperti bunga melati bonsai.
- Bonsai Beringin, tanaman jenis beringin ini sangat mudah tumbuh adapun jenis bonsai beringin lainnya yakni bonsai beringin dolar bonsai yang satu ini memiliki daun yang berbentuk bulat seperti tanaman dolar tanaman bonsai ini juga dapat menjadi pilihan untuk menghias taman kamu.
- Anggrek, tanaman yang satu ini merupakan salah satu bunga yang cukup digemari oleh banyak kalangan. Warna bunga anggrek yang indah dapat mempercantik tampilan taman pada hunian kamu. Untuk perawatan bunga anggrek sebaiknya disiram langsung pada bagian akarnya agar tidak merusak media tanam, bunga dan daun anggrek dan ingat jangan menyiram Anggrek terlalu banyak. Hindarkan bunga anggrekdengan sinar matahari langsung karena daun anggrek dapat menguning.
- Krisan, warna-warni bungan krisan yang indah juga cocok mempercantik taman kamu. Jenis bunga krisan ini sebaiknya jangan terlalu banyak diberikan air karena jika air terlalu banyak maka akar akan menjadi busuk usahakan bungan krisan terkena sinar matahari langsung.
Selamat berkreasi dengan taman kamu !
submitted by buatwebsite to FindBacklink [link] [comments]


2020.01.05 12:47 Xenoflower7 Musim Bencana Tiba...Saatnya Menanam Pohon Pencegah Kebakaran & Pohon Pencegah Banjir...Save Mother Earth

era bencana tiba saatnya perbanyak tanam pohon...begin from your self
Pohon Pencegah Banjir
Pepaya Pohon yang berasal dari daerah Amerika Selatan ini merupakan salah satu pohon yang memiliki banyak manfaat mulai dari buah hingga daunnya. Buahnya yang bercita rasa manis bisa dimanfaatkan sebagai campuran minuman, begitu juga daunnya yang dapat diolah menjadi berbagai masakan. Ukuran daun pepaya yang lebar juga dapat menjadi kanopi alami yang melindungi rumah dari sinar matahari.
Mangga Pohon mangga merupakan salah satu pohon paling sering ditanam di halaman rumah. Selain tidak membutuhkan lahan yang luas, cara menanam dan merawat pohon mangga juga tidak terlalu sulit. Selain dapat dinikmati buahnya, daun pohon mangga yang rindang juga dapat melindungi rumah dari sinar matahari. Akar dari pohon ini akan menyerap air yang mengalir ketika hujan sehingga bisa mencegah terjadinya banjir.
Jambu air Pohon jambu air termasuk salah satu tanaman yang paling sering ditanam di depan rumah. Batangnya yang kokoh dan daunnya yang lebat memberi kesan rindang pada halaman rumah. Pohon ini juga sangat kokoh dan berakar tunggang sehingga bisa menguatkan tanah dan menyerap aliran air saat hujan lebat.
Bambu
Pohon bambu dapat memberikan kesan asri jika ditanam di halaman rumah. Selain itu, suara gemerisik yang ditimbulkan dedaunannya ketika diterpa angin dapat menjadi musik alam yang membawa ketenangan bagi seisi rumah. Untuk halaman rumah yang tidak terlalu luas, Anda bisa memilih jenis bambu hias untuk ditanam dan dijadikan sebagai pohon pencegah banjir ataupun tanah longsor.
Palem Saat ini banyak pengembang perumahan yang menanam pohon palem sebagai penghijauan di sekitar rumah. Bentuknya yang menyerupai pohon kelapa dan memiliki buah kecil ini memang cocok ditanam di halaman rumah. Selain mudah dalam hal perawatan, pohon palem juga dapat mempercantik rumah dengan bentuknya yang tinggi dan ramping.
Pohon Pencegah Kebakaran
Laban
Tanaman yang asli Indoneisa ini memang jarang sekali ditemukan oleh sebagian orang. Laban adalah salah satu tanaman yang bisa bertahan setelah kebakaran terjadi. Oleh sebab itulah, tanaman ini sangat dirokemendasikan sebagai tanaman untuk menghambat kebakaran hutan dan mengurangi kerugian akibat kebakaran hutan. Tanaman Laban merupakan salah satu jenis tumbuhan potensial untuk mereklamasi lahan bekas tambang batubara.
Dadap Duri
Tanaman Dadap duri dipercaya tahan terhadap api oleh masyarakat Gunung Merapi. Tanaman ini tidak akan terbakar meski terjadi musim kemarau. Pohon dadap duri digunakan oleh masyarakat Gunung Merapi sebagai skat untuk lahan bekas kebakaran. Tanaman dadap duri ini banyak terdapat di Taman Nasional Bukit Barisan.
Cemara Mediterania
Setelah terjadinya kebakaran lahan di Valencia, Spanyol di tahun 2012. Peneliti telah menemukan sejenis pohon yang relatif tahan api yaitu Cemara Mediterania. Pada daun Mediterania memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat bertahan hidup meski di musim panas. Pohon ini juga dapat tumbuh diberbagai iklim dan tersebar di hampir semua pulau di Indonesia. Saat ini, peneliti masih terus meningkatkan penelitian tentang pohon ini sebagai senjata botani untuk mengurangi kebakaran hutan.
Gaharu
Tanaman terakhir untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan adalah pohon Gaharu. Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc menyatakan, bahwa pohon Gaharu cocok dan sedang di kembangkan untuk menghindari kebakaran hutan. Pohon Gaharu cocok ditanam di lahan gambut. Hal ini disebabkan air sulit disimpan pada lahan gambut.
submitted by Xenoflower7 to indonesia [link] [comments]


2019.06.22 11:08 reseprasadapurku Resep Ikan Kembung Kukus Asam Gurih

Ikan merupakan makanan seafood yang sangat banyak sekali peminatnya, Di kesempatan ini akan di bahas tentang Resep Ikan Kembung Kukus Asam Gurih. Untuk itu bagi anda yang penasaran, Yuk coba menu yang kami sajikan ini.

Resep Ikan Kembung Kukus Asam Gurih

Untuk anda yang ingin mencoba menu makanan ikan kembung, Di sini kami menyajikan menu Resep Ikan Kembung Kukus Asam Gurih. Yang di mana menu makanan ini, Sangat enak sekali untuk anda coba di nikmati. Untuk mencoba menu makanan ini, Sangat mudah sekali untuk di hidangkan. Terlebih lagi menu makanan ini, Bisa di jadikan menu spesial dalam hidangan keluarga anda. Ikan kembung merupakan ikan yang sangat banyak peminatnya, Karena ikan ini mudah sangat untuk anda dapatkan. Terlebih lagi ikan kembung mudah anda temukan di pasar pasar, tidak hanya itu saja harga yang di sajikan juga sangat murah sekali. Karena banyak semua kalangan di Indonesia, Sangat menyukai menu ikan kembung. Tidak hanya itu saja ikan kembung di Indonesia, Banyak di sajikan dengan menu yang menarik di setiap daerah yang ada di Indonesia.
Dengan bahan bahan yang sangat sederhana dan cara memasak yang mudah, Untuk anda ibu ibu bisa mencobanya memasak menu ini. Karena di sini kami akan memandu anda semua yang ingin mencoba, Tidak hanya itu saja bahan yang di sajikan juga sudah di jamin pasti. Ikan Kembung Kukus Asam ini memiliki aroma yang sangat harum sekali, Untuk anda yang tidak mencoba makanan ini sangat di sayangkan sekali. Untuk anda yang ingin mencoba menghilangkan bau amis pada ikan, Anda bisa juga dengan menggunakan campuran jeruk maupun belimbing sayur. Karena ke 2 tambahan ini di dalam makanan sangat berperan penting, Maka dari itu pastikan anda melewatkannya juga. Karena denga nada tambahan ini, Makanan anda akan terasa wangi dan sedap sekali pada saat di nikmati.

Resep Bahan Ikan Kembung Kukus Asam

Untuk anda yang ingin mencoba Resep Ikan Kembung Kukus Asam, Kita langsung saja simak cara membuatnya dan bahan bahan yang harus di sediakan. Di antaranya bahan dan cara pembuatan bisa anda ikuti seperti di bawah ini :
Bahan Bahan Ikan Kembung Kukus Asam :

Bahan Untuk Kuah :

Bumbu Tumbuk Kasar :

Cara Membuat Ikan Kembung Kukus Asam :

Berikut di atas merupakan Cara Membuat Dan Bahan Ikan Kembung Kukus Asam, Penasaran ingin mencobanya ?. Yuk mari di coba ikuti pesan yang kami sudah sediakan untuk anda di atas.
Baca Juga Artikel Sebelumnya : RESEP BAHAN IKAN KEMBUNG BUMBU KUNING
submitted by reseprasadapurku to u/reseprasadapurku [link] [comments]


2019.03.21 15:37 janganbersedih Sobat miskin survival guide

Dear fellow Redditor,
apa trik kalian untuk berhemat dan tetap sehat di Indonesia ini?

few of the tricks :

Cheaper prices - untuk dapet harga murah

-beli buah potong yg kematengan di supermarket, biasanya dijual murah banget karena udah mau busuk. its appearance isn't the best but at least it's nutritious.
-beli pisang yg bentuknya gk sesuai standard di pinggir jalan LOL. pisang ini biasanya gk dibeli sama supermarket terus dijual ke penjual pinggir jalan. harga sih jauh lebih murah, tapi nutrisi sama aja. cuma bentuknya aja yg jelek.
-kalau gk bisa masak sayur, beli bayam hijau aja. tinggal potong batangnya rebus pake air garam.
-buy in bulk dan saat diskon consumables yg pasti terpakai (sabun cuci piring, tissue, vitamin/supplement, sabun mandi, karbol, sabut cuci, dll) belinya yg private label supermarketnya aja.
-beli obat selalu generik dan di apotik yg bukan waralaba atau di K-24 kalau terpaksa.
-pake transjakarta kalau bisa dan gk buru buru.
-Belanja di Giant Extra (bukan Giant Reguler atau Giant Express) hanya di jam 20.30, karena pas jam segitu mereka kasih diskon 50% buat ayam potong, ikan, sayuran, dan buah.
-kalau deket AEON, beli sushi di jam 8 keatas biar dapet diskon.
-kalau deket cipulir dan mau beli buah murah, beli di pedagang buah di sepanjang jalan pasar Cipulir, khususnya malem-malem. Banyak pedagang buah pake mobil pickup, segala macem buah, harganya bisa mulai dari 5.000/kg. Biasanya sekitar jam 23.00-01.00 mereka bongkar stok baru yang masih fresh.

-belanja di sport station mall mall menengah, biasanya barangnya lebih terjangkau dibanding planet sport dan masih bagus.
cari sepatu yg anda inginkan di sport station, terus cari di toko online macam inestashoes, pjpshoes, dll. ga usa takut kw karena model2 yang di sport station bukan model hype macam ultraboost, airmax270, dll sedangkan yang di toko online itu model-model lawas atau model baru tapi tikusan/jebolan pabrik. contoh, adidas duramo 8 di sport station 800 ribuan, di toko online 500 ribuan. sepatu lain yg gw rekomen adidas n5923. model lumayan kekinian, kualitas bahan & jahitan untuk barang 500 ribuan itu worth it banget.
check this comment thread for more info more info

-kalau suka yoghurt, mending beli cimory yg 400ml terus dikasih potongan buah sendiri.
-susu selalu beli yang bubuk.
-Buy preloved shit. Apa aja ada, mau furnitur, mau baju, mau skincare. Semua ada. I love Prelo and Carousell apps for this.
be careful with preloved skincare/makeup tho. kita gatau itu sblmnya disimpan di mana, penggunaannya kayak apa. takutnya udh terkontaminasi walaupun keliatannya masih bersih dan bagus.
-barang elektronik usahakan beli bekas aja. harga barang elektronik selalu turun soalnya.
-Buat cowok, buy basic shirts in tokopedia. Search terms : "kaos katun bambu", satunya 30rb - 40rb kalo pinter pilih. bisa juga di citritex, tokonya ada di tebet dan grogol. more info on this comment thread
-Untuk anak Jaksel, FitForce Kemang 400rb/month tanpa sign on fee and no commitment.
-tambahin tips, kalo mau beli bakery di hotel malem2 karena didiskon untuk ngabisin stok.
-satu lagi, ini krusial. jangan pernah beli mobil brand new. cari aja yang umurnya udah 3-5 tahun. trust me, masih bagus bgt. even honda CRV 2008 banyak yang masih bagus. gitu umurnya udah lewat 10 tahun, consider to buy extended warranty. mobil jepang msh oke untuk KM diatas 100rb (banyak yang survive sampe 200rb). one last thing, stay away from european car. only buy european car if its brand new and still under warranty and free service. more info on this comment thread
-Sering-sering cek Honestbee. Mereka suka kasih promo untuk pengguna baru, bisa dapet potongan 100 ribu bahkan untuk minimal pembelian 200 ribu. Kadang ada free ongkir juga.
-kalau rumah deket tiptop, Belanja bulanan ke TipTop, dengan uang yg sama kalau belanja di care4 dapat 2 kantong, di TipTop dapat 3 kantong.
- beli paket data mending di ol shop daripada pake pulsa karena ol shop banyak diskon
- yang sering naik kereta mending bawa bekel atau snack, do you really wanna spend 30k for nasi goreng hambar AND bawa bantal wajib, nyewa bantal aja 7k (kecuali kalo naik eksekutif)


Bonus Hack

-alihkan semua belanjaan ke CC (refrensi cc yg paling menguntungkan menurut tier bisa diliat di https://pinterpoin.com/) unless ada promo gopay atau ovo.
-Switch to banks with lower fees and charges. Lumayan juga kan kalau sekali transfer beda bank kena 6500. atau pake flip.id buat transfer gratis.
- Semenjak kenal OVO, saya pakai ini untuk gantiin fungsi online banking. Tinggal aktifin OVO Premier, tunggu bentar, and you can transfer to most Indonesian banks free of charge. Belum lagi cashback nya.
-Belanja online massal sama temen2 kantor, jadi ongkirnya satu. Except if u wanna buy a dildo I guess(sekalian ngumpulin poin LOL)
-kalau belanja di BL, blibli, bhinneka, zalora, bookdepository, booking.com belanja-nya lewat link https://www.krisflyerspree.com/ biar dapet krissflyer yg bisa dituker sama tiket Singapore Airlines.
-Daftar BPJS kesehatan.
-kalau belanja online lagi gk ada promo, bisa pake shopback.co.id, ntar kita dapet cashback.
- Jangan pernah bayar iuran tahunan. Sebagian besar kartu kredit menggratiskan iuran tahunan di tahun pertama, ada juga yang menggratiskan iuran tahunan selamanya (CIMB Niaga). Nah, saat iuran tahunan ditagihkan, telp call center dan minta iuran tahunan dihapuskan. Sebagian bank punya program untuk penghapusan iuran tahunan ini (daftar auto debet, menggunakan minimal 5 juta dalam 3 bulan, dsb). Jika tidak ada program, tetap minta dihabpusaja dengan alasan keberatan membayar iuran tahunan.


Life Hack

-jangan pernah beli nasi. bawa nasi sendiri.
-bawa botol air kemana mana.
-pake fasilitas sport club komplek(kalau ada)
-wajib punya magic jar, you will understand why it's called magic LOL
-Agak tidak terpuji. Bawa botol sendiri pas berangkat kerja, sebelum pulang diisi penuh.
-Stay di kantoluar sampai malam untuk hemat listrik.
-sabut cuci piring tidak direndam sabun, melainkan ditetesi/dituangi sabun yang sudah dicairkan
-menampung air hujan untuk menyiram tanaman; tutupi rapat ember dengan kain agar tidak jadi sarang nyamuk (dan sering-sering cek)
-Try regrowing your own food if u have space and time. Daun bawang, tomat gitu2 keknya gampang ditanam. Kalau punya pohonnya kan tinggal metik gausah beli.
- Repair old clothes. Jangan buang gitu aja. Kalo udah rusak banget, jadiin lap atau keset.
- Jangan beli es kopi. Beli kopi giling yang bagus, bikin cold brew sendiri.
- McDonald's kadang nayangin beberapa sports gratis. Kalo BeIn tayangin Liga Inggris. Kalo FOX nayangin Bundesliga, MotoGP, F1, dan UFC.
- Sekolahin kaki kanan kalo bawa mobil matic. Kaki kanan yang sopan lumayan mempengaruhi fuel consumption.
- Pas beli rokok langsung pisahin biar kalo seandainya ada yg minta dia segan duluan. Bawa aja 3-5 batang buat pagi sampe sore. Sisanya taro kendaraan atau tempat lain.
-AC: timer & dry/inverter mode. Buat timer, coba matiin 1.5-3 jam sebelum bangun.
-Kalo lo kepengen makan Mcd , saran gue mending Delivery , dengan syarat lo selalu bikin email baru pas mau mesen , karna setiap pelanggan baru yg daftar apps Mcdeliverynya selalu dikasih free BigMac/Ayam2potong TANPA NOMER HAPE cuma butuh email. Protip e-mail gmail: kalau males bikin gmail baru, cukup pake alamat gmail lama dan selipkan titik atau tambah +blablabla di ujung. Karena di gmail/google, monopecez == mono.pecez == m.on.ope.cez == monopecez == monopecez+kloning1 == monopecez+work == monopecez+registration
-kondom lebih murah dari susu dan popok bayi 😉
- Kalo ngegym ga rutin, mending bayar harian. Kalo bisa ga ngegym, kalistenik udah juga oke. atau bisa pake guavapass

don't forget to look at this thread
investasi di indonesia

credits to:
mbok_jamu
mortysmithpussy
tirava
roflpaladin
robusta4ever
iceharvester
lazy_tenno
imamsupriadiBPK
orangecruzz
MandomSama
dan user lainnya yg comment disini. cape tag satu satu LOL
submitted by janganbersedih to indonesia [link] [comments]


2018.11.12 01:45 modusanomali Alat Musik Bali Tradisional List Daftar & Penjelasanya

Alat Musik Bali Saat mendengar kata Bali, yang pertama kali muncul di pikiran kita tentunya adalah sebuah pulau yang indah dengan keindahan pantainya yang tidak pernah sepi pengunjung. Selain itu juga suasana hindu serta budaya mistisnya yang kental. Namun walaupun demikian, selain terkenal dengan keindahan pantainya, ternyata memiliki beragam Jenis Media musik bali tradisional yang asli serta langka.
Tidak heran jika selalu banyak turis yang berdatangan ke pulau ini, baik turis lokal maupun turis dari mancanegara. Mereka berdatangan ke Bali selain untuk menikmati keindahan pantainya, mereka juga datang untuk dapat memperoleh alat musik tradisionalnya. Kebanyakan dari mereka membeli alat musik balitersebut untuk oleh-oleh ataupun cenderamata.

Macam-Macam Alat Musik Bali Tradisional

Bali memiliki berbagai macam alat musik bali tradisional dengan keunikannya yang khas seperti:
  1. Gerantang
Gerantang merupakan salah satu alat musik tradisional khas dari Bali yang terbuat dari bambu. Alat musik ini terbuat dari babarapa potongan bambu yang disusun secara berderet, dimainkan dengan bantuan dua alat pemukul khusus, mirip dengan alat musik dari jawa yaitu gambang.
Panjang bambu yang digunakan untuk membuat gerantang sekitar satu sampai tiga ruas bambu atau sekitar 45 cm sampai 95 cm. pada sekitar seperempat bagian dari bamboo terdapat lubang untuk menghasilkan suara. Untuk bungbung gerantang memiliki panjang sekitar satu sampai tiga ruas atau sekitar 45 cm sampai 95 cm dari nada tertinggi sampai pada nada terendah.

  1. Rindik
Alat musik Bali tradisional selanjutnya yang dapat anda temukan saat berlibur ke pulau dewata yaitu rindik. Alat musik ini terbuat dari bambu yang dimainkan dengan cara dipukul serta memiliki nada selendro. Alat musik ini biasanya dimainkan oleh grup yang beranggotakan sekitar 3 sampai 5 orang. Dua orang bermain rindik dan yang lainnya mengiringi dengan alat musik lain.
Rindik sebagai salah satu media musik Bali ini memiliki sejarah yang unik. Pada mulanya, angklung di Bali tidak dibentuk seperti rindik yang sekarang. Tetapi alat musik ini dapat menghasilkan suara ketika dipukul seperti gamelan yang terbuat dari logam. Seiring berjalannya waktu angklung ini berubah nama menjadi rindik, yang menurut bahasa Jawa kuno rindik memiliki arti ditata rapi dengan adanya sedikit celah.
  1. Gong Bali
Gong bali telah digunakan dalam waktu yang sudah cukup lama, sejarah mencatat berasal dari abad ke-13 dan 14. Gong Bali digunakan pada kuil-kuil Kerajaan Hindu Majapahit. Plat logam yang melingkar pada gong bali ini berguna untuk menghasilkan suara pitch yang pasti. Namun juga dapat menghasilkan suara pitch yang tidak terbatas serta adanya variasi tertentu dalam menghasilkan efek suara.

Media Musik Bali Lainya

  1. Ceng-Ceng
Ceng-ceng merupakan salah satu komponen penting dalam perangkat gamelan alat musik tradisional di bali. Alat musik ini terbuat dari bahan dasar logam, umumnya yang digunakan adalah tembaga. Ceng-ceng ini mirip dengan simbal serta dihias dengan benang yang berumbai. Ceng-ceng tersusun atas 6 buah logam bundar yang terletak di bagian bawah, dan 2 buah di bagian atas.
Pada bagian atas ceng-ceng terdapat tali yang berfungsi sebagai pegangan. Ceng-ceng dimainkan dengan dipukulkan satu sama lain pada bagian lingkaran tembaganya. Hasil pukulan ini menghasilkan suara “ceng ceng ceng” seperti namanya. Jika pukulannya semakin keras maka suara yang dihasilkan juga semakin keras.

  1. Genggong
Genggong merupakan salah satu alat musik Bali yang dapat menghasilkan suara unik. Suara yang dihasilkan mirip suara seruling hanya saja lebih nyaring. Suara yang dihasilkan lebih mirip dengan suara katak sawah.
Genggong ini terbuat dari pelepah pohon enau atau pugoug (sebutan masyarakat setempat). Kayu yang digunakan harus cukup tua atau sudah mengering di bagian batangnya sendiri. Kemudian kulit luar ini diiris membentuk persegi panjang dengan ukuran 2 cm dan lebar 20 cm. untuk bagian dalamnya yang lunak harus dibersihkan sampai tersisa bagian luarnya saja yang keras dengan ketebalan sekitar ¼ cm.
Pada bagian alat yang bergetar atau yang disebut palayah, terletak pada tengah-tengah irisan dengan jarak 2 cm dari batas ujungnya, lebar sekitar ½ cm. Pada bagian ujung palayah diiris tipis supaya getarannya maksimal. Memiliki tebal sekitar 10mm. Di bagian ujung kanan irisan penampang dibuat lubang untuk tempat tali benang yang memiliki ukuran sekitar 5 cm.
Genggong ini dimainkan dengan cara menarik-narik tali benang ke sebelah kanan agak ke depan. Rongga mulut pada genggong hanya memiliki fungsi sebagai resonator (bukan untuk meniup). Tinggi rendahnya nada dapat disinkronkan dengan besar kecilnya pembukaan rongga mulut.
  1. Pleret
Alat musik tradisional di Bali yang selanjutnya ada pleret. Pleret ini mempunyai bentuk seperti terompet. Rata-rata orang menyukai alat musik ini untuk dijadikan sebagai koleksi. Dimainkan dengan cara ditiup pada lubang yang ada di pangkal terompet. Pleret ini banyak diproduksi di daerah Jembrana, Bali.
  1. Seruling
Seruling atau yang lebih dikenal dengan sebutan suling, merupakan salah satu alat musik bali yang terbuat dari bambu, memiliki enam lubang, berfungsi untuk memainkan alat musik ini dengan pernapasan siklik supaya dihasilkan nada yang konstan. Hal ini dapat dilakukan dengan bernapas melalui hidung, pada saat yang bersamaan pula mendorong keluar melalui mulut dengan udara yang disimpan pada pipi.
Seruling ini memiliki ukuran yang bervariasi. Pada umumnya jika ukuran semakin pendek atau lebih kecil, maka nada yang dihasilkan akan semakin tinggi. Jika anda gagal dalam melakukan teknik pernapasan yang benar makan nada yang dihasilkan juga akan rusak. Untuk lubang yang ada pada seruling ini memiliki jarak yang sama. Dengan menutup lubang yang berbeda maka akan menghasilkan banyak nada.

Kegunaan Alat Musik Bali Tradisional

  1. Gerantang
Gerantang sering digunakan saat pementasan gamelan ataupun pertunjukan angklung. Di daerah jawa barat, alat musik ini disebut calung. Selain itu gerantang juga digunakan dalam pentas seni Cupak Gerantang. Sebuah kesenian yang menceritakan tokoh kakak beradik yang bernama Cupak, yang menggambarkan sifat buruk manusia, serta Gerantang yang menggambarkan sifat baik manusia.
  1. Rindik
Rindik digunakan sebagai musik pengiring dalam hiburan rakyat “Joget Bumbung”. Selain itu juga digunakan sebagai pelengkap dalam acara pernikahan ataupun menyambut tamu.
  1. Ceng-Ceng
Ceng-ceng digunakan dalam gabungan gamelan, gong gede, semar pegulingan, barongan, gong gebyar, pelegongan, serta yang lainnya. ceng-ceng digunakan dalam berbagai jenis musik di pulau dewata karena mampu menimbulkan efek suara yang dinamis, sehingga dapat menambah kemeriahan musik yang ditampilkan.
  1. Pleret
Pleret digunakan oleh masyarakat setempat dalam acara pentas seni budaya Sewo Gati. Kesenian daerah ini hampir mirip dengan kesenian Arja. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan pada posisi penarinya yang hanya duduk. Sebagian besar masyarakat Bali percaya bahwa pleret dapat digunakan untuk memikat hati wanita.
  1. Genggong
Alat Musik Bali Genggong digunakan sebagai pengiring dalam pentas seni musik khas pulau dewata. Jika kawan pernah berkunjung ke bali pasti pernah melihat pertunjukan seni budaya disana, nah pengiring musik tradisonal didalamnya ada Genggong.
  1. Gong Bali
Gong Bali digunakan untuk mengiringi orkestra karena dapat menghasilkan musik yang berkualitas. Biasanya digunakan untuk acara acara khusus seperti pembukaan suatu hal, kegiatan adan dan prosesi lainya yang berhubungan dengan budaya maupun non budaya.
  1. Seruling
Sama seperti alat musik yang lainnya. Seruling digunakan dalam mengiringi berbagai pertunjukan musik seperti orkestra. Yaps Sobat perlu kalian ketahui bahwa dibeberapa daerah selain pulau dewata juga memiliki alat ini, tapi bentuk nya berbeda beda.
submitted by modusanomali to u/modusanomali [link] [comments]


http://swiebodzin.info